Doa Resepsi Pernikahan untuk Kedua Mempelai yang Berbahagia

  • Whatsapp

Doa yang kita panjatkan ketika menghadiri resepsi pernikahan adalah salah satu hal penting selain ucapan selamat atau kado yang kita berikan. Dengan mendoakan artinya kita juga ikut berharap agar pernikahan mereka penuh berkah dan menjadi jodoh dunia akhirat. Karena pasti setiap orang menginginkannnya. Doa Resepsi Pernikahan.

Perlu kita tahu bahwa doa yang kita panjatkan mestinya bukanlah sembarang doa. Apakah Naisha mate sudah mengetahui bagaimana seharusnya kita berdoa untuk pasangan yang menikah? Tentunya doa yang kita ucapkan bukan sekedar ucapan “Samawa” ya Naisha mate sekalian.

Apabila diantara kita sedang menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan teman atau kerabat kita, yang biasa kita lakukan adalah memberikan ucapan“Semoga sawawa, ya!” atau “Sakinnah Mawaddah warrahmah”. sebenarnya ucapan tersebut  merupakan doa baik, namun ada yang lebih baik lagi untuk kita ucapakan ke[ada mereka. Jika Naisha mate ingin mengungkapkan doa upengantin baru, Naisha telah merangkumnya di bawah ini.

Doa Resepsi Pernikahan

Mengutip dari perkataan Abu Hurairah R.A., beliau berkata, “Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah kemudian mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Doa inilah yang seharusnya Naisha mate ucapkan untuk sepasang pengantin baru. Setelah kita mendoakan dengan doa tersebut barulah kita mengucapkan doa lain seperti mengucapkan “Samawa“. Kemudian jika ternyata kita berhalangan hadir, kita dapat mengirimkan doa ini juga terhadap teman atau kerabat yang melangsungkan pernikahan sebagai ungkapan kasih kita dan ungkapan suka cita kita atas pernikahan tersebut.

Kemudian apabila kita sedang menemani saudara atau kerabat yang sedang mempersiapkan pernikahan bersama pasangannya, kita juga bisa memanjatkan doa untuk memohon untuk kelancaran menjelang hari pernikahannya nanti. Karena dalam persiapan pernikahan pasti ada saja cobaaan yang akan menghampiri. Berikut akan Naisha bahas juga beberapa doa yang dapat kita panjatkan untuk memonkan kelancaran pernikahannya. Dan doa ini sebenarnya merupakan potongan dari ayat Al-Quran.

Kita berdoa juga dengan doa untuk calon pengantin agar jodohnya merupakan jodoh terbaik dari Allah SWT. Berikut ini adalah potongan ayat dari Surat Asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi,

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.”

Kemudian apakah Naisha mate sudah tahu bahwa ada juga doa untuk memohon kelancaran pernikahan kepada calon pengantin? Doa ini berasal dari potongan Surat Al-Kahfi ayat 10, yang berbunyi,

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Kita dapat memberi tahu keluarga, teman atau kerabat kita mengenai doa-doa ini agar dapat diamalkan. Doa tersebut berguna untuk memohon pada Allah SWT agar calon pengantin mendapatkan jodoh yang baik sekaligus doa untuk memohon agar diberikan kelancaran hajatnya.

Perlu Naisha mate ketahui juga bahwa terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca saat melangsungkan pernikahan. Doa-doa yang dipanjatkan ini berisi tentang harapan untuk hal-hal kebaikan dalam pernikahan. Terlebih lagi pernikahan adalah suatu prosesi sakral yang menyatukan dua insan yang saling mengasihi dan merupakan ibadah terpanjang yang akan dijalani.

Berikut ini Naisha sudah merangkumkan doa-doa yang dapat kita panjatkan. Simak selengkapnya di bawah ini. Doa Resepsi Pernikahan.

Doa Setelah Akad 

Setelah akad nikah dilangsungkan, Rasulullah SAW menganjurkan para suami membaca doa kepada istri sambil memegang ubun-ubun istrinya. Berikut ini adalah doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Doa bagi tamu undangan

Keluarga dan tamu undangan yang hadir dalam acara akad nikah hendaknya juga turut mememberikan doa kepada pasangan yang tengah melangsungkan pernikahan. Naisha mate dapat membaca doa berikut ini ya.

بَارَكَاللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”.

Doa agar diberi keturunan

Pada saat hendak melakukan hubungan, pasangan suami isteri dianjurkan untuk membaca doa berikut ini dikutip dari Ibnu ‘Abbas ra ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

« لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ فَقَالَ بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا . فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

Jika salah seorang dari kalian (yaitu suami) ingin berhubungan intim dengan istrinya, lalu ia membaca do’a: (Bismillah Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa), “Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami”, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya” (HR. Bukhari no. 6388 dan Muslim no. 1434).

Kemudian selain doa dia atas, para pasangan suami istri yang mendambakan keturunan dari Allah SWT juga dianjurkan untuk membaca doa seperti yang disebutkan dalam QS. Ali-Imran ayat 38 berikut ini:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Hunālika da’ā zakariyyā rabbah, qāla rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

 

Baca juga: Doa Setelah Membayar Zakat dan Jenis Zakat yang Harus Kita Tunaikan

Naisha Mate, Yuk Kita Simak Amalan Doa Subuh Berikut Ini

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *