Simak 10 Doa Bayi Baru Lahir dan Artinya Berikut Ini !

  • Whatsapp

Ketika buah hati baru saja lahir, berbagai perasaan rasanya campur aduk bagi orang tuanya. Mulai dari rasa haru, bahagia, hingga tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dalam Artikel ini akan disajikan 10 Doa bayi baru lahir yang dapat Naisha mate panjatkan.

Karena salah satu cara untuk bisa mensyukuri atas kelahiran anak adalah dengan mendoakannya. Mengiringi kehidupan awal buah hati dengan doa yang baik agar ia tumbuh menjadi anak yang taat agama dan dilimpahi keberkahan dalam hidupnya.

Doa Bayi Baru Lahir

Apa saja bacaan doa yang bisa diucapkan untuk menyambut bayi yang baru lahir? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Doa bayi baru lahir, agar anak tumbuh sehat

Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.”

Dilansir Nadhlatul Ulama (NU) Online, hal ini merupakan salah satu doa yang bisa Naisha mate bacakan pada bayi yang baru lahir. Doa ini bermakna sebuah harapan kelak anak bisa tumbuh dengan sehat, baik, serta dalam iman Islam yang sempurna.

Setelah membacakan doa ini, jangan lupa untuk iringi juga dengan surat Al-Ikhlash dan Al-Qadr di telinga kanan bayi, ya.

  1. Doa agar dilindungi dari hal buruk

Wa innî u’îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm (Q.S. Ali Imran (3: 36))

Artinya:

“Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

Bacaan potongan surat pendek ini juga bisa menjadi doa untuk bayi yang baru lahir. Doa ini bermakna tentang harapan semoga kelak buah hati selalu dilindungi dari hal-hal yang buruk, termasuk dari godaan setan yang terkutuk.

  1. Meminta perlindungan dari Allah SWT

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

Bacakanlah doa ini di telinga kanan bayi yang baru lahir, karena doa ini juga sangat baik dilakukan secara teratur. Membacakan doa ini bisa menjadi harapan juga semoga nantinya keberkahan selalu mengiringi kehidupan anak.

Bisa juga menjadi doa agar kelak semoga anak akan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

  1. Bacakan Surat Al-Fatihah

Selain menjadi bacaan salat, surat Al-Fatihah juga menjadi salah satu doa yang baik diucapkan apabila ada bayi yang baru saja lahir. Surat Al-Fatihah juga bisa menjadi sebuah doa pembuka rezeki dan membawa kebaikan bagi kehidupan.

Alhamdulillahi rabbil alamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim. shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. (QS Al Fatihah: 1-7)

Baca juga: Doa untuk Ibu dan Kedudukan Soerang Ibu dalam Islam

  1. Doa agar anak tumbuh menjadi sholeh dan sholehah

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”.

  1. Doa agar anak beriman dan bertaqwa

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs.al-Furqon : 74)

  1. Doa yang dipanjatkan nabi Ibrahim

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (Qs.Ibrahim : 40).

  1. Doa agar anak kelak berbakti pada orang tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

  1. Doa agar anak diberikan kecerdasan

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

  1. Doa agar kelak memiliki pemahaman agama yang benar

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia”.

Semoga anak keturunan kita dapat tumbuh menjadi anak yang baik akhlaknya, taat pada agama dan diberikan keberkahan dalam hidupnya. Aamin Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *