Doa Ketika Turun Hujan dan Angin Kencang

  • Whatsapp

Hujan adalah suatu berkah yang diturunkan Allah SWT yang dapat kita rasakan.sebaga seorang muslim, ada baiknya kita memanjatkan doa saat turun hujan. Dibawah ini adalah beberapa ulasan mengenai doa turun hujan dan angin kencang. Hujan merupakan fenomena alam  yang patut untuk kita syukuri. Karena saat hujan turun, semua makhluk Allah dapat menikmati keberkahannya yaitu air sebagai salah satu sumber kehidupan. Doa Ketika Turun Hujan dan Angin Kencang

Doa Ketika Turun Hujan

Dalam surat Al Waqi’ah Ayat 68-69 Allah SWT berfirman yang artinya, “Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?”

Oleh karena itu, Rasulullah SAW bersabda seperti diriwayatkan dalam sejumlah hadits yang memberikan kita tuntunan untukmberdoa pada saat turun hujan yang dapat kita diamalkan. Berikut ini adalah beberap doanya;

Doa Ketika Turun Hujan

1. Doa Turun Hujan

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk berdoa saat turun hujan, un tuk memohon keberkahan dan dihindarkan dari hujan yang membawa benvcana bagi umat.  Seperti Hadist yang di riwayatkan oleh Buqari nomor 1032 dari Ummul Mukminin, Aisyah radiallahu ‘anha berkata, “Rasulullah SAW ketika melihat hujan turun mengucapkan, ‘allahumma shoyyiban nafi’an’.”

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa Ketika Turun Hujan

2. Doa Ketika Hujan Lebat

Rasulullah SAW, suatu ketika penah memohon kepada Allah agar diturunkan hujan. Namun ternyata hujan tersebut turun dengan sangat lebat, kemudian Rasulullah SAW  kembali berdoa memohon kepada Allah SWT, agar cuaca kembali cerah dan hujannya mereda, berikut ini adalah doa yang beliau panjatkan:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina, allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami ‒ bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari nomor 1014)

Menurut Syaikh Shalih As Sadlan, doa tersebut dibacakan pada saat hujan turun semakin lebat dan ada kekhawatiran akan terjadi bencana.

Doa Ketika Turun Hujan

3. Doa Ketika Hujan Disertai Angin Kencang

Diriwayatkan dalam salah satu hadis Imam Muslim, ketika hujan turun disertai angin kencang Nabi Muhammad saw. membacakan doa:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khairahaa wa khaira maa fiiha khaira maa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan kirimkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, serta kejahatan yang Engkau krimkan bersamanya.”

Doa Ketika Turun Hujan

4. Doa Ketika Hujan Disertai Petir

Telah di riwayatkan dalam hadis Imam Malik, ketika turun hujan disertai petir, Nabi Muhammad SAW memanjatkan doa:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya: “Masa Suci Allah yang dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”.

Doa Ketika Turun Hujan

5. Doa Setelah Hujan

Hujan sejatinya adalah berkah dan karuna Allah yang dapat dinikmati oleh seluruh makhluk di bumi ini.sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita bersyukur dan berdoa, baik ketika turun hujan maupun sesudah hujan turun.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadillahi wa rahmatihi

Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah Swt. dan rahmat-Nya.”

Amalan Ketika Turun Hujan

Seperti yang sudah dituliskan dalam buku Rahasia Kedahsyatan 12 Waktu Mustajab untuk Berdoa karangan Nurhasanah Namin, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk diamalkan umat muslim saat turun hujan:

Takut akan datanya azab pada waktu mendung.

Ketika mendung datang, Nabi Muhammad SAW begitu khawatir dengan mendung tersebut. Rasulullah takut jika mendung tersebut membawa azab bagi umatnya. Oleh karena itu Rasulullah berdoa agar hujan tersebut menjadi suatu berkah, bukan musibah.

Berdoa kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur kita.

Ketika turun hujan, kita di sunnahkan untuk berdoa agar hujan tersebut membawa keberkahan bagi bumi dan seisinya dan bukan mendatangkan bencana. Kita harus bersyukur ketika hujan turun. Coba bayangkan kalau dalam satu tahun tidak ada hujan maka akan terjadi kekeringan di mana-mana.

Naisha mate, berdoalah saat hujan lebat datang.

Seperti di saat hujan biasa turun. Apabila hujan turun dengan lebatnya, hendaknya kita semua berdoa agar terhindar dari mala bahaya yang dibawa oleh hujan tersebut. Saat hujan lebat datang tentu ada rasa was-was dalam diri kita. dan yang kita harapkan adalah agar segera reda dan tidak ada bencana yang datang bersama hujan tersebut.

Sebagai seorang muslim, kita harus mengambil keberkahan dari hujan yang turun dan tidak boleh mencelanya.

Nabi Muhammad SAW, pernah mengingatkan kepada kita umat muslim untuk tidak mencela atau mengkambing hitamkan sesuatu. Saat hujan tiba kita tidak boleh menyalahkan hujan atas apa yang terjadi dalam diri kita. Karena semua ini adalah atas kehendak Allah SWT.

Berdoalah juga pada saat terjadi hujan petir dan angin kencang.

Saat hujan petir dan angin kencang, kita dianjurkan untukmemanjatkan doa tersebut adalah untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Dan terakhir berdoa setelah turun hujan.

Kita dianjurkan untuk berdoa setelah turun hujan agar hujan yang turun adalah hujan yang bermanfaat bagi seluruh umat. Dan agar hujan yang turun juga membawa keberkahan.

Baca selengkapnya: Doa Agar Hati Tenang dan Cara Menenangkan Hati

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *