Doa Setelah belajar dan Keutamaan-keutamaannya

  • Whatsapp

Bagi seorang muslim, kita dianjurkan memulai dan mengakhiri sesuatu dengan berdoa. Termasuk saat kita hendak belajar atau sesudah belajar. Hal ini dilakukan agar ilmu kita mendapatkan berkah dan belajar yang kita lakukan termasuk ibadah karena Allah semata. Doa Setelah Belajar

Pengertian belajar

Belajar adalah suatu proses yang kita lakukan untuk memperoleh ilmu, keterampilan,proses yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, termasuk juga saat kita berproses untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Naisha mate, sebagai seorang muslim kita diwajibkan menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat. Dengan belajar kita bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan juga lingkungan sekitar

Belajar juga bukan hanya ketika kita sekolah. Namun juga ketika kita berproses dengan kehidupan dan ada seseuati yang dapat kita ambil hikmahnya. Doa Setelah Belajar

Allah memerintahkan kita untuk belajar, karena Allah akan meninggikan derajat bagi siapapun yang berilmu serta beriman.

Adapun beberapa tujuan belajar yang perlu Naisha mate ketahui:

  1. AgarMemperoleh Ilmu Pengetahuan

Dengan kita mempelajari suatu ilmu maka kitadapat meningkatkan kemampuan dalam berkegiatan sehari-hari.

  1. Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Keterampilan

Keterampilan adalah suatu hal yang harus dimiliki dan terus kita kembangkan, baik keterampilan jasmani maupun rohani.

  1. membentuk sikap dan perilaku

Apa yang kita pelajari akan berpengaruh pada diri kita. Sesuatu yang buruk akan membawa pengaruh buruk. Begitupun sebaliknya jika kita belajar sesuatu yang baik mka sikap dan perilakukita juga akan baik.

Oleh karena itu, kita perlu belajar dan berdoa. Agar ilmu yang kita dapatkan membuahkan hasil yang baik dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Doa Setelah Belajar

Dalil tentang belajar

Berikut ini adalah dalil tentang perintah belajar.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mujaadilah ayat 11:

وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya :

Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.” (QS. Al-Mujaadilah ayat 11).

Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa Allah akan meninggikan derajat oarang yang berilmu. Untuk itu, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Selain ayat tersebut terdapat hadist yang menjelaskan tentang perintah belajar. Rasulullah SAW pernah bersabda:

 إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Dalam hadist tersebut diterangkan bahawa ada amalan yang tidak akan terputus. Amalan tersebut adalah ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, dan doa anak sholeh.

Maka apabila kita hendak menuntut ilmu, carilah ilmu yang bermanfaat. Karena ilmu yang bermanfaat pahalanya tidak pernah putus walaupun kita telah meninggal.

Ilmu yang bermanfaat juga akan membawa kita untuk lebih mengenal agama dan Rabbnya, mengajarkan tentang mana haq dan batil, serta mana yang halal dan haram.

Oleh karena itu menuntut ilmu sangat penting agar kelah ilmu tersebut dapat menolong kita di akhirat.

Naisha mate, hendaklah kita selalu menuntut ilmu selagi mampu serta memanfaatkan dan mengajarkan hal-hal baik di dalamnya kepada orang lain, agar ilmu yang kita miliki bermanfaat.

Mencari ilmu dan mengamalkannya merupakan suatu kewajiban dengan jaminan yang indah. Yaitu seseorang yang mengamalkannya akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Nah pada kesempatan ini Naisha akan mengulas tentang doa sesudah belajar.

Doa Sesudah Belajar

Doa adalah suatu usaha yang kita lakukan dengan ucapan agar keinginan kita dapat terkabul. Mengawali dan menhgakhiri segala sesuatu dengan berdoa merupakan suatu hal yang tak boleh kita lewatkan terutama ketika sedang belajar atau menuntut ilmu.

Tujuannya agar kita senantiasa mendapatkan kelancaran dalam menjalani kegiatan yang sedang dilakukan.

Jika Naisha mate sudah berdoa untuk mengawali, jangan lupa berdoa kembali setelah selesai menuntut ilmu dengan membaca doa setelah belajar. Agar ilmu kita bermanfaat dan menjadi berkah.

Doa Sesudah Belajar

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.

Artinya:“Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Keutamaan atau Manfaat Doa Belajar

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan jika berdoa sebelum dan sesudah belajar

  1. Memperoleh berkah

Dengan membaca doa belajar, baik sesudah maupun sebelum  diharapkan agar kita senantiasa siberkahi Allah SWT dalam belajar dan menunutut ilmu. Dengan begitu diharapkan ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat di akhirat nanti.

  1. Menjadi Pribadi yang Sabar dan Disiplin

Membaca doa sebelum belajar dapat melatih kita menjadi manusia yang lebih disiplin dan sabar. Sabar dalam hal ini adalah ketika menuntut ilmu atau menemukan sesuatu yang sulit saat belajar.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berdoa sebelum belajar sangat penting untuk kita lakukan, karena dengan begitu kita akan percaya diri pada ilmu yang akan dan sedang pelajari. Jadi kita akan merasa siap dan ikhlas untuk menerima ilmu yang akan diajarkan.

  1. Memberikan Ketenangan

Selain untuk meningkatkan kepercayaan diri, tenyata membaca doa ketika sebelum belajar juga mampu memberikan ketenangan dalam diri kita. Ketenangan ini berasal dari rasa ikhlas kita sewaktu menuntut ilmu.

  1. Mendapatkan Pahala

Doa tentunya adalah satu jenis ibadah yang harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengamalkan doa sesudah belajar atau sebelum juga dapat meningkatkan pahala kita.

Hal ini karena Allah akan mengabulkan keinginan kita dan akan memberikan pahala kepada siapa saja yang berdoa kepada-Nya.

Untuk itu kita perlu mengamalkan doa sesudah belajar. Agar ilmu yang kita pelajari dapat meresap dengan baik di otak kita. Sehingga nantinya dapat bermanfaat.

Perlu diingat bahwa menuntut ilmu tidak hanya dibangku sekolah. Namun juga di mana saja. Dan ilmu yang kita perolehpun akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak.

 

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim dan Kisah Teladannya dalam Berdoa

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *