Doa-doa dari Nabi Yusuf dan Kisah-kisah Teladannya

  • Whatsapp
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Apakah Naisha mate tahu bahwa Nabi Yusuf adalah putra pertama Nabi Yakub dari istrinya yang bernama Rahil, dan beliau adalah anak ke-11 dari keseluruhan anak Nabi Yakub. Beliau juga memiliki seorang adik dari satu ibu bernama Benyamin. Doa Nabi yusuf

Dari perjalanan hidup Nabi Yusuf, banyak doa-doa yang diajarkan umat dalam kehidupan sehari-hari. Doa-doa dari Nabi Yusuf ini juga bisa kita panjatkan berikut beberapa diantaranya:

Doa Nabi Yusuf

  1. Doa agar dicintai dan diberikan cahaya seperti keindahan wajah Nabi Yusuf

Kwtampanan wajah Nabi Yusuf bisa membuat siapa saja terpukau dan jatuh hati saat perta,a melihatnya. Akhlak dan perilakunnyapun begitu baik sehingga orang-orang sulit berpaling darinya. Karena itu, wajar bila saat itu Nabi Yusuf begitu sangat dicintai oleh kaumnya.

Naisha mate juga dapat membaca doa berikut ini agar dicintai dan diberikan cahaya seperti pada wajah Nabi Yusuf:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku”.

Terdapat juga doa lainnya yang tertulis di dalam Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 4:

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qoola yuusufu liabihi yaa abati, inni roaitu ahada asyro kaukaban wasyamsu walqomaro roaituhum lii waajidiin

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku” (Qs. Yusuf: 4).

  1. Doa agar terhindar dari fitnah dan zina

Telah dikisahkan dalam Al-Quran, bahwa karena ketampanan Nabi Yusuf maka beliau diberikan ujian, di mana beliau digoda oleh istri pembesar Mesir, yang mana merupakan ibu angkatnya.

Saat itu Nabi Yusuf digoda dan kemudian dipaksa untuk bersetubuh. Tentunya Nabi Yusuf tidak ingin terhasut dengan godaan setan tersebut. Kemudian beliau pun meminta perlindungan kepada Allah SWT. Beliau memohon agar dijauhkan dari godaan setan dan godaan hawa nafsu.

Berikut doa yang bisa kita panjatkan agar kita terhindari dari godaan setan dan hawa nafsu:

بِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad’ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif ‘annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn

Artinya: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh” (QS. Yusuf ayat 3).

  1. Doa agar wajah dan akhlak yang mulia

Semasa hidupnya Nabi Yusuf juga senantiasa berdoa kepada Allah agar tetap baik akhlaknya. Bahkan, ketika bercermin pun Nabi Yusuf  juga berdoa kepada Allah agar diberikan akhlak yang baik dan rupa yang baik. Berikut doa bercermin yang diamalkan oleh Nabi Yusuf dan dapat kita lakukan juga:

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: “Ya Allah, sebagaimana telah Engkau indahkan rupaku, maka indahkanlah pula akhlakku” (H.R. Ahmad).

Sepenggal kisah Nabi Yusuf AS dan Keteladannya

Seperti yang kita ketahui bahwa kisah Nabi Yusuf AS telah diabadikan dalam Al-Qur’an ,  yakni Surah Yusuf (Surah ke-12 dalam al-Qur’an). Ini menandakan bahwa kisah tersebut sangat bagus untuk kita ambil pelajaran di dalamnya. Terutama mengenai keluarga, keteguhan dalam bertauhid, serta visi dan kebijakan Nabi Yusuf sebagai seorang pemimpin, dan masih banyak lagi.

Apabila kita baca perjalanan hidup Nabi Yusuf AS penuh dengan ujian yang sangat berat, bahkan ujian tersebut sudah dimulai dari masa kecilnya. Sang ayah, Nabi Ya’qub AS, lebih menyayangi Yusuf dibandingkan dengan anak-anaknya yang lain. Hal ini mengakibatkan efek yang luar biasa bagi perjalanan hidup Nabi Yusuf.

Mulai dari bagaimana beliau dibuang oleh kakak-kakaknya, lalu kemudian ditemukan oleh kafilah dagang. Kemudian beliau dibawa ke Mesir dan dijadikan seorang budak. Dan seperti yang kita tahu dari kisahnya, bahwa beliau pernah menghadapi fitnah yang besar, fitnah ini bersumber dari kehidupannya sebagai pelayan keluarga al-Aziz, salah seorang menteri di Kerajaan Mesir.

Singkatnya, Nabi Yusuf dijebloskan ke dalam penjara meskipun sudah terbukti bahwa beliau tidak bersalah. Kemudian Nabi Yusuf dikenal dengan ucapannya bahwa “Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Dan jika tidak Engkau hindarkan daripadaku tipu daya mereka, tentu aku cenderung memenuhi ajakan mereka, dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” [QS Yusuf 12:33]

Namun karena kuasa Allah, Nabi Yusuf kemudian dijadikan sebagai penasehat raja. Dengan mukjizat yang diberikan Allah sebagai ahli takwil mimpi, Nabi Yusuf telah berhasil menyelamatkan Mesir dari masa paceklik  panjang. Dan atas izin Allah SWT juga Nabi Yusuf bertemu dengan ayah, dan saudara-saudaranya, setelah mereka terpisah selama sekian puluh tahun lamanya.

Dan kemudian dengan kemuliaan dan keluasan hati yang dimiliki membuat beliau bermurah hati dan memaafkan perbuatan jahat saudara-saudaranya dahulu. Kemudian keluarga dapat berkumpul lagi dengan rasa kebahagiaan. Kemudian Nabi Ya’qub yang sudah renta dan buta matanya akibat dari menahan kesedihannya terpisah dari anak kesayangannya, akhirnya Allah pun mengembalikan penglihatan Nabi Yusuf.  Nabi Yusuf adalah obat terdahsyat bagi ayahnya.

Melalui kisah ini, kita dapat mengambil beberapa hikmah, di antaranya adalah rasa hormat kepada orang tua, kejujuran, dan bagaimana Nabi Yusuf selalu dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

Melalui kisah beliau, meskipun perjalanan hidup yang kita miliki banyak cobaan dan kesulitan, kita pasti tetap akan menemukan kebahagiaan pada waktunya dan atas izin Allah. Dunia terkadang terkesan menawarkan kesenangan namun ternyata semu dan menipu. Mencoba menjauh dari kesenangan duniawi justru akan membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT.

Nabi Yusuf juga telah membuktikan bahwa beliau merupakan pemimpin yang sangat amanah, visioner, tangguh,dan memiliki kasih pada rakyatnya. Kualitas pemimpin yang seperti inilah yang sulit untuk kita temukan di zaman sekarang.

Terakhir, yang bisa kita teladani dari Nabi Yusuf adalah rasa sabarnya. Beliau sangat sabar dalam menghadapi ujian meski terkadang sangat berat. Karena sebagai seorang muslim kita juga harus yakin bahwa Allah menguju hambanya sesuai dengan kemampuannya. Dandi setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan dibaliknya, maka bersabarlah.

Sifat Nabi Yusuf yang pemaaf, sabar dan legowo, adalah sifat yang sangat sesuai untuk kita terapkan dalam kehidupan kita. Terutama dalam menghadapi segala cobaan hidup yang kita miliki.

Wallahu a’lam bishshawwab.

 

Baca Juga: Doa Surat Yasin dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *