Bacalah Doa Meluluhkan Hati dan Doa Penenang Hati Berikut Ini !

  • Whatsapp

Manisia diciptakan tidak ada yang sama. Perbedaan ini mulai dari yang terlihat seperti penampilan fisik hingga sampai hal yang tidak bisa kita lihat, seperti pemikiran maupun karakter. Doa meluluhkan hati

Perbedaan inilah yang kemudian tak jarang banyak orang berbenturan dan bersitegang. Bahkan lebih dari itu, terkadang memunculkan sifat-sifat intoleran karena merasa dirinyalah yang paling benar.

Hal ini bisa saja merusak kedamaian yang berusaha diciptakan, terutama jika orang atau kelompok tersebut memiliki pendirian dan watak yang keras. Maka akan sulit menemui jalan tengah.

Allah SWT telah menurunkan Al Quran dan seperangkat doa di dalamnya yang berguna sebagai pedoman hidup. Meluluhkan hati yang keras seseorang juga dapat dilakukan dengan berdoa kepada Allah SWT.

Doa Meluluhkan Hati

Doa meluluhkan hati seseorang dapat kita amalkan seusai salat lima waktu maupun setelah salat tahajud supaya lebih manjur. Berikut ini adalah lafalnya:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii … (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.”

Artinya:

Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah… (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir’aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.”

Doa Meluluhkan Hati Suami

Terkadang dalam berumah tangga pasti ada cekcok antara suami dan istri. Maka bacalah dzikir sekaligus doa ini berikut ini.

Kemudian hembuskanlah pada suami ketika ia sedang tertidur.  Hembuskanlah udara dari mulut ke telapak tangan kita. Lalu letakkan lah ke atas dada suami. Sembari dengan memohon kepada Allah SWT agar hati suami bisa kembali lembut dan nggak mudah marah dalam menanggapi segala sesuatu.

  • Ya Jabbar
  • Ya Azis
  • Ya Mutakabbir

Doa Agar Istri Lebih Sabar

Doa yang satu ini biasanya diperuntukkan agar seorang istri dapat lebih lembut dan sabar dalam bersikap kepada suami. Cukup amalkan doa dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 165 dan surat Ali-Imran ayat 14 setiap selesai sholat wajib, niscaya Allah akan dengar dan mengabulkan harapan kita.

يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah

Artinya:

“Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.” (QS. Al-Baqarah: 165)

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ

“Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah”

Artinya:

“Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak.” (QS. Ali-Imran: 14).

Doa Pembuka Hati

Selain doa untuk meluluhkan hati seseorang, ketika sedang menghadapi masalah, Kita juga bisa mengamalkan doa pembuka hati agar urusan atau masalah yang dihadapi dilancarkan dan segera diberi titik terangnya.

Berikut adalah doa yang bisa dilantunkan setelah menajalankan sholat wajib maupun sunnah, termasuk tajahud:

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Doa Ketika Menghadapi Orang Marah

Selanjutnya terdapat juga doa untuk menghadapi orang yang marah dan Anda ingin berusaha meredamnya. Berikut ini adalah doanya:

“La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab’a wa rabbul ‘arsyil ‘adzimi, la ilaha illa anta ‘azza jaruka wa jalla sana’uka.”

Artinya:

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai ‘arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha Tinggi perlindunganMu.”

Doa Penenang Hati

Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Merasa Gelisah

 

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa Agar Hati Tenang

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *