Doa Minum Air Zam-zam Lengkap dengan Keutamaan dan Adabnya

  • Whatsapp

Air zam-zam biasanya di minum untuk melepaskan dahaga bagi mereka yang menunaikan ibadah haji atau umroh. Konon, air zam-zam memiliki banyak sekali manfaat bagi siapa yang meminumnya. Doa Minum Air Zam-zam

 

Awal mula munculnya air zam-zam adalah dari kisah Siti Hajar yang sedang berusaha mencari makanan serta minuman untuk sang anak, Ismail AS. Beliaupun berlari tujuh kali bolak-balik dari bukit Saafa hingga ke bukit Marwah.

Rasulullah SAW dalam suatu waktu pernah bersabda:

”Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zam zam. Padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.”

Adapun tata cara dan adab untuk meminum air zam-zam agar kita dapat benar-benar merasakan manfaatnya. Dan untuk lebih jelasnya, Naisha mate dapat menyimak uraian berikut ini.

Adab meminum air zam-zam

  1. Diawali Basmalah

Dalam agama Islam kita selalu di ajarkan untuk mengucap basmalah dan diakhiri dengan hamdalah ketika kita hendak mengerjakan sesuatu agar segalanya terasa mudah dan dalam lindungan Allah SWT.

  1. Minum dengan Posisi Duduk

Dalam sebuah hadist disampaikan bahwa minum sambil berdiri adalah suatu perbuatan yang harus kita hindari. Rasullulah SAW bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri, barang siapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya.”

  1. Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada umatnya agar kita senantiasa menggunakan tangan kanan ketika hendak melakukan sesuatu, termasuk makan dan minum. Jika kita menggunakan tangan kiri maka kita akan dianggap meniru kebiasaan setan

  1. Hindari untuk meminum air zam-zam dalam satu tegukan

Minumlah dengan bernafas tiga kali. Maksudnya adalah bernapas tiga kali di luar wadah air minum kita, dengan cara menjauhkan wadah tersebut dari mulut. Atau istilahnya minum dengan tiga tegukan. Itu karena bernapas di dalam wadah air minum adalah perbuatan yang harus di hindari. Karena jika kita bernafas dalam wadah minum sama saja kita menghembuskan kuman ke dalam wadah tersebut.

  1. Minum hingga Kenyang

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zam-zam hingga kenyang.” (H.R IBNU MAJAH).

  1. Memperbanyak Doa Ketika Minum Zamzam

Betapa banyak keberkahan saat kita minum air zam-zam. Hingga salah satunya adalah dikabulkannya doa kita ketika sedang meminumnya

 

Doa Minum Air Zamzam

Agar manfaat meminum air zam-zam lebih terasa manfaatnya, maka kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum meminumnya. Berikut merupakan doa minum air zam zam:

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.

 

Artinya: ”Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.”

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW sangat senang meminum air zam zam. Bahkan, tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur zamzam.

Air zam zam juga berkhasiat sebagai obat penyakit. Penyakit jasmani maupun rohani dapat diobati dengan meminum air zam zam secara rutin.

 

Manfaat minum air zam-zam

Tidak jarang ketika kita pulang dari tanah suci menjadikan air zam-zam sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat dekat. Air yang pertama kalinya muncul pada kisah Siti Hajar yang sedang berusaha mencari minuman untuk sang anak, Ismail AS. Ia pun berlari tujuh kali bolak-balik dari bukit Saafa ke bukit Marwah.

Kemudian beliau tidak menemukan apapun yang dapat diminum oleh anaknya. Namun, tiba-tiba saja Nabi Ismail AS menghentak hentakan kakinya lalu munculah mata air yang masih mengeluarkan airnya hingga saat ini dan kemudian disebut sebagai air zamzam yang artinya berkumpulah. Agar semua orang dapat merasakan manfaat dan kesegaran dari air zam-zam.

Dilansir dari buku “Perjalanan Ruhani Sepanjang Masa” karya Ablah Muhammad al-Kahlawi bahwa air zamzam merupakan air terbaik yang ada di muka bumi ini, pelepas dahaga, obat segala penyakit, cocok di perut, kemudian berkhasiat sesuai dengan apa yang diinginkan, penenang pikiran, juga para jemaah haji dan umrah dan berbagai manfaat baik lainnya.

Adapula beberapa keutamaan meminum air zam-zam yang disebutkan dalam berbagai  hadist. Berikut ini 8 keutamaan manfaat air zamzam yang jarang diketahui:

  1. Merupakan air terbaik di Bumi

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zamzam.” (H.R Ahmad).

  1. Terdapat banyak berkahdi dalamnya

Rasulullah SAW, bersabda “Ia (air zamzam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar” (HR Ahmad).

  1. Dapat mewujudkan segala sesuatu sesuai niatnya

Rasulullah SAW. Bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan” (H.R Ibnu Majah).

  1. Merupakan sebagian dari ibadah

Rasulullah SAW, bersabda “Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satau keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit” (HR al Fakihi).

  1. Air zamzam dapat mengampuni dosa-dosa

Rasulullah SAW. Bersabda, “Siapa yang mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali (tawaf), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya,” (H.R al Wahidi).

  1. Dapat mengobati segala macam penyakit

Rasulullah SAW Bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim).

  1. Dapat membedakan muslim dengan orang munafik

Rasulullah SAW, bersabda “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zamzam sampai puas” (HR Ibnu Majah).

  1. Dapat menghilangkan kemunafikan

Beliau bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan” (HR Ibnu Abbas).

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *