Doa Memakai Pakaian Beserta Adab-adab dalam Berpakaian

  • Whatsapp

Semua orang pasti menggunakan pakaian. Karena pakaian adalah kebutuhan pokok setiap manusia, untuk menutupi auratnya. Selain itu pakaian juga memiliki banyak fungsi,  melindungi tubuh, menghangatkan tubuh, dan lain sebagainya. Doa Memakai Pakaian

Sebagai umat muslim, tentu dalam menjalani kehidupan sehari-hari sudah ada aturan dan tuntunannya. Mulai dari makan, mandi, tidur hingga berpakaian juga ada aturannya. Naisha mate, sebelum berpakaian kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Doa Memakai Pakaian

Read More

Selain itu kita juga harus belajar bagaimana cara berpakaian yang baik dan bagaimana adab-adabnya.

Doa Memakai Pakaian

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allâhumma innî as’aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a’ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.

Doa Memakai Pakaian Baru

اللَّهُمَّ لَكَ الحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أسألُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ ما صُنِعَ لَهُ وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرّ ما صُنِعَ لَهُ

Allâhumma lakal hamdu anta kasautanîhi, as-aluka khairahu wa khaira mâ shni‘a lahû wa a‘ûdzu bika min syarrihi wa syarri mâ shuni‘a lahu

Artinya: “Ya Allah bagi-Mu segala puji. Engkau telah memakaikannya untukku, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan apa yang ia dijadikan untuknya, dan aku berlindung dari keburukannya dan keburukan apa yang ia dijadikan untuknya.”

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

BACA JUGA :   Adab-Adab Berpakaian Lengkap dengan Doa Memakai Pakaian

Bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa

Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia.”

Dalam riwayat lain juga disebutkan, bahwa pemilik baju yang hendak mengenakan pakaiannya juga bisa membaca:

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَساني ما أُوَاري بِهِ عَوْرَتي وَأَتَجَمَّلُ بِهِ في حياتي

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwâriy bihi ‘aurâtî wa atajammalu bihi fî hayâtî

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian sebagai penutup auratku dan penghias dalam hidupku.”

Adab Berpakaian Menurut Sayyid Abdullah Al-Haddad

Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitabnya yang berjudul Risâlatul Mu‘âwanah wal Mudzâharah wal Muwâzarah (Dar Al-Hawi, 1994, hal. 82-83), menjelaskan tentang beberapa pokok adab berpakaian. Doa memakai pakaian

واعلم أنه نه ينبغي لك أن تصدر جميع أمورك باسم الله. فإن نسيت أن تسمي في أول الأمر فقل إذا تذكرت باسم الله في أوله وآخره. فإذا لبست ثوبك فانو به ستر عورتك التي أمرك الله بسترها. وابدأ باليمين وأخِّرها في النزع. وارفع إزارك وقميصك إلى نصف الساق، فإن أبيت فلا تجاوزن الكعب. وللمرأة إرسال ثوبها على الأرض. واجعل كم قميصك إلى الرسغ أو إلى أطراف الأصابع وإن زدت فلا تسرف. ولا تتخذ من الملابس إلا ما تحتاج إلى لبسه. ولا تتحر أنفس الملبوس ولا أخشنه وتوسط في ذلك. ولا تكشف عورتك ولا شيئاً منها لغير حاجة. ومتى دعت الحاجة إلى كشف شيء منها فقل عنده: بسم الله الذي لا إله إلا هو. وقل إذا لبست ثوبك:

Artinya: “Hendaklah memulai segala urusan dengan membaca basmalah, jika lupa mengucapkannya di awal, maka ucapkanlah segera ketika ingat dengan membaca bismillâhi fi awwalihi wa âkhirihi, ketika berpakaian niatilah menutupi aurat yang itu merupakan perintah Allah, mulailah dengan sisi kanan pada waktu mengenakan dan sisi kiri pada waktu melepas, angkatlah sarung dan baju gamis sampai batas pertengahan batang kaki, atau tidak melampaui mata kaki, bagi perempuan boleh memanjangkan pakaiannya hingga menyentuh tanah, panjangkan lengan baju atau gamis sampai pada pergelangan tangan atau sampai ujung-ujung jari, dan jangan melampaui batas itu, jangan memiliki pakaian melebihi jumlah yang diperlukan, jangan memilih pakaian yang terlalu bagus dan juga jangan memilih yang terlalu buruk, jangan membuka aurat seluruhnya ataupun sebagian, kecuali ada perlu, ketika ada keperluan membukanya ucapkanlah bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa, setiap kali selesai mengenakan pakaian ucapkanlah alhamdulillâhil ladzî kasânî hâdzâ min ghairi haulin minnî walâ quwwatin.”

Adapun penjelasan mengenai Adab Berpakaian Menurut Sayyid Abdullah Al-Haddad

BACA JUGA :   Adab-Adab Berpakaian Lengkap dengan Doa Memakai Pakaian

Dari kutipan tersebut terdapat 12 adab berpakaian, di antaranya:

  1. Membaca Bissmillah, Tentunya sudah kita ketahui bahwa segala sesuatu sebaiknya kita awali dengan mengucapkan Termasuk juga ketika kita hendak berpakaian. Apabila lupa segera membaca ‘bismillâhi fi awwalihi wa âkhirihi (Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).’
  2. Niatkan berpakaian untuk menutup aurat karena Allah lillahita’ala.
  3. Hendaklah berpakaian dengan bagian kanan terlebih dahulu dan mulai dari bagian kiri ketika hendak melepas
  4. Termasuk memakai baju dan celana, gamis, daster dan sebagainya.
  5. Kemudian angkatlah sarung ataubaju gamis sampai batas pertengahan batang kaki, dan tak melampaui mata kaki. Aturan tersebut juga berlaku untuk penggunaan celana panjang (bagi laki-laki).
  6. Bagiperempuan, diperbolehkan memanjangkan pakaiannya sampai menyentuh tanah. Namun tetap hati-hati pada najis, karena akan mempengaruhi sholat kita.
  7. Panjangkan lengan baju atau gamis kita sampai pergelangan tangan. Atau boleh juga sampai ujung-ujung jari, tapi jangan sampai melampaui batas tersebut.
  8. Dianjurkan untuk memiliki pakaian sesuai kebutuhan (jangan terlalu banyak).
  9. Pilihlah pakaian yang pantas. Bukan yang jelek atau terlalu berlebihan.
  10. Jangan membuka aurat kita baik sebagian maupun seluruhnya (kecuali ada perlu).
  11. Saat ada keperluan untuk membukanya, sebaiknya mengucapkan “bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa(Dengan nama Allah yang tiada tuhan kecuali Dia).”
  12. Berdoalah juga setelah selesai memakai pakaian dengan doa “alhamdulillâhil ladzî kasânî hâdzâ min ghairi haulin minnî walâ quwwatin(Segala puji Allah yang telah memberiku pakaian ini tanpa daya dan kekuatan dariku).”

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *