Manfaat Bersyukur Bagi Kita yang Mau Terus Menambah Rasa Syukur

  • Whatsapp
manfaat bersyukur

Di dalam islam, bersyukur dapat dilakukan melalui perbuatan, lisan, termasuk hanya di dalam hati. Dengan memperbanyak bersyukur, kenikmatan dan pahala yang diperoleh seseorang akan berlipat ganda. Manfaat bersyukur tentu banyak sekali hal baiknya.

Sudah menjadi kewajiban bagi manusia untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Syukur adalah bentuk terima kasih atas segala pemberian dan nikmat yang diperoleh manusia selama menjalani kehidupan di dunia. Manfaat bersyukur untuk diri sendiri tentu saja sangatlah banyak.

Rasa syukur terkadang akan memberikan kita perasaan yang memang sangat nyaman, pasalnya sebuah rasa syukur yang terus ditingkatkan dari dalam diri kita. Hal yang harus kita tambah setiap hari adalah rasa syukur kita, karena rasa syukur kita akan memberikan manfaat bersyukur yang  luar biasa.

Manfaat Bersyukur

Mengenai surah Ibrahim ayat ketujuh, Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah mengatakan, “Siapa yang bersyukur atas nikmat Allah, Allah akan menjadikannya semakin taat.” Ar-Rabi’ berkata, “Siapa yang bersyukur atas nikmat Allah, maka Allah akan menambahkan karunia.” Muqatil berkata, “Siapa yang bersyukur atas nikmat Allah, maka Allah akan menambahkan baginya kebaikan di dunia.” (Lihat Zaad Al-Masiir, 4:347).

Begitu pula terhadap nikmat yang terlihat kecil dan sepele, syukurilah. Jika nikmat kecil saja tidak bisa disyukuri, bagaimana lagi dengan nikmat yang besar. Dalam hadits disebutkan,

‎مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ

Barang siapa yang tidak mensyukuri sesuatu yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad, 4:278. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 667, 2:272)

1. Manfaat Bersyukur Memberikan perasaan nyaman

Tahukah kamu, bahwa dalam hidup ini ada hukum daya tarik atau disebut juga ‘law of attraction’ yang dapat meningkatkan perasaan lebih nyaman dan membuat hatimu menjadi bahagia disaat kamu selalu bersyukur. Dengan bersyukur tubuh kita akan dialiri energi positif sehingga yang kembali ke diri kita juga positif. Wah, ini tentu sangat baik jika mulai kamu terapkan dari sekarang.

2. Manfaat Bersyukur Menciptakan emosi yang positif

Semakin banyak bersyukur tentu akan semakin mendatangkan perasaan positif pula. Karena kamu akan memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang positif dan akan selalu mengambil hal baik dari setiap kejadian buruk sekali pun. Karena kamu yakin tentu ada hikmah dan pelajaran baik di balik itu semua

3. Manfaat Bersyukur Dapat membentuk pola pikir sukses

Secara tidak disadari, rasa syukur yang selalu kamu panjatkan dapat memudahkanmu meraih apa yang kamu inginkan, karena adanya energi positif yang mengalir dalam dirimu, sehingga bisa membentuk pola pikir sukses. Semakin banyak memanjat rasa syukur pola pikir sukses akan semakin kuat dirasakan.

4. Manfaat Bersyukur Menjadikan hatimu tenang

Dengan selalu bersyukur dalam setiap keadaan dapat mendatangkan ketenangan dalam hidup. Sehingga kamu selalu berada dalam perasaan yang selalu stabil sehingga membuat hidupmu menjadi lebih tentram dan damai.

5. Manfaat Bersyukur Terhindar dari risiko terkena penyakit degeratif

Sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal Of Cardiology tahun 1995 mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki emosi dan pikiran positif maka organ tubuhnya berfungsi lebih baik. Sehingga membuat seseorang tersebut lebih sehat.

6. Manfaat Bersyukur Menjauhkan diri dari penyakit hati

Karena dengan selalu bersyukur disetiap keadaan, kamu jadi tahu bagaimana cara menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Dengan menerapkan cara ini kamu tidak mudah diliputi penyakit hati. Seperti iri, dengki, benci, sombong dan sebagainya.

7. Manfaat Bersyukur Hidup menjadi lebih berkah

Karena tahu cara bersyukur, meski rezeki yang kamu dapat tidak sebanyak orang lain namun manfaatnya akan sangat terasa sekali pada dirimu. Karena dari rasa syukur yang kamu panjatkan akan mendatangkan berkah tersendiri, sehingga kamu akan selalu merasa kaya meski dalam kesederhanan.

Itulah Mengapa Kita Wajib Bersyukur

Sebaliknya barangsiapa yang mengingkari nikmat atau enggan bersyukur,

‎وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS. Luqman: 12).

Allah itu Maha Kaya (Al-Ghaniy), tidak butuh pada hamba. Jika hamba tidak bersyukur, itu pun tidak membuat Allah tersakiti. Jika seluruh penduduk di muka bumi kufur, Allah tidak bergantung pada yang lainnya, tidak ada yang berhak disembah selain Allah (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 6:114). Yahya bin Salam berkata, “Allah itu Maha Kaya (Al-Ghaniy), tidak butuh pada selain Dia. Allah pun Maha Terpuji (Al-Hamid) dalam segala perbuatan-Nya.” (Fath Al-Qadir, 4:312).

Bersyukur Setiap Hari Yuk!

Dalam hadits qudsi ditunjukkan bahwa Allah tidak butuh pada rasa syukur seorang hamba dan jika mereka tidak bersyukur, itu pun tidaklah mengurangi kekuasaan Allah. Hadits qudsi tersebut menyebutkan,

‎يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِى مُلْكِى شَيْئًا يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertakwa seperti orang yang paling bertakwa di antara kalian, tidak akan menambah kekuasaan-Ku sedikit pun. Jika orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu berhati jahat seperti orang yang paling jahat di antara kalian, tidak akan mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun juga.” (HR. Muslim, no. 2577).

Ayat dari surah Luqman di atas mengajarkan kepada kita untuk bersyukur atas berbagai macam nikmat, lebih-lebih lagi dengan nikmat yang begitu besar yang Allah anugerahkan. Kepahaman terhadap agama adalah suatu nikmat yang besar dan begitu berharga. Kepahaman terhadap agama Islam pun termasuk hikmah. Jika kita diberikan anugerah ilmu oleh Allah, rajin-rajinlah untuk selalu bersyukur kepada-Nya.

Allah Ta’ala berfirman,

‎وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS. Ibrahim: 7).

Kesimpulannya, bersyukur memiliki manfaat kembali kepada diri orang yang bersyukur dan akan membuat nikmatnya akan terus ditambah oleh Allah. Syukur tentu saja dengan taat kepada Allah. Baca doa mensyukuri nikmat yang diperoleh yuk! Doa Mensyukuri nikmat

 

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *