Doa Sebelum Wudhu dan Tata Cara untuk Berwudhu

  • Whatsapp

Berwudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Maka kita juga harus memastikan wudhu kita baik dan benar. Dan seperti yang telah kita pelajari bahwa segala sesuatu harus kita awali dengan doa. Doa Sebelum Wudhu

Begitupun dengan wudhu, sebelum berwudhu hendaklah kita berdoa terlebih dahulu. Adapaun Doa berwudhu seperti berikut ini:

 Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa.

Sebagai seorang muslim tentunya kita sering berwhudu karena berwhudu adalah syarat sahnya sholat. Dan tentunya setidaknya kita melakukannya sebelum melakukan sholat fardhu dan sholat sunnah yang biasa kita lakukan. Selain untuk mendapatkan manfaat dan keutamaannya, berwudhu juga akan membuat hati kita menjadi lebih tenang dan wajah berseri-seri setiap hari.

Sholat merupakan ibadah utama untuk mendekatkan diri kita kepada Allah dan sebagai bukti iman kita kepada-Nya. Sebelum melakukan sholat, kita diwajibkan untuk membersihkan diri dari kotoran dan segala bentuk hadast.

Membebaskan diri dari anjis besar adalah dengan cara mandi junub atau mandi wajib. Sedangkan untuk hadast kecil kita bisa membersihkannya dengan berwudhu.

Agar wudhu kita lebih sempurna, hendaklah sebelum kita berwudhu, terlebih dahulu kita berdoa. Kemudian setelah wudhu kita juga dianjurkan untuk berdoa.

Meskipun, berdoa tidak termasuk dalam rukun wudhu, membaca doa adalah ibadah yang memiliki berbagai keutamaan di dalamnya.

Kewajiban Wudhu

secara bahasa wudhu berarti bersih atau indah. Untuk itu sebelum sholat kita diwajibkan untuk berwudhu agar hadast kecil yang ada dalam diri kita hilang. Karena berwudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat kita sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 6:

Yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa sebelum melakukan sholat kita harus membersihkan diri terlebih dahulu.

Oleh karena itu, untuk itu wudhu juga merupakan ibadah bagi setiap muslim yang melaksanakannya. Lebih baik lagi bila kita melafalkan niat berwudhu dan memahami setiap maknanya, melakukan wudhu dengan benar. Dan hendaklah kita membaca doa sebelum dan sesudah wudhu dengan benar.

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum kita berwudhu, hendaklah kita memulainya dengan membaca bissmillah. Selanjutnya setelah membaca bismillah kita hendaklah membaca niat berwudhu.

Membaca niat juga merupakan salah satu amalan sah dalam memulai ibadah maupun pekerjaan. Disamping itu, adalah sebuah kunci yang akan membukakan pintu-pintu pahala dari Allah swt.berikut adalah doa sebelum wudhu yang dapat kita amalkan sehari-hari.

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

Doa ini bisa kita ucapkan sebelum masuk tempat wudhu.

Doa Sesudah Wudhu

Kemudian setelah selesai berwudhu kita juga dianjurkan untuk berdoa. Doa ini dapat kita baca setelah kita keluar dari tempat wudhu ataupun ketika hendak masuk masjid. Berikut ini adalah doa sesudah wudhu yang dapat kita amalkan.

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.

Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat, dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”.

Tata Cara Wudhu 

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita bagaimana tata cara berwudhu yang baik dan benar. Yang paling pertama adalah hendaklah kita mengawalinya dengan niat. Dan dijalankan dengan tertib sesuai dengan rukun wudhu, kemudian diakhiri dengan doa. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai tata cara wudhu yang sesuai dengan rukun wudhu.

  1. Niat

Membaca niat adalah rukun wudhu yang pertama. Niat ini cukup kita bacakan dalam hati saja.

Sebagai seorang muslim hendaklah kita mengawali segala sesuatu dengan doa. Agar pintu-pintu pahala terbuka dan Allah meridhoi tiap-tiap hal yang kita kerjakan termasuk berwudhu.

  1. Membasuh kedua tangan

Hendaklah kita membasuh kedua tangan kita, hingga ke sela-sela jari.

  1. Berkumur

Kita juga diwajibkan membersihkan mulut kita. Dan bila dirasa perlu diperbolehkan untuk bersiwak.

  1. membasuh wajah

Setelah membaca niat wudhu, tata cara wudhu selanjutnya adalah membasuh wajah dengan air sampai mengenai semua bagian wajah.

Hendaklah kita membasuh wajah kita mulai dari kening hingga dagu, dan kedua pipi sampai dengan pinggir telinga kita.

  1. Membasuh tangan hingga ke siku

Tahap selanjutnya adalah membasuh kedua tangan sampai siku. Sebagaimana yang telah difirmankan Allah ke dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang artinya adalah “…Dan basuhlah tangan-tanganmu hingga siku…”.

  1. Mengusap kepala

Kemudian lanjutkan dengan mengusap sebagian kepala. Dalam prakteknya, cara untuk mengusap kepala berbeda dengan cara kita membasuh wajah.

Usaplah sebagian dari kepala hingga mengenai rambut. Usaplah sebagian rambut depan bagian kepala. Namun jika rambutnya pendek usap hingga ujung.

  1. Membasuh kaki sampai ke mata kaki dan jari-jari kaki

Usaplah kedua kaki dimulai dari kaki kanan hingga ke mata kaki, tumit dan jari-jari kaki. Sebagai mana dengan yang telah difirmankan Allah dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang artinya“Basuhlah kaki kalian sampai kedua mata kaki”.

 

Rasulullah SAW menganjurkan bahwa saat berwudhu, pastikan air mengenai mata kaki. Untuk menghindari kedua mata kaki yang tidak terkena air maka diperbolehkan membasuh kaki sampai dengan betis.

  1. Tertib

Berwudhulah sesuai dengan rukun dan tata cara berwudhu dengan tertib.

Di sini yang dimaksud dengan tertib adalah bewudhu sessuai dengan tahap-tahap dalam melaksanakan wudhu dilakukan sesuai urutan yang benar, tidak diperbolehkan lompat-lompat ataupun diganti-ganti.

Apabila tidak melakukan urutan rukun wudhu dengan benar maka bisa dikatakan wudhu tidak sah.

 

Baca juga: Doa-doa dari Nabi Yusuf dan Kisah-kisah Teladannya

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *