Doa Menyambut Ramadhan Beserta Amalan yang Dapat Dilakukan

  • Whatsapp

Seperti yang kita tahu bahwa bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh setiap muslim di seluruh penjuru dunia. Ramadhan bukan hanya tentang puasa, banyak amal ibadah lainnya yang dapat kita lakukan dan pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Doa Menyambut Ramadhan

Maka seluruh umat muslim pasti menyambutnya dengan suka cita dan selalu merindukan bulan ini. Selain menyambut dengan suka cita, namun Rasulullah juga mengajarkan kita untuk menyambutnya dengan doa dan berbagai amalan yang dapat kita lakukan.

Kita juga dapat berdoa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan kemudian diberikan kelancaran dalam menjalaninya. Dengan berdoa kita juga dapat meminta agar diberikan ketetapan iman dan islam. Dan agar kita senantiasa dekat dengan Allah SWT.

Rasulullah mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa dan melakukan amalan kebaikan. Terlebih saat menyambut bulan Ramadhan berikut ini akan kita bahas bersama beberapa doa dan amalan yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan.

Doa Menyambut Ramadhan

Yang pertama adalah doa ketika kita melihat hilal, yaitu:

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Berdasarkan hadist yang telah diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi, Rasulullah SAW membaca doa tersebut ketika masuk bulan Ramadan atau ketika beliau melihat hilal. Tidak hanya sampai di situ, Rasulullah SAW juga melafalkan doa tersebut ketika sudah diumumkan bulan Ramadan. Dengan kita melantunkan doa tersebut, kita sebagai umat muslim dapat memohon segala kebaikan, keberlahan, dan keselamatan dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan sebulan ke depan.

Yang ke dua, Rasulullah juga mengajarkan doa memohon kebaikan di bulan Ramadhan. Bacaan doa ini tentu juga dapat kita amalakan untuk menjalankan sunnah Rasul sekaligus menambah pahala dalam amalan kita. Berikut ini adalah bacaan doa permohonan yang dilafalkan oleh Rasulullah berdasarkan riwayat Imam Abu Dawud :

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud)

Keistimewaan Bulan Ramadan

Naisha mate, setelah kita memngetahui beberapa doa yang dapat kita amalkan saat menyambut bulan Ramadhan, kita juga perlu mengetahui keistimewaan bulan Ramadhan itu sendiri. Dengan kita memahami berbagai keistimewaannya, diharapkan dapat menambah rasa syukur kita kepada Allah dan dipermudah dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Hal ini juga dpat menambah semangat kita dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadhan. Berikut beberapakeistimewaan bulan Ramadhan yang perlu Naisha mate ketahui:

  1. Pada bulan Ramadhanpintu surga dibuka dan pintu neraka Kemudian para setan juga akan dibelenggu agar tidak mengganggu kita di saat menjalani bulan Ramadhan.
  2. Merupakan salah satu cara untuk menebus dosa kita
  3. Kita dapat menebus dosa ketika kita menjalaninya dengan ikhlas
  4. Jika kita menghidangkan makanan untuk orang yang berpuasa maka kita juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa.
  5. Merupakan waktu yang baik untuk memperbanyak sedekah
  6. Memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan akan membuat kita dilimpahi keberkahan dan pahala
  7. Doa orang yang berpuasa merupakan salah satu doa yang mustajab
  8. Kemudian kita juga dapat mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berhaji.

Adapun 4 amalan yang diajarkan Rasulullah untuk menyambut bulan ramadhan

  1. Melakukan ibadah malam

Ssalah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah untuk menyambut Ramadhan adalah dengan melakukan ibadah di malam hari. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadist dari Salman Al Farisi. Bahwa  Rasulullah SAW pernah berkhutbah kepada umatnya saat hari terakhir bulan Syaban.

فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ، شَهْرٌ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ،

Beliau berkata, “wahai para manusia, kalian telah dinaungi bulan agung, bulan yang diberkahi, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan”.

Karena di bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar. Dimana apabila umat muslim ada yang beribadah di dalamnya lebih baik dari pada ibadah 1.000 bulan. Dan ini merupakan salah satu keistimewaan bagi umat Rasulullah SAW.

Karena umur mereka terbatas namun kemampuannya dapat melampaui umurnya. Kemudian satu malam beribadah pada malam tersebut pahalanya lebih baik dari pada beribadah 83 tahun.

 

  1. Bersedekah

Rasulullah SAWtermsuk orang yang sangat dermawan dibandingkan dengan manusia lainnya. Beliau juga akan semakin dermawan saat bukan Ramadhan tiba (HR Bukhari No. 4771 dan Muslim No.2307).

Oleh sebab itu,sebagai seorang muslim sudah sepantasnya kita melakukan amalan sebagaimana yang telah beliau contohkan ini. Salah satu caranya adalah denganbersedekah baik itu untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Karena sebentar lagi Ramadhan akan datang, maka kita dapat melakukan sedekah dengan memberikan hidangan buka puasa. Karena seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa memberikan makanan untuk berbuka akan mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa.

Barangsiapa di bulan Ramadhan memberikan hidangan berbuka puasa maka mereka akan mendapatkan ampunan dosa, kemudian diberikan pembebas antara ia dan neraka, dan Ia mendapat pahala seperti orang puas tanpa mengurangi sedikitpun pahala mereka yang sedang berpuasa.

  1. Bersabar

Kemudian amalan selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah bersabar. Kita harus menahan hawa nafsu kita ketika berpuasa. Dan perlu kita ingat bahwa Allah akan melipat gandakan pahala bagi mereka yang senantiasa bersabar.

  1. Peduli dengan sesama

Kemudian kita juga harus senantiasa peduli dengan sesama. Karena tidak semua orang dapat merasakan seperti apa yang kita rasakan. Kepedulian ini dapat kita amalkan dengan melakukan amalan yang ke tiga.

Selain itu kita juga diwajibkan berdzakat fitrah ketika puasa ramadhan. Hal ini sebagai bukti kepedulian kita kepada sesama dan mereka yang sedang membutuhkan.

Itulah doa dan amalan untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah. Semoga kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan diberikan kelancaran dalam menjalaninya. Aamiin Aamin Yaa Rabbal Aalamiin.

 

Baca juga: Kumpulan Bacaan Dzikir Petang Lengkap dengan Artinya

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *