Merasa Mudah Marah? Baca Doa Mencegah Marah Berikut Ini !

  • Whatsapp

Dalam menjalani hidup kadangkala saat kita menjalani hidup sesuatu terjadi diluar kendali kita. Bahkan terkadang menguras emosi negatif dalam diri kita hingga menyebabkan kita marah.  Doa Mencegah Marah

Perasaan marah, kecewa, dan gelisah memanglah sesuatu yang wajar untuk hadir dalam hidup kita, seperti halnya rasa senang, bahagia atau lainnya. Namun ketika perasaan memenuhi hati, tidak jarang berujung pada kekerasan baik terhadap benda mati maupun manusia lainnya. Terkadang kita juga menjadi tidak sengaja menyakiti orang lain karena kita lepas kendali.

Sebagai seorang manusia biasa tentunya kita pasti pernah merasakan amarah. Sebagaimana yang kita bahas sebelumnya bahwa rasa marah  merupakan bentuk emosi yang lumrah ada pada setiap manusia. Namun sayangnya, sekali lagi tidak sedikit individu yang sulit mengendalikan amarah mereka.

Hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain tentunya. Oleh karena itu, ada baiknya kita meredam emosi, karena kita lah yang mengendalikan emosi dan bukan malah yang dikendalikan oleh emosi kita.

Namun perlu kita akui bahwa, terkadang menahan amarah menjadi tindakan yang sulit dilakukan oleh kebanyakan manusia. Walaupun marah itu adalah sesuatu yang manusiawi, Allah memuji orang yang menahan amarah, cenderung memaafkan orang lain dan dapat bersabar.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Quran

..wal kaadzimiinal ghayda wal ‘aafiina ‘aninnaas

“…dan orang-orang yang menahan amarah dan suka memaafkan orang lain.” (QS. Ali Imran: 134)

Rasulullah SAW juga memberikan pujian terhadapa siapapun hamba Allah SWT yang mampu meredam amarahnya. Bahkan menurut Rasulullah, mereka yang mampu menahan amarahnya merupakan orang yang lebih kuat daripada pegulat handal.

Rasulullah SAW bersabda tentang hal ini dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

Laysa syadiidu bisshura’ah, innama syadiidul ladzii ya malliku nafsahu ‘indal ghadab

“Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, sungguh orang yang kuat adalah yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk bisa menahan amarahnya ketika hati sedang bergejolak. Rasulullah SAW tentunya juga mengajarkan sebuah doa yang dapat kita baca untuk meredam amarah kita. Doa Mencegah Marah

Doa Mencegah Marah

Allaahummaghfirlii dzanbii, wa adzhib ghaizha qalbii, wa ajirnii minas syaithaani.

Artinya : “Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan.”

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya, salah satu cara untuk menahan amarah adalah dengan bersabar. Sudah tahukah Naisha mate keutamaan bersabar? Berikut ini adalah dalilnya.

Pentingnya sifat sabar juga dijelaskan dalam Al-Quran Surat Az-Zumar ayat 10 yang berbunyi:

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersabar akan dipenuhi pahala mereka tanpa hitungan.”

Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa Allah akan melimpahkan pahala kepada siapa saja yang dapat bersabar.

Kemudian dalam sebuah hadist juga diterangkan bahwa Rasullullah SAW bersabda,

“Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, sungguh orang yang kuat adalah yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam buku Dahsyatnya Sabar, Sykur, Ikhlas, Muhammad SAW oleh Amirulloh Syarbini & Jumari Haryadi, juga dijelaskan arti sabar secara bahasa adalah menahan (alhabsu). Menahan ini bisa dalam hal menghadapi cobaan seperti sakit berat, pekerjaan yang melelahkan, dan hawa nafsu (termasuk emosi dalam diri kita).

Dilansir dari laman NU Online, sabar merupakan perasaan rela menerima sesuatu yang tidak disenangi dengan rasa ikhlas serta berserah diri kepada Allah.

Agar Naisha mate selalu diberikan kesabaran dan ketenangan, berikut ini adalah bacaan doa memohon kesabaran kepada Allah yang perlu diketahui umat Muslim.

Baca juga: √ 50+ Model Gamis Remaja Kekinian Terbaru 2021

Doa untuk Memohon Kesabaran

Doa untuk memohon kesabaran ini mengambil dari firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 250.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh alainaa shabra wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa alal qaumil kaafiriin

Artinya: “Ya Tuhan kami, tuangkan lah kesabaran atas diri kami, dan kokohkan lah pendirian kami dan tolong lah kami terhadap orang-orang kafir.”

Doa Memohon Kesabaran dan Ketenangan Jiwa

Dalam buku Majmu Syarif oleh Mujahidin Nur, berikut ini merupakan bacaan doa agar mendapatkan ketenangan dalam menghadapi setiap permasalahan.

Rabbana afrigh alayna shabraan wa tsabbit aqdaamana wa ansurna ala al-qawmi al-kaafiriina. Rabbana laa tuzigh quluubana ba’da idh hadaytana wa hab lana milladunka rahmah innaka antal wahhab. Allahumma tsabbitnii an azilla wahdini an adhilla. Allahuma kama hulta bayni wa bayna qalbi fahlul bayni wa baynasy syaithani wa’amalihai. Allahumma inni as-aluka nafsan muthmainnatan tu’minu biliqa-ika wa tardha biqadhaika wa taqna’u bi’atha-ika.

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, limpahkan kesabaran atas kami, tetapkanlah kedua telapak kaki kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir. Ya Tuhan kami janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau tunjuki dan berilah kami dari hadirat-Mu rahmat karena Engkau Maha Pemberi, Ya Allah kokohkan lah aku dari kemungkinan terpelesetnya iman dan berilah aku petunjuk dari kemungkinan tersesat. Ya Allah sebagai mana Engkau telah memberi penghalang antara aku dan hatiku dan berikanlah penghalang antara aku dengan setan serta perbuatannya. Ya Allah aku mohonkan pada-Mu jiwa dan ridha atas putusan-Mu serta merasa cukup puas dengan pemberian-Mu.”

Semoga dengan doa-doa tersebut kita dapat menahan amarah kita. Dan kita menjadi golongan orang-orang bersabar yang disenangi oleh Allah SWT. Apalagi dengan kita bersabar Allah akan melimpahkan pahala bagi kita.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

allaahummaghfirlii dzanbii wa adzhib ghaizha qalbii wa ajirnii minas syaithaani
Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *