Kumpulan Doa Agar Tidak Menjadi Pengangguran dan Segera Bekerja

  • Whatsapp

Rezeki yang baik diperoleh dari usaha yang baik juga. Kali ini Naisha akan membahas mengenai doa agar tidak menjadi pengangguran dan agar segera bekerja.

Sebagai orang dewasa pasti membutuhkan sumber penghidupan, atau sumber pendapatan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, semua orang pada dasarnya memerlukan rezeki.

Lantas bagaimana jika gelar sarjana sudah diraih, ijazah sudah di tangan, tetapi pekerjaaan belum juga di dapat? Lapangan pekerjaan yang semakin sempit, sebenarnya merupakan persoalan hampir di setiap negara.

Apalagi jika kita hidup di negara berkembang dengan populasi penduduk padat dan kesejahteraan yang tidak merata. Satu-satunya cara adalah kita tetap berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. Selain berusaha tentunya juga harus tetap berdoa kepada Allah.

Doa Agar Tidak Menjadi Pengangguran

Mari simak beberapa doa agar tidak menjadi pengangguran berikut ini !

Doa Memohon Pekerjaan yang Baik

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

Artinya:

“Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku”. (HR. Ibnu An-Najjar).

Baca juga: Simak 10 Doa Bayi Baru Lahir dan Artinya Berikut Ini !

Doa Memohon Rezeki yang Barokah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

Doa Lain untuk Mendapatkan Rezeki yang Barokah

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ الْخَيْرِ وَاَبْوَابَ الْبَرَكَةِ وَاَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَاَبْوَابَ الْقُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلاَمَةِ وَأَبْوَابَ الْجَنَّةِ. رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَارَشَدًا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Allahummaftah ‘Aalainaa Abwabaal Khairi Wa Abwaabal Barakati Wa Abwaaban Ni’mati Wa Abwaabal Quwwati Wa Abwaabashshihhati Wa Abwaabas Salaamati Wa Abwaabal Jannati. Rabbanaa Aatinaa Min Ladunka Rahmatan Wa Hayyi’ Lanaa Min Amtinaa Rasyadaa. Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alallaahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

Doa Agar Tidak Menjadi Pengangguran

Doa Agar Dimudahkan dalam Urusan Duniawi

Tak ada salahnya untuk mencoba membaca doa berikut ini secara teratur. Doa di bawah ini berisi tentang permohonan kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam urusan dunia. Misalnyasaja ketika mencari rezeki atau menjalani wawancara kerja.

Berikut ini adalah bekal yg diberikan Rasulullah SAW kepada Ja’far bin Abi Thalib saat Ja’far  ketika ia hendak berangkat ke Habasyah. Doa ini bertujuan agar segala urusannya di sana dipermudah oleh Allah SWT.

اللهم الطف بي في تيسير كل عسير، فإن تيسير كل عسير عليك يسير، وأسألك اليسر والمعافاة في الدنيا والآخرة

Allahummalthuf bi fi taisir kulli ‘asir, fainna taisira kulli’asir ‘alaika yasir, wa as alukalyusra wal mu’afata fiddini wal akhirah.

Artinya:

“Ya Allah, berilah taufik kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagi-Mu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat.”

Doa Lain untuk Memohon Kemudahan kepada Allah SWT

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

Artinya:

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

Doa Agar dimudahkan Mendapatkan rezeki dan Pekerjaan

Berikut ini merupakan doa yang dibaca Nabi Musa AS ketika membantu dua wanita di negeri Madyan yang sedang kesulitan dalam mencarikan minum bagiternaknya.

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.” (Al-Qashash:24).

Doa Agar Tidak Menjadi Pengangguran

Selalu Berbaik Sangka Kepada Allah SWT

Dari Anas bin Malik, mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

Doa Agar Dibukakan Pintu Nikmat oleh Allah SWT

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

Doa Hajat, untuk Memohon Kepada Allah SWT

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

Doa Mutlak

Naisha mate, misalnya sewaktu berdoa kita tidak hafal doa dalam bahasa arab maka kita diperbolehkan berdoa dengan bahasa yang kita mengerti. Berdoa dengan cara seperti inilah yang kemudian disebut dengan doa mutlak. Kita diperbolehkan untuk memohon apapun yang menjadi hajat kita, termasuk agar segera diberikan pekerjaan.

Doa mutlak diperbolehkan untuk kita panjatkan, hal ini didasari oleh sebuah hadist yang artinya: “Hendaklah seseorang di antara kalian memilih doa yang dia kagumi, lalu dia berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai. Lafadz tersebut adalah milik an-Nasai).

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *