Doa Setelah Tasyahud Akhir dan Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

  • Whatsapp

Tentunya kita tahu bahwa Allah memerintahkan kita untuk menjalankan sholat lima waktu yaitu sebuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya’. Kemudian jika dalam sholat yang rokaatnya lebih dari dua maka akan ada dua tasyahud. Atau yang biasa juga disebut dengan tahiyat awal dan tahiyat akhir. Doa Tasyahud Akhir

Terkadang orang mengira tasyahud awal dan tasyahud akhir bacaannya sama. Padahal, sudah seharusnya kita mengetahui perbedaan bacaan anatar tasyahud awal dan tasyahud akhir.

Ada juga orang yang beranggapan perbedaan di antara keduanya tidak terlalu penting, namun sebenarnya ini penting. Karena ini menyangkut ritual ibadah wajib kita kepada Allah SWT. Berikut ini telah Naisha rangkumkan mengenai doa tasyahud akhir dan artinya.

Doa Setelah Tasyahud Akhir

Doa Tasyahud Akhir

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ أَللهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At-tahiyyaatu al-mubaarakaatu al-shalawaatu al-thoyyibaatu lillahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakaatuhu. As-Salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahi as-shoolihin. Asyhadu an laa ilaaha illa Allah wa Asyhadu anna muhammadarrasuulullah. Allahumma Sholli ‘ala Sayyidinaa Muhammad. Wa ‘ala aali sayyidina Muhammad, Kamaa shollayta ‘ala sayyidina Ibrahim. Wa ‘ala aali sayyidina Ibrahim. Wa Baarik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina Muhammad. Kamaa baarakta ‘ala sayyidinaa Ibrahim, wa ‘ala sayyidina Ibrahim, innaka hamiidun majiid.

Artinya:

“Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Allah aku sampai shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarganya. Sebagaimana Engkau sampaikan shalawat kepada Nabi Ibrahim As., serta kepada para keluarganya. Dan, berikanlah keberkahan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarga. Sebagaimana, Engkau telah berkahi kepada junjungan kita Nabi Ibrahim, serta keberkahan yang dilimpahkan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Kekal.

Doa Setelah Tasyahud Akhir

Adapun doa tasyahud akhir sebelum salam yang bisa kita amalkan dan membedakannya dengan tasyahud awal. Karena doa ini hanya dibaca ketika tasyahud akhir. doa ini adalah agar kita terhindar dari kejamnya fitnah Dajjal, berikut ini doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

“Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur. Dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.”

Di dalam melaksanakan sholat, bacaan tahiyat akhir sendiri sebenarnya terbagi di dalamm 3 bagian, yaitu :

  1. Bacaan seperti tahiyat awal.

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin.

Bacaan tahiyat awal adalah bacaan yang berisi tentang Raulullah dan Allah ketika Rasulullah sedang mengalami peristiwa Isra’ mi’raj. Isinya adalah tentang salam pemujaan kepada Allah serta penghormatan kepada Rasulullah dalam sholat.

  1. kemudian macaan Syahadat

Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullaah.

Artinya:
“Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

  1. Membaca Sholawat

Allaahumma shalli’alaa Muhammad, wa’Alaa Aali Muhammad. Kamaa shallaita alaa Ibraahiim wa alaa Aali Ibraahiim.

Wabaarik’alaa Muhammad wa alaa Aali Muhammad. Kamaa baarakta alaa Ibraahiim wa alaa Aali Ibraahiim, Fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya:

“Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

  1. Membaca doa agar terhindar dari kejamnya fitnyah dajjal

Doa ini bisa kita bacakan setelah membaca doa tahiyat akhir dan sebelum melakukan salam.  Yaitu sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Bakar Ash Shiddiq. Dari Sahih Adabul Mufrad Imam Bukhari, diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu bertanya kepada Rasulullah SAW.

“Ajarilah saya sebuah doa yang akan saya baca di dalam shalat saya.”

Rasulullah SAW pun kemudian bersabda:

“Katakanlah:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Ya Allah sungguh aku telah menzhalimi diriku dengan kezhaliman yang banyak. Tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa itu selain Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan sayangilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Rukun Sholat

Bukan hanya wajib bagi kita untuk memahami mengenai bacaan tasyahud atau tahiyat. Namun kita juga harus paham mengenai rukun sholat, agar sholat kita diterima oleh Allah SWT.

  1. Berdiri (bagi yang mampu, bila tidak mampu boleh duduk, bila tidak mampu duduk boleh dengan berbaring)
    2.  Takbiratul ihram
    3.  Kemudian membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat
    4.  Lakukan ruku’ dengan tuma’ninah dan membaca doanya
    5.  Iktidaljugadengan tuma’ninah dan membaca doanya
    6.  Kemudian bersujud dua kali dengan tuma’ninah dan membaca doanya
    7.  Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah dan membaca doanya
    8.  Duduk dan membaca tahiyat akhir
    9.  Membaca sholawat nabi pada tahiyat akhir
    10. kemudian mengucapkan salam
    11. Tetrakhir adalah tertib yaitu, dengan melakukan rukun secara berurutan

Di dalam rukun sholat, sudah diterangkan bahwa kita harus mengerti dan memahami mengenai setiap bacaan, sebagaimana kita mengetahui tentang doa tasyahud akhir ini. Dengan begitu semoga sholat kita dapat diterima Allah SWT.

 

Baca juga : Doa Niat Puasa Ramadhan dan Artinya Lengkap dengan Dasar Hadistnya

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *