Jurus Jitu Hidup Sehat Ala Rasulullah Aman Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Kesehatan adalah salah satu yang memang wajib untuk diupayakan. Tak pernah memungkiri jika sehat menjadi nikmat Allah yang sangat luar biasa. Hidup sehat ala Rasulullah adalah sebuah pilihan tepat.

Nikmat sehat masuk dalam nikmat Allah yang luar biasa. Maka dari itu tak ada salahnya kita sebagai umat muslim haruslah menjaga kesehatan. Di bawah ini akan di berikan hidup sehat ala Rasulullah. Simak yuk beberapa jurus jitu  hidup sehat ala Rasulullah.

1. Cara tidur Nabi Muhammad

Lelaki yang dikenal sebagai dokter Sunnah Rasul itu mengatakan cara hidup sehat ala rasul bisa dimulai dengan cara tidur, di mana beliau jarang begadang, dan diusahakan tidur selepas salat Isya.

“Waktu tidur itu adalah waktu yang paling efektif tubuh kita untuk meremajakan dirinya, dan waktu tidur Nabi Muhammad SAW adalah beliau umumnya tidur setelah Isya. Nanti tengah malam sekitar jam 1 atau jam 2 bangun untuk salat malam,” ujar dr. Zaidul.

Tidur lelap di malam hari bisa merangsang terbentuknya gold hormon pada pukul 10 hingga jam 12 malam. Sehingga banyak riset yang menunjukkan hubungan tidur dengan penyakit

“Nanti nabi tidur lagi antara azan dan iqomah subuh tidur sebentar, kemudian nabi tidur lagi siang sebentar. Maka itu patuhi waktu tidur, jangan suka begadang kalau nggak penting,” jelasnya.

Begadang adalah aktivitas yang umum dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi anak-anak muda. Begadang menjadi kesempatan untuk melakukan banyak hal, dari mulai untuk mengerjakan kepentingan umat, tugas pribadi, atau sekadar untuk ngobrol yang tidak ada manfaatnya.

Pada salah satu hadis riwayat Jabir RA, Nabi Muhammad Saw bersabda: “Jangan begadang setelah Isya. Kalian tidak mengetahui apa yang telah ditetapkan oleh Allah pada makhluk-Nya.” (HR.Al-Hakim).

 

2. Matikan lampu sebelum tidur

Dokter umum lulusan Kedokteran Universitas Diponegoro itu mengakui ada beberapa orang terbiasa tidur dengan lampu menyala. Namun adab tidur Rasulullah melakukan tidur dengan lampu redup, ini agar tubuh benar-benar istirahat dan meregenerasi organ di dalamnya.

“Kalau yang biasanya tidur tidak memungkinkan untuk mati lampu, maka matikan lampu karena otak kita menangkap sinyal dari mata dari cahaya,” paparnya.

Mematikan lampu sebelum tidur juga akan memberikan efek menenangkan sehingga tidur di harapkan akan lebih maksimal lagi.

 

3. Hidup Sehat Ala Rasulullah dengan Puasa

Hormon estrogen pada perempuan memang bisa melindungi dari penyakit tulang, jantung, dan kanker. Sayangnya, hormon akan berkurang seiring usia perempuan yang kian menua.

Tapi dr. Zainul menyoroti keberadaan sel dalam kromosom yang dikenal telomer, yang bisa memanjang dan bisa membuat lebih awet muda. Telomer ini umurnya bisa diperpanjang dengan cara berpuasa.

“Kalau telomer ini bisa lebih diperpanjang dengan cara berpuasa. Kalau boleh saya katakan, di usia 50 tahun ini, itu waktu yang paling tepat Anda untuk menjalankan puasa-puasa sunnah,” jelasnya.

 

4. Hidup Sehat Ala Rasulullah Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak, cara hidup Rasulullah sehari hari tersebut, atau disebut sunnah beliau yang sampai saat ini masih diikuti umatnya.

Kebersihan adalah sebagian dari Iman yang mana kebersihan tentu akan membuat jiwa menjadi jauh lebih tenang. Hidup sehat ala Rasulullah dengan terus menjaga kebersihan akan memudahkan kita untuk endapatkan kualitas hidup yang sangat baik.

 

5. Menjaga Pola Makan

Hidup sehat ala Rasulullah berikutnya adalah di pagi hari suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Hidup Sehat Ala Rasulullah Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al hijamah.” (HR. Ahmad)

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori).

Bekam diyakini bisa untuk menyembuhkan berbagai penyakit di antaranya asam urat, batuk, asma dan lain-lain. Manfaat berbekam dapat dirasakan karena ada 3 faktor yaitu pengeluaran darah kotor atau darah yang berpotensi mengandung toksin, perbaikan fungsi organ tubuh dan penambahan antibodi tubuh.

Terapkan Hidup Sehat Ala Rasulullah

 

Sudahkah Anda memahami  beberapa jurus jitu hidup sehat ala Rasulullah.  Jadikan  jurus jitu di atas agar kita menjadi jauh lebih baik. Nimat yang sangat luar biasa dalam hidup adalah kesehatan tubuh dan jiwa.

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *