Doa Agar Hati Tenang dan Tips-Tips Agar Hati Menjadi Tenang

  • Whatsapp

Naisha mate, hati dan pikiran adalah sesuatu yang tidak dapat kita lihat dengan mata kita, akan tetapi dapat kita rasakan. Kemudian apabila dilihat dari sisi psikologisnya manusia juga memiliki emosi yang cenderung naik turun. Terkadang kita merasa senang, bahagia, terharu. Namun kadangkala  emosi negatif juga menghampiri misalnya kecewa, galau, sedih, marah, gelisah dan lain sebagainya. Doa Agar Hati Tenang

Dalam hidup kita, emosi yang kita rasakan tidak selalu emosi positif seperti senang, bahagia, suka cita, atau lainnya. Sehingga semua itu terkadang membuat hati kita menjadi tidak tenang.

Perlu Naisha mate ketahui bahwa hal ini tidak terjadi begitu saja, namun juga peran dari stressor dari sekeliling kita yang mempengaruhi suasana hati kita. Apalagi jika kita mengahadapi suatu permasalahan yang menguras tenaga serta mental kita. Hati kita biasanya akan merasa sedih, gelisah, cemas atau tidak tenang.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan agar diri kita menjadi tenang adalah dengan kita berdoa kepada Allah. Kita berdoa, memohon untuk diberikan pertolongan dari Allah dan berserah diri kepada Allah. Agar segala permasalahan yang kita hadapi segera selesai dengan baik dan hati kita menjadi lebih tenang.

Nah berikut ini telah Naisha rangkumkan akan mengenai doa agar hati tenang dan juga tips agar hati kita menjadi tenang. Karena seberat apapun permasalahan yang sedang kita hadapi, kita harus yakin bahwa kita mampu melaluinya. Karena Allah akan memberikan cobaan kepada kita sesuai dengan kemampuan kita.

Doa Agar Hati Tenang

Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Gelisah

 

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa Penenang Hati

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Tentunya dengan membaca doa tersebut hati akan menjadi lebih tenang dan merasa nyaman. Dan semoga kita dapat melewati dan melepaskan perasaan cemas dan gelisah beserta emosi negatif lainnya. Selain berikhtiar dengan membaca doa kita juga bisa mengalihkan pekiran kita ke hal-hal yang positif. Misalnya saja dengan melakukan hal yang kita sukai, seperti mengaji, berolahraga atau hal positif lainnya. Dan berikut ini telah Naisha rangkumkan tips menangkan hati dari sisi psikologis:

Tips-tips menenangkan hati

Cara berikut ini dapat kita lakukan untuk menjadikan hati lebih tenang dan terhindar dari rasa cemas serta gelisah berkepanjangan.

  1. Cobalah untuk melakukan relaksasi pernafasan

Bernapas lah dengan dengan tenang dan lakukan secara perlahan-lahan. Pertama cobalah untuk fokuskan pikiran terlebih dahulu, kemudian tariklah nafas secara perlahan-lahan, lalu tahan tiga detik, dan selanjutnya hembuskan secara perlahan-lahan juga. Lakukanlah pernafasan seperti ini hingga hingga kita dapat merasa lebih tenang.

  1. Menyadarkan diri dengan cara mengembalikan fokus kita

Lakukan dengan fokus, pertama-tama mulailah sadari kita sedang berada di mana. Kemudian cobalah untuk menyebutkan 4 barang apa saja yang dapat kita lihat. Lalu lanjutkan dengan menyebutkan 3 barang yang bisa kita pegang. Kemudian rasakan aroma apa saja yang kita hirup saat itu. Dengan tetap bernafas secara perlahan dan tenang kita juga dapat menghitung mundur misalnya mulai dari 100 sampai dengan 1.

  1. Alihkanlah diri Naisha mate padahal-hal yang positif.

Tentunya kita bisa memulainya dengan melakukan apa saja yang menjadi hobi kita. Kita bisa menulis, memancing, memasak, kemudian berolah raga ataupun aktivitas lainnya. Hal ini dilakukan agar kita tidak hanya terfokus pada perasaan gelisah atau cemas tersebut.

  1. Visualisasikan diri kita tenang

Naisha mate dapat mencoba melakukan relaksasi pernafasan seperti yang sudah dijelaskan pada nomor satu. Sekarang, mari kita coba untuk coba mejamkan mata, kemudian mari bernafas secara perlahan-lahan, kemudian tahan sebentar dan hembuskan secara perlahan. Lalu sekarang cobalah untuk membayangkan Naisha mate sedang berada di tempat yang membuat Naisha mate merasa nyaman, tentram, sehingga tempat tersebut dapat membuat hati Naisha mate tenang dan menyenangkan.

  1. Mendengarkan musik

Mari kita istirahat sejenak dari aktivitas kita dan beralih mendengarkan musik favorit kita. Atau bisa juga Naisha mate mencoba untuk mendengarkan musik relaksasi, bahkan Naisha mate juga bisa mencoba untuk mendengarkan muratal Al-Quran utnuk membuat hati menjadi lebih tenang.

  1. Relaksasi otot

Saat kita sedang marah,atau cemas tentu otot-otot dalam tubuh kita juga akan ikut tegang. Oleh karena itu, mari kita berlatih relaksasi otot agar dapat membantu kita dalam menenangkan dan memusatkan perhatian kita. Untuk melakukan ini, sekarang cobalah untuk ambil posisi berbaring di lantai dengan meletakkan kedua tangan berada di samping badan. Pastikan bahwa tangan dan kaki kita lurus dan tidak mengepal. Mulailah dari jari kaki  dan katakan pada diri kita untuk melepaskan emosi negatif seperti rasa sedih, marah atau yang lainnya bersamaan dengan nafas yang kita hembuskan. Lalu biarkan diri kita tetap rileks. Kemudian biarkan rasa rileks tersebut perlahan naik ke bagian tubuh lainnya hingga sampai pada kepala. Lakukan secara rutin dan berulang.

  1. Cobalah mengekspresikan diri dengan menulis

Naisha mate bisa mencoba untuk menumpahkan emosi yang dirasakan melalui tulisan. Kemudian lepaskanlah semua rasa kegelisahan dan kecemasan tersebut pada tulisan-tulisan itu.

  1. Carilah udara segar

Carilah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, atau Naisha mate juga bisa menyempatkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan di tempat yang sejuk. Sehingga hati Naisha mate dapat merasa nyaman.

  1. Mengobrol dengan orang yang dipercaya

Naisha mate juga dapat mencoba menceritakan permsalahan yang sedang dialami pada orang yang dipercaya, misalnya dengan ustad agar mendapat pencerahan dari sisi religiusitas. Atau apabila Naisha mate merasa permasalahan tersebut sangat berat Naisha mate datang ke psikolog untuk melakukan sesi konseling.

 

Itulah doa agar hati tenang dan beberapa tipsuntuk menenangkan hati. Semoga hal di atas dapat membantu Naisha mate untuk menghindari rasa cemas dan gelisah. Dan semoga Naisha mate selalu dilimpahkan kebahagiaan. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *