Doa Menutup Mata Mayat dan Doa untuk Orang Meninggal

  • Whatsapp

Hukum menutup mata jenazah adalah sunnah. Oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan doa menutup mata mayat / jenazah yang matanya masih terbuka.

Salah satu ajaran Islam yang berkaitan dengan kepengurusan Jenazah adalah menutup mata orang yang meninggal. Dalam kitab Al-Adzkar halaman 131, karya Mahyuddin Abi Zakariya Yahya bin Syarif Nawawi,  Rasulullah bersabda;

روينا في صحيح مسلم وَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ  و اسمها هند, رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : دَخَلَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى أَبِي سَلَمَةَ رضي الله عنه وَقَدْ شُقَّ بَصَرُهُ فَأَغْمَضَهُ, ثُمَّ قَالَ: “إِنَّ اَلرُّوحَ إِذَا قُبِضَ, اتَّبَعَهُ الْبَصَرُ” فَضَجَّ نَاسٌ مِنْ أَهْلِهِ, فَقَالَ: “لَا تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِلَّا بِخَيْرٍ. فَإِنَّ اَلْمَلَائِكَةَ تُؤَمِّنُ عَلَى مَا تَقُولُونَ

Diriwayatkan oleh Imam Muslim. Yang bersumber dari Ummu Salamah, namanya Hindun, semoga Allah melimpahkan karunia atasnya, Ummu Salamah bercerita: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumah Abu Salamah. Pada saat itu Rasul melihat matanya (baca; abu Salamah) masih dalam keadaan terbuka (padahal Abu salamah sudah wafat), lalu beliau pun menutup mata tersebut.

Kemudian Rasul bersabda: “Sesungguhnya apabila ruh itu bila dicabut dari manusia, maka pandangan matanya pun mengikutinya (baca; terbuka)”. Mendengar Sabda Rasulullah tersebut, keluarga besar Abu salamah menjerit, karena mereka tersadar bahwa Abu Salamah telah wafat. Melihat mereka menjerit, kemudian Rasulullah menasehati mereka. Rasulullah SAW bersabda: “Jangan kamu berdoa kecuali demi kebaikan, karena sesungguhnya malaikat itu mengamini apa  saja yang kamu katakan.

Doa Menutup Mata Mayat

Berikut ini adalah doa menutup mata jenazah yang matanya masih terbuka. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ (لِفُلاَنٍ) وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِيْ عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَافْسَحْ لَهُ فِيْ قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ

Allaahummaghfir (lifulaan) , warfa’ darojatahu fil mahdiyin, wakhlufhu fii ‘aqibihil  ghoobiriin, waghfir lanaa wa lahu, yaa robbal ‘aalamiin, wafsah lahu fii qobrihi wa nawwir lahu fiihi.

Artinya; Ya Allah, ampunilah ( Sebut nama mayat tersebut), Ya Allah angkatlah derajatnya beserta orang-orang yang mendapat petunjuk dari mu, berilah penggantinya bagi orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Dan ampunilah kami dan ampunilah dia, wahai Tuhan sekalian alam semesta. Lebarkan kuburannya dan berikanlah cahaya dialam kuburnya.

Selain doa diatas  terdapat  juga doa lain, yang diajarkan Rasulullah SAW. Doa ini bersumber dari riwayat  Imam Baihaqi. inilah doanya;

بسم الله و على ملة رسول الله صلى الله عليه و سلم

Bismillah wa a’la millati rasul lillahi sallohu alaihi wa sallam

Artinya; Dengan Nama Allah dan atas agama Allah.

Demikianlah doa menutup mata jenazah yang matanya terbuka, yang diajarkan oleh Rasullullah. Kemudian dibawah ini juga telah Naisha Rangkumkan doa-doa yang dapat kita panjatkan ketika ada orang yang meninggal.

Baca juga: Doa Agar Dilunasi Hutang dan Mendapatkan Rizki yang Berkah

Doa Untuk Orang Meninggal Laki – Laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا

اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ

اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.

Allaahummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghaaibinaa washaghiiranaa wakabiiranaa wadzakarinaa wauntsaana.

Allaahumma man ahyaitahu minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitahu minnaa fatawaffahu ‘alal iimaani.

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa tudhillanaa ba’dahu birahmatika yaa arhamar raahimiina. Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Ya Allah, berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil – kecil kami yang dewasa, kami yang laki – laki maupun perempuan.

Ya Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman.

Ya Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Allah yang lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Doa Apabila yang Meninggal Perempuan

Untuk mayat perempuan doanya sebenarnya sama namun untuk pelafalan ‘hu’ pada doa untuk mayat laki – laki kita ganti dengan lafal ‘ha’. Hal ini menunjukkan bahwa jenazah tersebut adalah perempuan.

Doa Orang yang Telah Meninggal

Kemudian terdapat doa lain yang dapat kita panjatkan untuk orang yang sudah meninggal dunia, diantaranya adalah :

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

Rabbigh firlii waliwaalidayya.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah aku dan ibu bapakku.” (QS Nuh : 28)

وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Waqurrabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya :

Dan ucapkanlah : “Ya Allah, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua yang mengasihikua di waktu aku kecil.” (QS Al Isra : 24)

Dalil Mengenai Manfaat Mendoakan Orang Meninggal

Adapun beberapa  dalil yang membahas tentang beberapa manfaat apabila kita mau mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, yaitu :

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Baqoroh ayat 180 :

كُتِبَ عَلَيْكُمْ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ إِن تَرَكَ خَيْرًا الْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ وَالأقْرَبِينَ بِالْمَعْرُوفِ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ

Artinya :

“Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan atau tanda – tanda maut. Jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu – bapak dan karib kerabatnya secara ma’ruf. Ini adalah kewajiban atas orang – orang yang bertakwa.” (QS Al – Baqoroh : 180)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Isra ayat 23 :

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu dengan sebaik – baiknya.” (QS Al – Isra : 23)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda :

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti – nantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang ia percaya. Apabila doa itu telah sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia seisinya. Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang – orang yang masih hidup kepada orang – orang yang sudah meninggal ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad – Dailami)

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *