Doa Tadarus Al-Quran dan Berbagai Keutamaanya yang Akan Kita Dapat

  • Whatsapp

Naisha mate, di bulan suci Ramadhan ini tentunya banyak amalan kebaikan yang kita jalankan, salah satunyaadalah dengan ber tadarus Al-Quran.  Tadarus atau membaca Al-Qurab adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan di bulan penuh berkah ini. Doa Tadarus Al-Quran.

Meskipun begitu di hari biasanya juga dianjurkan, namun membaca Al Quran di bulan Ramadan lebih utama dan besar pahala yang akan kita dapatkan. Allah SWT selalu mengingatkan kita untuk membaca Al-Quran, sebagaimana terkandung dalam surat Faathir 29-30.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Selain itu, membaca Al-Quran juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW akan memberikan syafaatnya bagi umatnya yang gemar membaca Al-Quran. Doa Tadarus Al-Quran

Dari shahabat Rasulullah Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Bacalah oleh kalian Al Quran. Karena ia (Al Quran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

Demikian, di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan ini, sebaiknya kita lakukan amal kebaikan salah satunya dengan membaca Al-Quran.

Namun, sebelum kita bertadarus dan membaca Al-Quran , sebagai seorang muslim juga sebaiknya membaca doa terlebih dahulu.

Berikut ini telah Naisha rangkumkan doa yang dapat kita panjatkan sebelum bertadarus atau membaca Al-Quran.

Doa Tadarus AlQuran

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya :

“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Setelah Membaca Al Quran

Setelah kita selesai membaca Al-Quran, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan Shadaqallahul ‘azhim.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Keutamaan Tadarus / membaca Al Quran

  1. Termasuk Orang-orang yang Tak Rugi

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bertadarus atau membaca Al-Quran bukan hanya perintah Rasulullah SAW, tetapi juga diperintahkan langsung Allah SWT.

Sebagaimana yang terkandung dalam surat Faathir 29-30. Dalam ayat tersebut, orang yang membaca Al-Quran karena Allah, akan termasuk pada golongan orang-orang yang beruntung dan mendapat ampunan.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Faathir : 29-30).

  1. Mendapatkan Syafaat dari Rasulullah SAW

Rasulullah SAW berjanji akan memberikan syafaatnya bagi muslim yang gemar membaca Al-Quran. Dan rumah-rumah orang yang gemar membaca Al-Quran akan diterangi.

Dari shahabat Rasulullah, Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Bacalah oleh kalian Al Quran. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

  1. Pahala 10 Kali Lipat

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Untuk itu mari kita membaca Al-Quran agar kita dapat menabung pahala dari-Nya.

  1. Dikumpulkan di Surga Bersama Malaikat

Rasulullah SAW bersabda,

“Orang yang mahir membaca Al-Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al-Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian itulah beberapa keutamaan dalam membaca Al-Quran dan Tadarus. Anjuran membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan juga sebagaimana firman Allah sebagai berikut:

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Selain beberapa keutamaan di atas, keutamaan membaca Al Quran dapat dirasakan langsung, yakni mendapat ilmu apa bila kita juga mempelajari isi kandungannya. Semoga kita selalu dalam golongan orang yang beruntung dan bisa mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW kelak. Aamiin.

Baca juga: Doa Sesudah Minum dan Adab yang Dianjurkan Saat Minum

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *