Keutamaan Ramadhan dan Bagaimana Cara Meraihnya

  • Whatsapp
keutamaan ramadhan

Bulan puasa ramadan adalah salah satu bulan yang penuh berkah. Keutamaan ramadhan tentu saja akan membuat kita seharusnya memahami bahwa kita harus berlomba-lomba dalam meraih kebaikan.

 

Keutamaan puasa ramadhan tentu saja menjadi salah satu momen kita untuk banyak berdoa dan menjadi salah satu momen kita untuk mendekatkan diri kepada Allah jauh lebih dekat lagi. Sehingga keutamaan ramadhan pada dasarnya perlu kita kaji lebih dalam lagi untuk mendapatkan sebuah momen penuh berkah yang takkan bisa terlewatkan.

 

Mengingat keutamaan ramadhan yang sangat luar biasa Anda harus memahami beberapa hal terkait dengan dalil keutamaan ramadhan. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini mengenai dalil keutamaan ramadhan lebih lengkap lagi.

Bulan ramadhan bagi umat Islam sangatlah besar. Bulan suci umat Islam ini menawarkan berlipat-lipat pahala dan pengampunan dosa bagi seluruh muslim. Memperbanyak ibadah di bulan yang penuh berkah ini tentunya menjadi sebuah keharusan.

Bulan ramadhan menjadi saat yang selalu dinanti-nanti bagi setiap orang karena berbagai keutamaannya. Berbagai dalil menyebutkan keistimewaan ramadhan yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang beriman dan melaksanakan amal saleh.

 

Dalil Keutamaan Ramadhan dan Cara Meraihnya

 

Bulan Ramadhan yang akan kita jumpai dalam hitungan hari ini merupakan salah satu bulan yang sudah dinanti-nanti oleh umat Islam di penjuru negeri. Terlebih di bulan ramadhan,  keutamaan bulan ramadhan sendiri tentu saja akan menambah timbangan pahala kita di akhirat kelak.

 

Pasalnya, bulan Ramadhan merupakan bulan di mana umat muslim akan dengan mudah mendapatkan keutamaan Ramadhan berupa limpahan pahala serta pengampunan dari Allah. Bulan penuh ampunan adalah bulan yang harus kita yakini.

 

Keutamaan Ramadhan ini juga dipaparkan dalam buku berjudul Misteri Bulan Ramadhan yang disusun oleh Yusuf Burhanudin (2007:28) yang memaparkan bahwa secara umum, hikmah dan keutamaan puasa bulan Ramadhan cukup banyak, salah satunya adalah mendekatkan diri pada Allah SWT.

 

Tak hanya itu, di bulan Ramadhan ini kita juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengampunan yang berlimpah dari Allah jika kita mau berpuasa dengan maksimal. Hal ini seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam hadits berikut ini:

 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni” (HR. Bukhari)

 

Kesempatan ini tentunya harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Karena selain mendapatkan pengampunan dosa-dosa, kita juga berkesempatan untuk meraih keutamaan Ramadhan lainnya yaitu mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini:

 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

 

Artinya: “Setiap amalan yang dilakukan anak Adam akan dilipat gandakan, tindakan yang baik akan dilipatgadakan pahalanya hingga 700 kali lipat. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku.” (HR. Muslim)

Deretan Keutamaan Ramadhan

Sederet keutamaan puasa Ramadhan tersebut tentunya dapat kita raih dengan memaksimalkan diri beribadah pada Allah dalam bulan Ramadhan. Hal ini juga disebutkan dalam buku berjudul Fiqhun-Nisa Shiyam-Zakat-Haji yang disusun oleh Adil Sa’di (2008:133) yang menyebutkan bahwa kita dapat meraih keutamaan puasa Ramadhan dengan bersungguh-sungguh selama bulan Ramadhan dengan cara berlomba-lomba memperbanyak amalan berpahala seperti membaca Alquran atau memperbanyak sholat sunnah.

 

Penjelasan mengenai sederet keutamaan  Ramadhan dan juga cara meraihnya dapat Anda jadikan sebagai tuntunan untuk meraih keutamaan puasa Ramadhan dan motivasi untuk meraih keutamaan Ramadhan. (DA)

Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Dari Thalhah bin Ubaidillah ra bahwa seseorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya, “Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?” Beliau menjawab, “Puasa Ramadhan”. “Apakah ada lagi selain itu?”. Beliau menjawab, “Tidak, kecuali puasa sunnah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Ramadhan yang Harus Diketahui :

1. Keutamaan Ramadhan Penuh keberkahan

Di bulan Ramadhan akan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai)

2. Diampuni dosa

Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagai mana yang disebutkan dalam hadits ini. “Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

Selain itu, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sholat lima waktu dan Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan, ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

3. Pahala dilipat gandakan

Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan. “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

4. Mendapat dua kebahagiaan

Keutamaan puasa ramadhan selanjutnya adalah memperoleh dua kebahagiaan. Pernahkah Anda mengetahui bahwa berbuka dan sahur adalah dua hal yang membuat kita bahagia sehingga bulan ramadhan ini tentu saja akan menghadirkan banyak sekali kebahagiaan bagi umat muslim. Bahkan Allah telah menjanjikan adanya kebahagiaan yang tak terkira.

“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” (HR. Muslim).

5. Dibukanya pintu surga

Keutamaan ramadhan yang terakhir adalah dibukanya pintu-pintu surga. Sehingga kita sebagai umat muslim harus menjadikan sebuah momen penuh berkah ini menjadi salah satu waktu terbaik untuk  memanjatkan berbagai  macam doa. Tak ada salahnya untuk memperbanyak  doa di  bulan ramadhan.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *