Doa Puasa Senin Kamis

  • Whatsapp

Ibadah puasamerupakan salah satu rukun islam, baik puasa wajib ataupun sunah. Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah puasa senin kamis. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dimuliakan oleh Allah pahalanya, puasa ini sangat dianjurkan karena sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Doa Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah beberapa doa niat puasa Senin Kamis Sebelum menjalankan puasa. Niat puasa disarankan dibacakan pada saat hendak memakan sahur.

Doa Puasa Senin kamis

Berikut ini merupakan bacaan niat puasa sunah Senin:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala  

Artinya: Saya niat puasa hari Senin,  Sunnah karena Allah ta’ala

 

Atau bisa juga dengan doa berikut ini:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ اْلِإثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالىَ.

 

Nawaitu shouma ghadin yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.

 

Artinya: “Saya niat berpuasa besok hari Senin sunah karena Allah Ta’ala.”

 

Doa  Puasa Senin Kamis:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala

 

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

 

Adapun niat puasa sunah Kamis lainnya:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ اْلخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالىَ.

 

Nawaitu shouma ghadin yaumal khomisi sunnatan lillahi ta’la.

Artinya : “Saya niat berpuasa besok hari Kamis sunah karena Allah Ta’la.” Wallahu A’lam

setelah melakukan niat puasa senin kamis, ada juga tata cara untuk melakukannya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Pada saat hendak berpuasa senin kamis, hendaklah Naisha mate mempelajari tata cara berikut ini agar ibadah puasanya lebih sempurn. Berikut merupakan tata cara melakukan puasa Senin Kamis:

Membaca Niat

saat hendak berpuasa, hendaklah kita membaca niat untuk puasa senin kamis karena Allah dan menyerahkan semuanya kepada Allah.Untuk doanya seperti yang sudah dijelaskan pada uraian sebelumnya.

Makan Sahur

Barang siapa yang makan sahut ketika akan berpuasa maka keberkahan terdapat dalam dirinya.Memakan sahur tidak wajib, namun sangat dianjurkan. Hal ini bersifat sunnah, menambah pahala jika dilakukan dan tetap sah puasanya jika kita tidak melakukannya.

Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Pada saat melaksanakan ibadah puasa, hendaklah kita menghindarkan diri dari sesuatu yang dapat membatalkan puasa. Agar puasa kita tetap berjalan lancar dan penuh keberkahan.

Berbuka Puasa

Yang terakhir adalah segeralah berbuka jika sudah masuk waktu untuk berbuka puasa. Karena kita tidak diperbolehkan jika tidak berbuka puasa sama sekali

Kemudian yang terakhir akan kita bahas adalah manfaat dari puasa senin kamis. Berikut ini adalah uraian dari manfaat puasa senin kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Beberapa manfaat melakukan Puasa Senin Kamis adalah:

  1. Perlu Naisha mate ketahui bahwa hari diangkatnya Amal Hari Senin dan Kamis dianjurkan untuk berpuasa, karena merupakan hari dimana amal manusia selama seminggu akan dilaporkan kepada Allah SWT. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi yang bersumber dari Usamah bin Zaid:

 

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ أَىُّ يَوْمَيْنِ . قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

 

Artinya: Aku berkata pada Rasuullah SAW, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Rasulullah SAW bertanya, “Apa dua hari tersebut?”  Usamah kemudian menjawab  menjawab, “Senin dan Kamis.”

 

Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai)

 

Jiga terdapat dalam hadist lain yang bersumber dari Abu Hurairah,

 

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

 

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

 

  1. Hari Senin Kelahiran Nabi Khusus hari Senin disunahkan untuk melakukan puasa Karena pada hari ini juga merupakan hari dimana nabi Muhammad dilahirkan.

 

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ فَقَالَ فِيهِ وُلِدْتُ وَفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ

 

Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu anhu, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, kemudian beliau pun menjawab:

 

“Di hari itulah saya dilahirkan, dan pada hari itu pula, wahyu diturunkan atasku.” (HR. Muslim) [No. 1162 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Ahli kesehatan telah membuktikan bahwa puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain menghilangkan racun dari dalam toxic atau racun dalam tubuh, puasa juga dapat memperbaiki sistem pencernaan.

 

  1. Dibukanya Pintu Surga

Paling dahsyat adalah pada hari Senin dan Kamis merupakan hari dimana Pintu Surga dibuka,  sebagaimana hadist yang telah diriwayatkan imam muslim yang bersumber dari Abu Hurairah

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim)

  1. Melatih Disiplin

Orang yang biasa berpuasa akan selalu berdisiplin dalam segala hal,  Allah SWT mengawasi segala perbuatannya dan Allah selalu melihatnya di manapun dia berada. segala hal-hal yang dalam nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.

 

  1. Melatih kesabaran

Manfaat berpuasa juga dapat melatih kita pada kesabaran. hal ini di karenakan saat kita berpuasa tentunya kita akan menahan diri kita untuk mendekat pada kemunkaran. Dan membuat kita berlatih menahan diri dan bersabar.

  1. Menjauhkan dari godaan syaitan

Saat berpuasa tentu kita menjauhi segala sesuatu yang mungkar atau godaan syaitan.

  1. Meningkatkan amal ibadah

Dengan berpuasa, dapat termotivasi untuk melakukan amal ibadah dengan lebih baik lagi.

  1. Melembutkan hati dan Menambah Syukur

Dengan berpuasa, di harapkan juga rasa simpati dan empati kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama ketika melihat seseorang yang berada di bawah kita.  Dan dengan begitu akan menjadikan diri kita lebih bersyukur

Baca selengkapnya : Doa Setelah Sholat Subuh dan Keutamaan Sholat Subuh

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *