Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Semenjak WHO mengumumkan pandemi Covid-19, di Indonesia kasus yang pusitif semakin banyak bahkan hingga Februari di tahun 2021 ini. Namun sayangnya, orang yang terkena Covid seringkali terkucilkan dan dianggap sebuah aib. Padahal seharusnya disaat seperi ini kita harus bergotong royong untuk saling menolong, misalnya saja dengan memberi bantuan logistik kepada mereka yang sedang karantina mandiri karena tidak mungkin kemana-mana. Atau melakukan hal yang paling mudah untuk kita lakukan yaitu dengan mendoakan untuk kesembuhan mereka. Berikut ini adalah beberapa contoh doa menjenguk orang sakit yang diajarkan Rasulullah SAW:

Doa Menjenguk Orang Sakit

1. Rasulullah dulu sering memberikan teladan kepada umatnya dengan menjenguk sahabat atau kerbatnya yang sakit dan berdoa untuk kesembuhannya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

Doa Menjenguk Orang Sakit

2. Saat Aisyah sakit Rasulullah juga mendoakannya dengan doa sebagai berikut:

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

 

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

Artinya: “Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (HR. Buhari Muslim)

Doa Menjenguk Orang Sakit

3. Ketika kita menjenguk orang sakit Rasullullah menganjurkan kita untuk membaca doa berikut sebanyak 7 kali:

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka 

Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.”

Ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut” (HR. Abu Daud)

Doa Menjenguk Orang Sakit

4. Rasulullah juga pernah mendoakan seorang sahabat dengan menyebut amal saleh yang pernah dilakukan sahabatnya tersebut;

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا وَيَمْشِي لَكَ إِلَى الصَّلَاةِ

Allaahummasyfi ‘abdaka yanka`u laka ‘aduwwan au yamsyii laka ilas shalati

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu yang telah banyak melukai musuh-musuh-Mu dan berjalan untuk melaksanakan shalat untuk-Mu.” (HR. Ahmad).

Doa Menjenguk Orang Sakit

5. Pada saat Rasulullah menjenguk orang sakit, beliau menghiburnya dengan mengatakan bahwa sakit adalah salah satu penggugur dosa.

Berikut ini adalah Doa yang Rasulullah panjatkan saat menjenguk seorang badui yang tengah sakit:

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

Laa ba’sa thahur insyaa Allah

Artinya : “Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Allah menghendakinya” (HR. Bukhari).

Doa Menjenguk Orang Sakit

6. Rasulullah pernah juga  mendoakan seorang sahabatnya, Salman dengan lafaz:

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu”.

Doa Menjenguk Orang Sakit

7. Saat Utsman bin Affan tengah sakit, Rasulullah berdoa dengan lafaz:

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburuka yang engkau temui.”

Doa Menjenguk Orang Sakit

Demikian ke tujuh doa tersebutlah yang pernah Rasulullah ucapkan saat menjenguk sahabatnya yang tengah sakit. Selainberdoa untuk kesembuhannya, rasulullah juga mendoakan agar sakit yang dialami sahabatnya menjadi sebuah penggugur dosa. Semua itu dimaksudkan agar mereka tidak berkecil hati dan semakin optimis untuk menggapai kesembuhan. Selain itu, perlu Naisha mate ketahui menjenguk orang sakit juga memiliki keutamaan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Sudah kita ketahui bahwa menjenguk orang sakit adalah tindakan terpuji yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW. Dengan menjenguk saudara atau kerabat.pintu rizki juga akan terbuka lebar dengan kita membangun silaturahmi. Selain keutamaan tersebut, terdapat juga keutamaan lainnya yang telah tercantum dalam sebuah hadist berikut ini:

 

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

 

Artinya:  “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

 

Dari hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi di atas, keutamaan yang akan kita peroleh saat menjenguk saudara atau kerabat yang tengah sakit maka diumpamakan seperti kita sedang berjalan-jalan di taman surga. Selain itu, ketika menjenguk dan mendoakan saudara atau kerabat kita yang sakit maka akan di doakan oleh tujuh puluh ribu malaikat dan dimintakan rahmat dari Allah SWT. Setelah Naisha mate mengetahui doa dan keutamaan menjenguk orang sakit, yuk sekarang kita amalkan.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *