Jangan Berani Terhadap Suami, Ini Dia Dosa Istri pada Suami

  • Whatsapp
dosa istri pada suami

Suami adalah kepala rumah tangga yang mana artinya suami adalah imam yang akan menuntun keluarganya ke dalam surga-Nya. Itulah mengapa sebagai seorang istri tidak semestinya berani melawan suami, karena dosa istri pada suami sungguh berat hikumannya.

Dosa istri pada suami tentu saja harus di hindari karena hal  ini yang akan membuat istri akan masuk ke dalam neraka. Maka jangan pernah melawan perintah baik dari suami jika tidak ingin mendapatkan dosa istri pada suami.

Seperti apa hukum istri melawan suami dalam Islam? Simak ulasannya di bawah ini!

Dalam Islam, Allah SWT menciptakan laki-laki dan perempuan berpasang-pasangan agar di antara keduanya menjadi tentram. Setelah menjadi suami istri, maka akan timbul hak dan kewajiban masing-masing yang harus dipenuhi.

Penjelasan Dosa Istri pada Suami

Kehidupan berumah tangga tentu saja ada kalanya pasang dan surut. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang merasakan adanya rasa kesal. Namun dalam berumah tangga sebesar apapun masalah yang sedang di hadapi sudah selayaknya untuk membicarakan baik-baik guna menghindari beberapa   hal  yang terkait dengan sebuah dosa jariyah nantinya.

Dalam  tiang agama Islam,suami diharapkan mampu menuntun istrinya menjadi istri yang shalehah dan menghindari hal-hal  yang merujuk pada dosa istri pada suami. Sehingga istri harus memiliki sikap patuh terhadap suami.

Allah SWT berfirman: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan. Oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka perempuan yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)…,”. (QS AN-Nisaa: 34)

Dinginkan Hati dan Pikiran

Untuk menghindari dosa  istri pada suami tentu saja harus menenangkan hati dan pikiran agar ketika sedang berhadapan dengan masalah yang ada hanyalah hati dan pikiran yang  tenang bukan kemarahan.

Ketika berumah tangga tentu saja akan melewati banyak hal-hal yang menyenangkan, apalagi membangun keluarga adalah salah satu hal yang digolongkan sebagai ibadah tingkat tinggi, dan  tidak semua orang mampu melakukannya  karena beragam hal. Meski begitu, ada saatnya sebuah keluarga mengalami pertengkaran. Salah satu alasannya karena tidak terpenuhinya hak atau kewajiban dari pasangan. Sebagai istri yang baik, seorang perempuan harus mentaati suaminya. Sebab, ada hukum istri melawan suami.

Bahkan, Allah SWT dalam sambungan ayat di atas memberikan indikasi bahwa akan ada istri yang melawan suaminya. Sehingga, Allah memberikan petunjuk atas apa yang harus dilakukan oleh suami jika istri mulai melawan suami.

Allah SWT berfirman: “… Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,”. (QS An-Nisaa: 34)

Dosa Istri pada Suami dalam Islam

Dalam Islam, istri tidak mematuhi suami dan cenderung melawan suami, biasanya tidak lagi mematuhi perkataan suami dan tidak lagi memperdulikannya disebut dengan nusyuz.

Agama Islam sudah mengatur semuanya tentang kewajiban seorang istri terhadap suaminya. Firman-firman Allah dan hadits Rasulullah menjadi rujukan bagi umat Islam. Jangan melanggar apa yang sudah diatur dan sesuai syariat apalagi sampai membuat peraturan-peraturan sendiri.

Sekarang tidak sedikit dijumpai seorang istri yang membangkang kepada suaminya, berkelakuan tidak baik terhadap suaminya, bahkan ada sampai memaki suaminya. Padahal suaminya merupakan seseorang pria yang saleh, baik akhlaknya, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Tidak salah perempuan lebih banyak menjadi penghuni neraka. Sabda Rasulullah SAW : “Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita, disebabkan mereka kufur“. Ditanyakan: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau bersabda: “Mereka kufur kepada suami, kufur terhadap kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja kejelekan darimu maka dia akan berkata: ‘Aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu“ (HR : Bukhari dan Muslim).

7 Dosa Istri pada Suami, Nomor 6 Kebiasaan Tiap Hari

Untuk para istri jangan sampai mendekati dosa istri pada suami jika tidak ingin mendapatkan beberapa hal yang tak di ridhoi oleh Allah. Sehingga Anda harus menyimak beberapa hal di bawah ini mengenai berbagai macam dosa istri pad suami, agar kita semua memahami dan sadar apa saja yang tak boleh dilakukan kepada suami yang sudah menjadi imam.

1. Tidak taat Pada Suami

Ketika seorang wanita menjadi istri, maka dia harus taat sepenuhnya pada suami. Patut secara totalitas, tentu taat dan patut disini dalam hal yang baik. Maka bila suami meminta melakukan ini itu, istri wajib menurutinya selama tidak bertentangan dengan perintah Allah. Jika istri membangkang, maka itu sebuah dosa besar baginya.

2. Membicarakan Kekuarangan/Aib Suami kepada Orang lain

Ini harus dijauhi. Jika terus menerus dilakukan ini bisa menjadi sebab berkurangnya keharmonisan rumah tangga bahkan bisa retak. Dan tentu saja dosa besar untuk istri yang melakukan perbuatan tersebut. Itulah mengapa pada dasarnya jika ada keburukan dari suami maka tidak semestinya bahkan haram jika istri menyebarkan aib suaminya sendiri terhadap orang lain.

3. Menolak Ajakan Suami di Tempat Tidur

Selama tidak ada udzur syar’i yang menghalangi istri untuk melayani suami, maka dia wajib memenuhi permintaan suami. Tapi jika menolak tanpa alasan siap-siaplah mendapat kutukan dari para malaikat sampai pagi.  Bahkan perintah suami hal sehari-haripun bisa menjadi ladang pahala bagi para istri. Maka jangan pernah untuk menolak ajakan suami ketika di tempat tidur.

4. Cemburu Buta Berlebihan

Sangat wajar jika seorang istri memiliki rasa cemburu selama itu wajar dan sesuai koridor syar’i. Tapi jika itu hanya cemburu buta dan sangat berlebihan maka berhati-hatilah. Karena bila sifat itu dipelihara, hatinya akan dipenuhi buruk sangka, dan menjadi awal mula pertengkaran yang lebih besar.  Jangan pernah melakukan ini pada suami jika tidak ingin Allah marah kepada kita, pasalnya rasa cemburu yang berlebihan datangnya dari syaitan dan kita haruslah menahan amarah dalam hal ini.

5. Keluar Rumah Tanpa Meminta Izin pada Suami

Jika suami sedang bekerja di luar, dan kamu sedang ada keperluan keluar walau hanya ke pasar membeli sayur maka wajib untuk meminta izin. Bila istri melanggar, maka itu adalah perbuatan dosa.

6. Berhias Bukan untuk Suami

Apabila saat bersama suami tampil seadanya, tetapi keluar rumah berhias diri maka harus dihentikan sebab itu perbuatan dosa karena bisa menjadi fitnah bagi kaum lelaki.

7. Tidak Menghormati Keluarga Suami

Wanita yang tidak menghormati mertuanya atau anggota keluarga suaminya, bukanlah wanita yang baik.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *