Hadist Tentang Sedekah dan Hukum Bersedekah dalam Islam

  • Whatsapp

Dalam agama islam kita selalu dianjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan. Salah satunya adalah dengan kita berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Hadist tentang sedekah

Dalam agama Islam  hal ini disebut dengan sedekah. Setiap umat muslim dianjurkan untuk bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Selain untuk  membantu sesama manusia, sedekah juga akan mendatangkan berbagai kebaikan lainnnya dan tentunya juga akan mendatangkan pahala.

Lebih lanjut, berikut Naisha telah merangkumkan tentang hukum yang mendasari sedekah dalam Islam, dan keutamaan bersedekah

Hukum bersedekah dalam agama Islam

Hukum sedekah dalam Islam ialah sunah atau akan mendapatkan pahala apabila dilakukan. Dan tidak mendatangkan dosa ketika dilakukan, namun lebih baik lagi jika kita melakukannya.

Namun perlu kita ketahui bahwa sedekah dapat berubah hukumnya menjadi wajib apabila seorang muslim telah mampu atau sudah berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan.

Misalnya, apabila Naisha mate memiliki makanan yang cukup, sementara ada orang lain yang kelaparan, maka hukumnya wajib bagi Naisha mate untuk bersedekah. Hukum sedekah juga menjadi wajib apabila seseorang telah bernadzar untuk bersedekah, jadi harus tetap dilaksanakan.

Dalil tentang bersedekah

Dalam Alquran surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk melakukan sedekah dan  Allah telah berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. Al-Talaq: 7)

Dikatakan bahwa Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang bersedekah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran pada surat Al-Baqarah ayat 276 yang artinya:

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.” (QS. Al-Baqarah: 276).

Hadist tentang sedekah

Hadist mengenai sedekah yang paling utama diriwayatkan Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hadist tentang sedekah

Berikut ini adalah dalil tentang keutamaaan bersedekah

  1. Sedekah tak akan membuat seorang muslim miskin

Allah akan mempahkan rizki kepada siapa saja yang bersedekah. Sebagaimana firman Allah berikut ini.

Hal ini telah diterangkan dalam Alquran, Allah SWT berfirman yang artinya, “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ ayat 39)

Sebuah hadist juga menjelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki. Melainkan, Allah SWT bahkan akan mengangkat derajat seorang muslim yang bersedekah kepada sesama. Hadist tentang sedekah

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

  1. Sedekah dapat membukakan pintu rizki

Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW  pernah bersabda yang artinya:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).”” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Allah SWT akan melipat gandakan pahala kita

Seeperti yang kita ketahui bahwa sedekah menjadi salah satu amalan yang berpahala besar. Apabila ada seorang muslim yang menyedekahkan sebagian harta bendanya akan Allah SWT ganti dengan pahala berlipat ganda. Meski pun sedekah yang mereka keluarkan tidak banyak

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran bahwa Allah SWT berfirman yang artinya:

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai: tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al- Baqarah ayat 261).

Baca juga: Amalkan Doa Meminta Anak Berikut ini, Agar Segera Diberi Keturunan

Kemudian dalam ayat yang lainnya, Allah SWT juga telah berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Diterangkan dalam sebuah hadis bahwa harta yang disedekahkan akan diganti hingga sebesar gunung.

Dari Abu Hurairah RA, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal) -dan memang Allah tidak menerima kecuali yang baik saja-, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu akan memeliharanya untuk pemiliknya -sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya- hingga membesar seperti gunung”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  1. dapat melindungi diri dari panasnya alam kubur dan api neraka

Salah satu keutamaan dari sedekaha adalah akan menjadi penolong dari panasnya alam kubur. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

Barang siapa yang rajin bersedekah juga akan terhindar dari siksa api neraka. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Jauhilah neraka walupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim.)

  1. Menjadi penolong dinhari kiamat

Tak hanya membawa kebaikan saat di dunia dan akhirat, namun sedekah juga akan melindungi seorang muslim kelak di hari Kiamat .

Dari Abu Hurairah RA bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Dijelaskan juga di dalam riwayat lainnya, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”(HR Ahmad).

begitulah penjelasan singkat dari Naisha mengenai hukum sedekah, dalil sedekah, serta keutamannya berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Quran dan sabda Rasulullah SAW yang dijelaskan melalui hadist bersedekah.

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

kebaikan sedekah
Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *