Doa Dimudahkan Segala Urusan Lengkap dengan Artinya

  • Whatsapp

Dengan memulai segala pekerjaan dengan doa, kita berharap agar diberi kemudahan, kelancaran serta keberkahan dalam menjalaninnya. Hendaknya kita selalu melibatkan Allah dalam setiap langkah hidup kita. Dan doa adalah suatu bentuk permohonan kita kepada Allah SWT. Doa dimudahkan segala urusan

Berdoa merupakan cara manusia meminta segala sesuatu kepada Rabb nya. Dalam menunaikan segala hajat kita di dunia berdoa adalah hal yang sangat penting. Karena Allahlah pemilik dunia dan seisinya. Berdoa sebelum melakukan pekerjaan, merupakan pengharapan dari seorang hamba yang meminta kemudahan pada Allah agar tetap pada perlindungan-Nya.

Doa Dimudahkan Segala Urusan

Tidak bisa kita pungkiri, dalam melakukan pekerjaan kita sering mendapatkan kendala atau cobaan di dalamnya. Dengan berdoa untuk diberikan kelancarn  dalam memulai pekerjaan bisa menjadi permohonan untuk Naisha mate agar dapat melewati segala kendala pekerjaan. Dengan berdoa kita berharap segala sesuatu yang sulit dapat dimudahkan dan diberkahi.

Maka sebelum memulai pekerjaan, marilah kita awali dengan berdoa kepada Allah terlebih dahulu. Doa agar diberikan kelancaran pekerjaan ini meliputi doa memohon kemudahan segala urusan dan doa memohon keberkahan dalam pekerjaan. Berikut ini adalah berbagai kumpulan doa untuk dimudahkan dalam segala urusan

Doa memohon pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.

Doa Ashabul Kahfi

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada

Artinya: Wahai Tuhan kamu berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (Q.S Al Kahfi 10).

Doa Nabi Musa ketika akan menghadapi fir’aun

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy ra’hlii shodrii wassirlii amrii, wa’hlul u’qdatam millisaanii yafqohuu qoulii

Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28).

Berikut ini adalah doa untuk meraih kesuksesan dalam pekerjaan, yang dikutip dari  Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz H Amrin Ali Al Kasyaf:

Allahumma innii as aluka khairal mas alati wa khairad du’aai wa khairan najaahi wa khairal ‘amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa’ darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil ‘ulyaa fil jannati.

Artinya:

” Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga.”

Berikut doa yang dapat Naisha mate baca sebelum berangkat kerja agar meraih keberkahan dan kemudahan, Doa ini dikutip dari kitab Ad Du’a karya Imam At Thabrani.

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya:

” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Kenapa kita harus memulai sesuatu dengan berdoa? Karena berdoa kepada Allah memiliki beragam keutamaan seperti yang akan di jelaskan di bawah ini.

Secara bahasa, doa memiliki arti yaitu berarti sepenuh hati meminta dan memohon kepada sang pencipta.

Sedangkan menurut istilah syar’i, doa merukpakan permohonan dari seoreng hamba kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Dan dapat diartikan juga sebagaipensucian, pemujaan dan semisalnya. (dikutip dari kitab syuruthu ad-du’a wa mawani’u al-ijabah, karya Syaikh Sa’id bin Ali Al-Qohthoni, hlm. 5)

Allah berfirman “berdoalah maka niscaya akan Aku kabulkan”. Firman Allah SWT tercantum dalam surah al-Mu’min ayat 60 di atas yang memberikan isyarat kepada manusia untuk selalu menyerahkan dan sadar bahwa segala sesuatu hanya kepada Allah. Karena manusia sejatinya adalah makhluk yang Allah berikan akal untuk berpikir. Namun yang tidak boleh kita lupakan adalah dibalik semua yang diberikan Allah kepada manusia, tetaplah kita hanya bisa berencana dan semua terjadi atas kehendak Allah SWT.

Keutamaan berdoa

Rasulullah SAW pernah bersabdah bahwa tidak ada sesuatu yang mulia di hadapan Allah kecuali berdoa. “Laisa syaiun akroma ‘ala Allahi Ta’ala min ad-du’au” (HR Tarmidzi). di bawah ini adalah  beberapa keutamaan berdoa kepada Allah. Diantaranya ialah sebagai berikut:

Doa itu menunjukan sikap tawakal kepada Allah SWT.

Hal itu dikarenakan orang yang berdo’a dalam kondisi memohon pertolongan kepada-Nya, menyerahkan urusan hanya kepada-Nya bukan kepada yang selain-Nya. Sebagaimana doa juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah dan bentuk pemenuhan akan perintah-Nya. Allah Ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”. (QS. Al-Mu’min/Ghafir: 60)

Doa adalah ibadah itu sendiri.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اَلدُّعَاءُ هُوَ اْلعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud I/466 no.1479, Tirmizi V/374 no.3247, Ibnu Majah II/1258 no.3828, dan Ahmad IV/267 no.18378, dan An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu anhu. Dan dishahihkan oleh syaikh Al-Albani)

Meninggalkan doa merupakan cerminan dari menyombongkan diri dari menyembah Allah, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ (60)

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina”. (QS. Al-Mu’min/Ghafir: 60)

Para Nabi menjadikan doa sebagai senjata saat menghadapi kesulitan.

Termasuk saat Rasulullah SAW sedang dalam perang Badar, ketika Rasulullah melihat banyaknya jumlah kaum musyrikin sebanyak seribu orang sedangkan pasukan Islam berjumlah tiga ratus sembilan belas orang, beliau segera menghadap ke Kiblat seraya mengangkat kedua tangannya, kemudian memohon kepada Allah dengan  berdoa:

اللَّهُمَّ أَنْجِزْ لِى مَا وَعَدْتَنِى اللَّهُمَّ آتِ مَا وَعَدْتَنِى اللَّهُمَّ إِنْ تَهْلِكْ هَذِهِ الْعِصَابَةُ مِنْ أَهْلِ الإِسْلاَمِ لاَ تُعْبَدْ فِى الأَرْضِ ». فَمَازَالَ يَهْتِفُ بِرَبِّهِ مَادًّا يَدَيْهِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ حَتَّى سَقَطَ رِدَاؤُهُ عَنْ مَنْكِبَيْهِ فَأَتَاهُ أَبُو بَكْرٍ فَأَخَذَ رِدَاءَهُ فَأَلْقَاهُ عَلَى مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ الْتَزَمَهُ مِنْ وَرَائِهِ. وَقَالَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ كَذَاكَ مُنَاشَدَتُكَ رَبَّكَ فَإِنَّهُ سَيُنْجِزُ لَكَ مَا وَعَدَكَ

“Ya Allah wujudkanlah untuk kami apa yang engkau janjikan, ya Allah berikanlah kepada kami apa yang engkau janjikan, ya Allah jika sekumpulan kaum muslimin ini binasa, maka tidak ada yang akan menyembah engkau di muka bumi ini.”

Demikianlah doa dimudahkan dalam segala urusan dan keutamaan dalam berdoa, semoga bermanfaat bagi Naisha mate.

Baca lebih lanjut: Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Nabi Muhammad SAW

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Doa menyerahkan segala urusan kepada Allah
Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *