Doa Penenang Hati yang sedang Gelisah Lengkap dengan Artinya

  • Whatsapp
doa penenang hati

Doa penenang hati adalah bacaan yang diamalkan seorang mukmin saat mengalami kegelisahan dalam jiwanya. Terkadang pasti sesorang merasakan adanya kegelisahan hati yang mana terkadang merasakan hati yang risau karena adanya berbagai macam ujian dari Allah.

Ketika kita sedang bersedih hati, maka sebuah doa penenang hati adalah salah satu yang terbaik untuk kita lakukan. Doa penenang hati  di harapkan bisa menenangkan hati kita dari segala macam kekacauan yang dirasakan. Simak doa penenang hati di bawah ini yang mana bisa Anda aplikasikan kepada diri sendiri ketika menghadapi sebuah permasalahan dan hidup ketika sedang mendapatkan ujian dari Allah.

Doa Penenang Hati yang Sedang Gelisah

Merasa sedih, gelisah, stress sampai putus asa,semua itu pasti pernah dialami setiap manusia. Tentunya dalam menyikapi kesedihan ini, kita tidak boleh berlarut-larut sehingga mungkin akan menyebabkan pikiran menjadi semakin kacau.

Hidup manusia terkadang memang ada saja yang akan membuat diri sedih. Sebuah kesedihan yang rasakan oleh manusia terkadang ada saja yang membuat hati menjadi tidak tenang. Namun percayalah dibalik hati yang gusar selalu ada penyelesaian yang bisa membatu kita untuk kembali bangkit.

Setiap manusia pasti menginginkan ketenangan. Setiap manusia sudah pasti menginginkan hati yang selalu bahagia. Namun terkadang ada saja waktunya yang mana manusia selalu merasakan sedih dan gundah karena suatu hal.

Sebagai manusia yang hidup di dunia pasti  akan merasakan adanya keresahan dalam hati. Keresahan dalam hati memang pada dasarnya akan menimbulkan perasaan yang tidak mengenakkan di  hati. Inilah beberapa cara untuk membuat hati tenang salah satunya adalah dengan doa penenang hati.

Doa Penenang Hati Terlengkap dengan Artinya

Sudah selayaknya sebagai orang islam ketika sedang bersedih, kita diwajibkan untuk berserah diri kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa dan dzikir sesuai apa diperintahkan oleh Al-Quran dan hadits.

Kesulitan dan permasalahan hidup terkadang membuat hati gelisah, cemas, dan jauh dari ketenangan. Apalagi, jika hati kita telah dihinggapi iri, dengki, hasud, ujub, takabur, dan penyakit hati lainnya.

Padahal, jika hati dalam kondisi tenang, lisan dan ang gota badan pun akan tenang. Tindakan akan tetap pada jalur yang di benarkan dan jauh dari sikap membahayakan. Kata-kata akan tetap hikmah dan tidak keluar dari kesantunan, sesulit dan separah apa pun situasi yang sedang kita hadapi.

Sedikitnya ada lima hal yang mesti dilakukan. Hal yang harus dilaukan ini datangnya dari hati yang mana akan menimbulkan perasaan tenang. Simak kelima hal yang bisa membuat perasaan menjadi jauh lebih tenang.

Pertama, berdoa dengan penuh keimanan dan ke sungguhan. Memohon kepada Allah SWT agar menganugerahkan kebersihan dan ketenangan hati. “Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman.” (QS at-Taubah: 26).

Kedua, bersihkan hati dari rasa dendam dan dengki. Sepatutnya kita berdoa dan ber usaha semaksimal mungkin agar ter hindar dari keduanya (QS al-Hasyr:10).

Ketiga, berprasangka baik. Ini merupakan faktor paling utama yang akan mengantarkan kita kepada ke bahagiaan. “Hai orang-orang yang beriman, jauhi lah kebanyakan prasangka (kecuriga an), karena sebagian dari prasangka itu dosa.” (QS al- Hujurat: 12).

Keempat, kesabaran dan ketabahan. Hal tersebut mampu melumatkan penderitaan dan kesusahan. “Maka hanya bersabar itulah yang terbaik (bagiku). Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan.” (QS Yusuf: 18).

Kelima, pemberian maaf dan toleransi (QS asy-Syuura:43). Al-Mawardi mengungkapkan, “Di antara hak sesama Muslim adalah dimaafkan kesalahannya dan ditutup kekurangannya. Karena barang siapa memaafkan dan menutupi kekurangan saudaranya, niscaya dia akan dihindarkan dari kefakiran dan dijauhkan dari kebodohan.”

Doa Penenang Hati Terlengkap

Doa dan dzikir adalah ibadah yang sangat mulia dan membuat hati menjadi lebih tenang serta memiliki faedah yang luar biasa bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan berdzikir setiap hari baik dalam keadaan sedih ataupun senang, lapang ataupun sempit serta sehat ataupun sakit.

1. Doa Pertama

Doa penenang hati yang pertama bisa dibaca terdapat dalam Quran Surat Taha ayat 2. Doa kuatkan hati ini juga dipanjatkan oleh Nabi Musa

Arab: قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

Latin; qāla rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: Dia (Musa) berkata, ‘Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

2. Doa Kedua
Doa penenang hati  yang lain terdapat dalam Quran surat Ali Imran ayat 173 yang berbunyi

Arab: حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Latin: Hasbunallāhu wa ni’mal-wakīl

Artinya: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

3. Doa Ketiga

Doa penenang hati yang terakhir terdapat dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 250 yang berbunyi:

Arab: وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Latin: wa lammā barazụ lijālụta wa junụdihī qālụ rabbanā afrig ‘alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, ‘Ya Tuhan kami, limpahkan lah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.’

Doa Penenang Hati Menggunakan Dzikir dan Shalat

                Dua hal yang tak pernah boleh ditinggalkan adalah Dzikir dan Shalat. Hanya dengan Dzikir dan Shalat hati  bisa menjadi jauh lebih tenang dibandingkan tak melakukannya. Ketenangan hati akan diperoleh apabila  melakukan doa penenang hati setelah shalat dan dibarengi dengan dzikir. Hal inilah yang akan dengan mudah menenangkan hati siapapun yang membacanya.

                Ketenangan hati diperoleh dari hati yang ikhlas menjalani  segala hal yang ada di dunia.  Menjalani segala hal yang sudah menjadi ketetapan Allah. Sehingga hati juga akan menjadi tenang.  Tenang, bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Dzikir

            Dzikir berarti kita selalu mengingat Allah dalam setiap langkah dan perbuatan yang kita lakukan. Tidak ada yang paling bisa membuat hati kita menjadi lebih baik kecuali selalu mengingat kepada Maha Pencipta. Tanamkan dalam diri untuk senantiasa berdzikir baik dalam lisan maupun perbuatan, sehingga apa yang kita perbuatan adalah berdasarkan kepada mengharap ridha Allah SWT semata.

Allah SWT berfirman yang artinya;

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (Q. S Ar-Ra’du : 28).

Shalat

Shalat yang dimaksud selain shalat wajib lima waktu juga baik bagi kita untuk memperbanyak . Karena melalui shalat, merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri sekaligus dapat berkomunikasi kepada Allah SWT. Shalat juga bisa mengobati berbagai jenis penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, termasuk untuk mendapatkan ketenangan jiwa.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *