Doa untuk Meminta Keturunan yang Shaleh dan Artinya

  • Whatsapp

Bagi orangtua lahirnya seorang anak merupakan karunia yang Allah titipkan kepada mereka. Sebagai seorang muslim tentunya kita berharap agar dikaruniai keturunan yang shaleh. Oleh karena itu kali ini Naisha akan membahas mengenai doa meminta keturunan yang shaleh.

Setiap orang tua telah dianjurkan untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya dengan kasih sayang dan juga membekali kehidupan mereka dengan pendidikan agama. Karena mendidik anak adalah salah satu tugas dan tanggung jawab orangtua yang tidak bisa dijalankan dengan sembarangan.

Selain memberikan pendidikan agama kita juga harus berdoa kepada Allah untuk segala kebaikannya. Kita sebagai orang tua mendoakan anak-anak kita agar tumbuh menjadi anak-anak yang shaleh dan baik juga dalam kegiatan bermasyarakat.

Doa Meminta Keturunan Shaleh

Naisha telah merangkumkan beberapa doa yang dapat kita panjatkan agar anak keturunan kita menjadi anak yang shaleh.

  1. Doa Meminta keturunan yang shaleh

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”.

  1. Memanjatkan Doa Sebagaimana yang Dipanjatkan Nabi Ibrahim

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (Qs.Ibrahim : 40).

  1. Doa Agar Anak Kita Memiliki Iman dan Takwa

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs.al-Furqon : 74)

  1. Doa Agar Anak Memiliki Pemahaman Agama Yang Baik dan Benar

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia”.

  1. Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

  1. Doa Agar Anak Dikaruniai Kecerdasan

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

  1. Doa Agar Anak Tumbuh dengan Sehat, Cerdas Dan Bermanfaat Ilmunya

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

  1. Doa Agar Anak Mendapatkan Perlindungan dari Allah

أُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Artinya: “Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk”. (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi).

  1. Doa Agar Anak Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Alloh perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat”.

Itulah beberapa doa yang dapat kita panjatkan agar mendapatkan keturunan yang shaleh. selanjutnya kita akan membahas mengenai ciri anak yang shaleh di bawah ini.

Baca juga: Doa Mendapatkan Rezeki yang Berkah dan Amalan-Amalannya

Apakah Anak Kita Sudah Menjadi Anak Yang Shaleh?

Anak Shaleh biasanya identik dengan anak yang berperilaku baik. Namun sebenarnya definisi anak baik itu sangatlah luas dan sangat subjektif. Oleh karena itu wajar jika definisi anak yang shaleh menurut para orang tua pun juga bisa berbeda-beda.

Secara garis besar terdapat beberapa ciri anak shaleh yang telah Naisha rangkumkan. Berikut ini ulasannya.

Yang pertama tentunya berbakti kepada orang tua

Seperti yang kita tahu bahwa berbakti pada orang tua merupakan perintah dalam agama. Seorang anak shaleh yang telah memahaminya dengan baik, pastinya akan selalu berusaha untuk berbakti kepada kedua orang tuanya.

Kedua, melaksanakan sholat 5 waktu

Seorang anak yang shaleh sudah seharusnya memahami bahwa sholat 5 waktu hukumnya adalah wajib. Dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan dosa.

Yang ke tiga, adalah dengan melakukan ibadah sunah dan baik kepada sesama

Selain ibadah wajib, hendaklah juga melakukan ibadah sunnah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Misalnya saja dengan melakukan sholat sunnah dhuha, puasa sunnah senin kamis, bersiwak dan lain sebagainnya.

Ke empat adalah dengan berkata jujur dan amanah dalam menjalani kehidupan

Dalam menjalani kehidupan hendaklah anak menjalaninya dengan sikap yang jujur dan amanah. Karena apabila berbohong maka akan termasuk ke dalam ciri-ciri orang munafik.

Yang ke lima, memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong

Anak yang shaleh biasanya telah mampu memahami bahwa kesombongan adalah hal yang tidak disukai Allah.  Karena segala sesuatu yang kita miliki adalah titipan dari Allah SWT.

Dan salah satu ciri lainnya adalah memiliki sikap pemaaf

Anak yang shaleh juga dapat memahami bahwa segala kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Oelh karena itu, tentunya kita tahu bahwa sebagai manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Jika memahami hal ini, maka  anak yang shaleh menjadi lebih mudah memaafkan kesalahan yang diperbuat oleh diri sendiri maupun orang lain.

Itulah beberapa ciri anak shaleh yang Naisha rangkumkan dari berbagai sumber. Semoga kita semua dapat menata diri dan membimbing agar anak kita tumbuh menjadi anak yang shaleh.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *