Doa Mensyukuri Nikmat dan Cara untuk Mensyukuri Nikmat Allah

  • Whatsapp

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dan pemberian Allah SWT. Bahkan di dalam Al Quran juga telah disebutkan bahwa jika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kita. Doa mensyukuri nikmat

Sebegai mana firman Allah tersebut tertulis dalam surat Ibrahim ayat 7 yang berbunyi sebagai berikut:

wa iz ta’azzana rabbukum la’in syakartum la’aziidannakum wa la’ing kafartum inna ‘azaabii lasyadiid

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Dalam tafsir Al-Quran surat Ibrahim Nabi Musa berkata, “Ingatlah manakala Rabb kalian memberitahu kalian secara pasti, jika kalian bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmatNya yang telah Ia berikan kepada kalian, niscaya Ia akan menambahkan nikmat dan karuniaNya kepada kalian. Akan tetapi jika kalian mengingkari nikmat-nikmat-Nya atas kalian dan kalian tidak mensyukurinya, maka azab Allah atas siapa yang mengingkari nikmat-nikmat-Nya dan tidak mensyukurinya benar-benar berat.”

Doa mensyukuri nikmat


Berikut ini adalah lafadz bacaan doa untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakalattii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala soolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash soolihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”

Namun, selain doa singkat dan ringkas di atas, ada pula doa lain yang dapat kita amalkan untuk mensyukuri nikmat Allah. Silakan Naisha mate baca doa berikut ini tentunya dalam keadaan suci dari hadats dan najis.

Makna yang terkandung dalam doa berikut ini adalah untuk kita bersyukur terhadap berkat dan rahmat yang diberikan Allah SWT kepada kita, dan orang-orang di sekeliling kita.

Surat An-Naml ayat 19

 

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Fa tabassama daahikam ming qaulihaa wa qaala rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala saalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadikas-saalihiin

Artinya: “Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Surat Al-Ahqaf ayat 15

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Wa wassainal-insaana biwaalidaihi ihsaanaa, hamalat-hu ummuhu kurhaw wa wada’at-hu kurhaa, wa hamluhu wa fisaaluhu salaasuna syahraa, hattaa izaa balaga asyuddahu wa balaga arba’iina sanatang qaala rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala saalihan tardaahu wa aslih lii fii zurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal-muslimiin

Artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

Cara Mensyukuri Nikmat Allah

  1. Selalu bersyukur dengan apa yang Allah berikan

Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan. Karena segala nikmat yang kita miliki datangnya dari Allah SWT.

  1. Mensyukuri nikmat secara lisan

Barang siapa yang mensyukuri nikmat, maka lisannya akan senantiasa berdzikir kepada Allah serta mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk pujian atas nikmat yang sudah diberikan Allah.

  1. Bersyukurdengan anggota tubuh

Mensyukuri dengan anggota tubuh adalah dengan meakukan ketaatan pada perintah Allah. Dan menjauhkan diri kita dari perbuatan kemaksiatan.

  1. Bersyukur dengan amal perbuatan

Mensyukuri dengan amal perbuatan dapat kita lakukan dengan menjalankan segala yang diperintahkan oleh Allah. Perintah yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan  ibadah yang bersifat wajib, sunnah dan juga mubah.

  1. Selalu bersyukur dengan memuji Allah

Bersyukur juga bisa dilakukan dengan memuji Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

  1. Mensyukuri Dengan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat adalah salah satu wujud syukur kita kepada Allah. Bersyukur karena telah diberikan kesehatan dan masih diberi kehidupan hingga saat ini.

Mensyukuri nikmat Allah dengan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara berolah raga, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup dan menjaga stamina kita agar imun kita tetap bagus, terlebih dimasa pandemi covid-19 ini.

  1. Dengan cara menjaga kebersihan

“Annadha fatu minal iman” yang artinya kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagai seorang muslim tentu kita tidak asing dengan kalimat tersebut. Kita menjaga kebersihan berarti juga menjaga kesehatan.

  1. Taat menjalankan ibadah

Dengan taat beribadah kepada Allah, kita akan dapat lebih mensyukuri nikmat yang kita dapatkan. Karena mewujudkan segala amal kebaikan adalah tanda rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan artinya kita sadar behwa semuanya datang dari Allah.

Baca juga : Doa Meminta Rezeki lengkap dengan Latin beserta Artinya

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *