Amalan Kecil Berpahala Besar yang Bisa Kita Lakukan

  • Whatsapp
amalan kecil berpahala besar

Mendapatkan pahala yang besar dengan amalan yang kecil. Memang bisa? Bahas amalan kecil berpahala besar yuk!

Allah adalah maha pemurah yang selalu memberikan yang terbaik untuk semua Hamba-Nya. Itulah mengapa banyak amalan kecil berpahala besar. Simak beberapa di bawah ini yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala kita.

Di dalam Al-Quran dan hadits shahih sering kali Allah Ta’ala menggandengkan iman dengan amal shalih. Kenapa demikian karena di dalam iman itu sendiri telah tercangkup amal. Hal itu bertujuan untuk penekanan, agar orang tidak menyangka bahwa iman itu cukup dengan hati saja. Karena ada sebagian orang ada yang menyangka bahwa iman itu cukup di dalam hati saja, dan ini merupakan pemahaman yang salah..

Iman dan Amal Shaleh merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena apabila salah satu dari keduanya tiada maka kesempurnaan dari salah satunya akan berkurang. Iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Iman adalah fondasi sedangkan amal adalah implementasi.

Hal ini terlihat dari sabda Nabi SAW: “Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman.” (HR. Ath-Thabrani).

Amalan  Kecil Berpahala Besar Membaca Al-Qur’an.

Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipat….” (Shahih, HR. At-Tirmidzi, At-Thabrani)

Amalan Kecil Berpahala Bersar Shalat Berjamaah di Masjid.

Dari Abu Umamah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan salat berjama’ah maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang haji dalam keadaan ihram.” (Hasan: HR. Abu Dawud)

تَصْنَعُوْنَ Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Surat An Nisa: 102)

Shalat bisa dilakukan berjemaah maupun sendiri. Namun, paling utama adalah dikerjakan secara berjemaah.

Seseorang masih dianggap mengikuti jamaah selagi imamnya masih belum melafalkan miim-nya lafal: عَلَيْكُمْ dalam salam pertama, meskipun makmum tidak sempat duduk bersama duduk tasyahud-nya imam. Shalat berjemaah selain sebagai simbol keutuhan umat Islam, juga menghilangkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkuat ikatan persaudaraan sesama Muslim.

Amalan Kecil Berpahala Besar Membaca “Subhaanallahi wa Bihamdihi Subhaanallaahil ‘Adzim”.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan) “subhaanallahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim” artinya Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung. (Sahih, HR Al-Bukhari)

Wudhu dengan Sempurna dan Membaca Doa.

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.) kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu-pintu mana saja.” (HR Muslim)

Menghadiri Salat Jumat di Awal Waktu

Dari Aus bin Aus Ats-Tsaqafi, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membasuh (kepalanya) dan mencuci (seluruh tubuhnya) di hari Jumat (mandi besar), lalu berangkat ke masjid pagi-pagi, dan dia mendapatkan khutbah dari awal, dia berjalan dan tidak naik kendaraan, dia (duduk) mendekat ke khatib, konsentrasi mendengarkan khutbah dan tidak berbicara maka setiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan salat malam selama setahun.” (Shahiih, HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban)

Amalan Kecil Berpahala Besar Salat Dhuha 2 Rakaat.

Sudah shalat duha belum?

Amalan kecil berpahala besar selanjutnya adalah shalat dhuha. Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunnah yang apabila dilakukan akan mendapatkan pahala yang memang sangat besar. Itulah mengapa sudah saatnya kita menjalankan shalat sunnah ini.

Dari Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi, setiap tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat salat dhuha.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Berzikir dan Menunggu Syuruq di Masjid Setelah Salat Shubuh.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang salat subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian salat 2 rakaat (shalat sunnah Syuruq) maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna.”
(Hasan, HR. At-Tirmidzi)

Amalan kecil berpahala besar ini terkadang kerap kita lupakan,  padahal ketika kita memiliki niat untuk menjalankannya maka akan mendapatkan sebuah pahala yang begiu besar.

Membaca Zikir Ketika Masuk Pasar atau Tempat Keramaian.

Dari Abdullah bin Amr bin al-‘Ash, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang masuk pasar kemudian dia membaca: ‘Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir‘ (tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah seluruh kerajaan. Dan milik-Nyalah seluruh pujian, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahahidup dan tidak mati, di TanganNyalah segala kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu) maka Allah catat untuknya sejuta kebaikan, Allah hapuskan sejuta kesalahan, dan Allah angkat untuknya satu juta derajat.” (Hasan, HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim)

Berzikir Saat Terbangun dari Tidur.

Amalan kecil berpahala besar selanjutnya adalah berdzikir saat terbangun dari tidur. Terkadang kita kerap lupa bahwa ketika kita berhasil terbangun dari tidur itu tandanya kita perlu memiliki rasa syukur yang sangat luar biasa.

Allah memberikan kita hidup. Allah pula yang akan mematikan kita. Lalu sudahkah kita berzikir ketika terbangun tidur?

Amalan kecil berpahala besar seperti berdzikir ini harusnya sudah kita lakukan, karena ketika kita berhasil terbangun masih dalam keadaan sehat maka itu tandanya  Allah masih memberikan kesempatan pada kita untuk tetap hidup.

Dari Ubadah bin Shaamit, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang terbangun ketika tidur malam kemudian dia membaca: “Laa
ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir. Alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah

(tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata tiada sekutu bagiNya, milikNyalah seluruh kerajaan, milik-Nyalah segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji milik Allah, Mahasuci Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Allah Mahabesar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah) kemudian dia beristighfar atau berdoa maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian salat dua rakaat maka salatnya diterima.” (HR. Al-Bukhari dan Abu Dawud).

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *