Hikmah Beriman Kepada Malaikat yang Perlu Kita Ketahui

  • Whatsapp
hikmah beriman kepada malaikat

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah – Dalam cerita rakyat umum, malaikat dianggap sebagai kekuatan alam, gambar hologram atau sebuah ilusi yang baik. Hikmah beriman kepada malaikat Allah memang perlu kita pahami.

Orang Barat terkadang menggambarkan malaikat sebagai bayi kerubin yang gemuk, atau pria yang tampan dan rupawan, atau wanita muda nan cantik dengan lingkaran cahaya yang mengelilingi kepala mereka. Hikmah beriman kepada malaikat padahal jauh lebih tinggi yang mana akan membuat kita merasa percaya bahwa Allah yang menyeru pada malaikat untuk memberikan banyak hal kepada kita.

Namun, dalam agama Islam, malaikat adalah makhluk ciptaan Tuhan yang nyata. Malaikat sendiri tidak bisa terlihat dengan kasat mata manusia. Malaikat bukanlah objek yang harus disembah atau didoakan. Malaikat tunduk kepada Tuhan dan menjalankan perintahnya.

Dalam pandangan agama Islam, tidak ada malaikat yang jatuh. Mereka tidak terbagi menjadi malaikat baik atau malaikat jahat. manusia tidak menjadi malaikat setelah menemui ajalnya. Setan bukanlah malaikat, tapi setan adalah golongan jin.

Di dalam agama Islam, malaikat harus diimani keberadaannya, harus dipercaya. Mengimani keberadaan malaikat ada di rukun iman yang kedua. Di bawah ini akan dijelaskan iman kepada malaikat beserta nama-nama malaikat yang dipercayai dalam agama islam.

Fungsi Beriman Kepada Allah Dalam Keseharian Kita

Tentunya perlu untuk kita ketahui bersama bahwa beriman kepada malaikat-malaikat Allah memiliki fungsi atau manfaat penting di dalam kehidupan keseharian kita, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, membuat kita berusaha dengan sungguh-sungguh untuk senantiasa menjadi muslim yang bertakwa kepada-Nya.

Kedua, iman kepada malaikat ini bisa memberikan kita dorongan untuk kita semakin yakin akan hadirnya kekuasan Allah Ta-ala.

Ketiga, salah satu malaikat Allah adalah malaikat yang bertugas mencabut nyawa. Dengan ini kita akan selalu ingat dengan kematian dan berusaha untuk mengisi kehidupan keseharian dengan perbuatan baik.

Keempat, kita selalu berusaha untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk karena ada malaikat yang mencatat amal baik dan buruk kita.

Kelima, senantiasa qonaah dan bersyukur dengan apa yang didapatkan dari rezeki kita karena Allah tidak akan pernah salah membagi-bagikan rezeki-Nya melalui malaikat-Nya.

Dan tentunya masih banyak lagi fungsi, manfaat, faidah dari iman atau sikap percaya kita kepada malaikat-malaikat Allah.

Hikmah Beriman kepada Malaikat Apa Perlunya Kita Percaya Adanya Malaikat?

Hikmah beriman kepada malaikat pada dasarnya mengunkapkan bahwa kita percaya akan adanya malaikat di dunia ini. Untuk memahaminya kita harus percaya bahwa beriman kepada malaikat memang harus kita lakukan.

Setelah kita membaca dan memahami mengenai hikmah dan fungsi dari beriman kepada malaikat Allah Ta’ala, maka kita akan menyadari betapa perlunya kita percaya akan adanya malaikat karena hal ini sangat penting sekali bagi kehidupan kita.

Dengan hadirnya rasa percaya kita akan adanya malaikat, semoga saja ini akan semakin membuat kita semangat dalam berbuat kebaikan.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Kewajiban Kita Terhadap Malaikat Allah Subhanahu wa Ta’ala

Setelah kita mengetahui betapa perlu dan pentinya iman kepada malaikat ini, kita wajib beriman akan adanya malaikat-malaikat Allah.

Selain itu, kita juga wajib mengimani bawah malaikat-malaikat memiliki nama, sifat, dan tugas tertentu yang dikehendaki oleh Allah Ta’ala.

Di bawah ini akan di jelaskan beberapa hal yang mana menjadi sifat-sifat dari malaikat yang perlu kita ketahui. Simak beberapa di antaranya di bawah ini :

Sifat-Sifat Malaikat

  • Malaikat selalu bertasbih siang dan malam (tidak ada hentinya).
  • Tidak pernah melakukan dosa (maksiat) dan selalu mengamalkan apa yang diperintah oleh Allah SWT.
  • Mempunyai sifat malu.
  • Mempunyai kekuatan dan kecepatan cahaya.
  • Tidak pernah lelah melakukan apa yang diperintahkan-Nya.
  • Tidak makan dan minum.
  • Dapat berubah wujud.
  • Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, makan, tidur, lapar, dan lainnya.
  • Selalu taat dan takut kepada Allah SWT.

10 Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Perlu kita sadari bahwa beriman kepada malaikat memiliki beberapa hikmah yang memang akan kita sadari. Simak hikmah beriman kepada malaikat Allah di bawah yuk!

  1. Merupakan bentuk dari taqwa kita kepada Allah Ta’ala.
  2. Memperkuat rasa keimanan kita terhadap Allah Ta’ala.
  3. Semakin takjub akan kebesaran Allah Ta’ala.
  4. Merasa diawasi sehingga berpikir dulu sebelum berbuat.
  5. Semangat dalam berbuat kebaikan karena ada malaikat yang mencatat.
  6. Tidak menjadi takabur dengan amal sholeh.
  7. Menghindari keinginan untuk berbuat dosa dan maksiat.
  8. Menumbuhkan rasa pengagungan kita kepada Allah Ta’ala.
  9. Membuat kita sadar akan adanya alam ghaib yang kita tidak tahu.
  10. Menjadi semakin yakin akan pertolongan dari Allah Ta’ala.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah yang Lainnya

  • Wujud kesempurnaan dari iman kita kepada 6 rukun iman yang ada.
  • Menghidari manusia dari perbuatan buruk atau tercela.
  • Membuat manusia semakin berlomba-lomba di dalam kebaiakan.
  • Membuat kita semakin cinta dengan amal sholeh.
  • Semakin bersyukur kepada Allah dengan adanya malaikat.
  • Menjadi takut dengan hisab jika melakukan perbuatan maksiat.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya dari hikmah iman kepada malaikat.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *