Doa Masuk dan Keluar Masjid dengan Artinya Terlengkap

  • Whatsapp
doa masuk dan keluar masjid

Masjid merupakan sebuah tempat suci, tempat yang biasa kita gunakan untuk bersujud, mengabdi, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika kita umat muslim hendak memasuki masjid maka yang perlu kita lakukan selain menjaga kesucian diri adalah dengan doa masuk dan keluar masjid.

            Ketika hendak memasuki atau keluar dari Masjid hendaknya  kita membaca doa masuk dan keluar masjid untuk menjaga kita dari berbagai macam hal yang bisa saja terjadi, dan untuk memberikan perlindungan dari godaan jin. Sehingga akan jauh lebih khusyu dalam menjalankan ibadahnya.

            Disaat kita hendak ke masjid, kita harus dalam keadaan bersih dan suci, dalam arti kita tidak sedang dalam keadaan junub. Sehingga ibadah kita juga akan diterima oleh Allah, dan beribadah juga akan semakin kusyu’

Kewajiban dalam Keadaan Bersih saat Memasuki Masjid

Allah SWT berfirman dalam surat Annur ayat 36-37:

“Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.” (QS. Annur: 36-37).

Rasulullah SAW bersabda,
“Apabila kamu hendak masuk masjid, jika kamu melihat kotoran atau najis pada kedua sandalmu, bersihkanlah terlebih dahulu…” (HR. Abu Dawud).

Dalam hadits lain disebutkan, “Rasulullah memerintahkan untuk membangun masjid di kampung-kampung, membersihkan dan diharumkannya.” (HR. Ahmad).

            Sesuai sunnah, alangkah baiknya saat pergi ke masjid dan hendak melangkahkan kaki ke dalam ataupun keluar masjid, disunahkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Adapun doa masuk dan keluar masjid akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini besera dengan artinya yang mana bisa dengan mudah dipahami oleh siapapun.

            Selain mengucapkan doa masuk dan keluar masjid tentu  saja ada beberapa adab yang seharunya Anda pahami

Adab Ketika Hendak Memasuki Masjid

Lalu bagaimana bacaan doa masuk dan keluar masjid? Berikut doa yang dapat anda hafalkan dan amalkan.

1. Berjalanlah ke masjid tanpa tergesa-gesa

2.  Pastikan ketika berangkat ke masjid sudah dalam keadaan suci.

3. Mengenakan pakaian yang sopan, bersih dan suci.

4. Perbanyak dzikir dan bershalawat.

5. Sampai di masjid, lepaskan alas kaki yang dimulaid ari kiri terlebih dulu kemudian baru diikuti dengan bagian kanan.

6. Masuk ke dalam masjid dengan mendahulukan kaki kanan.

            Nah adab yang di jelaskan di atas jangan sampai di lupakan, karena hal tersebut adalah sesuatu yang wajib dilakukan ketika hendak memasuki masjid. Sehingga ketika berada di dalam masjid akan lebih fokus beribadah kepada Allah.

Doa Masuk dan Keluar Masjid, Lengkap Dengan Artinya

Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

‘Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik’

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Nah, setalah hafal membaca doa masuk masjid, maka kita diharuskan dalam mengamalkannya. Dan jika kita hedak memasuki masjid, maka disunahkan masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Setelah selesai beraktivitas di masjid, seperti ibadah shalat, tadarus, diskusi Islami dan ibadah lainnya, saat hendak pulang dan meninggalkan masjid, maka jangan lupa untuk membaca doa keluar masjid.

Doa Keluar Masjid, Lengkap Dengan Artinya

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

‘Allahumma innii asaluka min fadlik’
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Berbeda dengan hendak memasuki masjid, Jika masuk masjid disunahkan melangkahkan dengan kaki kanan terlebih dahulu, maka sebaliknya, ketika hendak keluar masjid disunahkan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

Keutamaannya membaca doa masuk dan keluar masjid

1. Membiasakan adab yang baik saat memasuki atau keluar dari masjid

Tempat ibadah merupakan suatu tempat yang perlu dijaga kebersihannya karena perlu dijaga kesuciannya dan dimuliakan keberadaannya oleh Allah SWT. Untuk itu sebagai umat yang baik seharusnya wajib menghargai dan sopan ketika memasuki atau keluar dari tempat ibadah tersebut.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713).

2. Didoakan oleh para malaikat saat memasuki masjid

Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,

فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فيِ الصَّلاَةِ مَاكَانَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ واْلمَلاَئِكَةُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ أَحَدِكُمْ مَادَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلىَّ فِيْهِ يَقُوْلُوْنَ: اَللّهُمَّ ارْحَمْهُ الّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ

“Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam shalat selama shalat tersebut yang menahannya (di dalam masjid), dan para malaikat berdoa kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada pada tempat shalatnya, Mereka mengatakan, “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadats” (HR Bukhari no 176 Muslim no 649).

3. Dinaungi oleh Allah Ta’ala ketika nanti tiada naungan selain naungan-Nya.

Sebagaimana dalam hadis, “Tujuh jenis orang yang Allah Ta’ala akan menaungi mereka pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya… dan laki-laki yang hatinya selalu terkait dengan masjid (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, sekarang sudah tahu doa masuk dan keluar masjid. Maka, tinggal diamalkan. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan atas doa yang kita baca. Aamiin.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *