Kumpulan Doa untuk Memohon Takdir dan Hidup yang Baik

  • Whatsapp

Sebenarnya perlu kita ketahui bahwa takdir yang telah ditentukan Allah bisa diubah. Terdapat beberapa faktor yang dapat mengubah takdir ialah doa dan usaha seseorang. Kali ini Naisha akan membahas tentang doa memohon hidup baik.

Keterangan tersebut berdasarkan keterangan Rasulullah dalam bingkaibingkai hadist yang diriwayatkan oleh Attirmidz. Hal ini merupakan sebuah kabar gembira bagi siapa pun yang selama ini merasa hidupnya hanya diselimuti oleh poenderitaan semata.

Dengan hal itu seharusnya seseorang dapat lebih optimis dalam menjalani kehidupan mereka. Karena setiap keadaan hidupnya yang selama ini dirasakan hanya berisi kesengsaraan dapat berakhir dan berubah.

Asalkan orang tersebut tidak kemudian berputus asa dari rahmat Allah  dan ia mau bersungguh-sungguh meminta dengan berdoa yang tulus kepada Allah SWT Yang Maha Berkuasa dan berusaha menjalani hodup dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk kita berputus asa dalam mencari rahmat dan pertolongan Allah dalam menjalani hidup ini. Hanya orang-orang yang tetap berharap kepada Allah lah yang bisa bertahan menjalani kehidupan di dunia, seberapapun besarnya rasa pahit takdir yang sedang dijalani.

Kita seharusnya senantiasa menanamkan dalam diri kita bahwa apabila kita memohon kepada Allah SWT dalam keadaan apapun, maka segala derita dan kesulitan yang ia hadapi sangat mungkin berakhir dan bahkan berubah.

Doa Memohon Hidup Baik

Selain dengan memanjatkan doa sapu jagad yang berkhasiat untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, Rasulullah juga telah menganjurkan kita untuk membaca sebuah doa untuk takdir atau kehidupan yang baik dalam hidup dalam tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الجَنَّةَ وَمَا قرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَولٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مَنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

Allohumma inni as-aluka minal khoiri kullihi ‘aajilih wa aajilih, maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Wa a’udzu bika minasy syarri kullihi ‘aajilih wa aajilih maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Allohumma inni as-aluka min khoiri maa sa-alaka ‘abduka wa nabiyyuk muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wa a’udzu bika min syarri maa ‘aadza bihi ‘abduka wa nabiyyuk. Allohumma inni as-alukal jannah wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa ‘audzu bika minan naari wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa as-aluka an taj’ala kulla qodhoo-in qodhoitahu lii khoiroo.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari apa yang diminta perlindungan oleh hamba dan nabi-Mu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu semua takdir yang Engkau tentukan baik untukku. (HR. Ibnu Majah)”.

Selain itu adapun doa-doa yang dapat kita amalkan agar mendapatkan kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat, yakni sebagai berikut:

Pertama adalah doa sapu jagat, yaitu:

ربنا أتنا في الدنيا حسنه و في الآخرة حسنة و قنا عذاب النار

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia serta kebaikan hidup di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Kedua adalah doa memohon kesejahteraan dunia dan akhirat, yaitu:

اللهم إنا نسألك العفو والعافية في الدين والدنيا والآخرة

Allahumma innaa nas alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fiddiini wad dun-ya wal aakhiroti

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan kepada-Mu serta limpahkan kesejahteraan agama dunia serta akhirat”.

Ketiga adalah doa memohon keselamatan dari segala penyakit dan maksiat, yaitu:

اللهم عافن في بدني ، اللهم عافن في سمعي ، اللهم عافن في بصري لا اله إلا أنت

Allahumma ‘aafini fii badanii allahumma ‘aafini fii sam’ii allahumma ‘aafini fii bashorii laa ilaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, selamatkan tubuhku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tidak aku inginkan. Ya Allah, selamatkan pendengaranku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tidak aku inginkan. Ya Allah, selamatkan penglihatanku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tidak aku inginkan, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau”.

Keempat adalah doa untuk memohon kemudahan saat meninggal, yaitu:

اللهم هوّن علينا في سكرات الموت والنجاة من النار والعفو عند الحساب

Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami ketika saat pencabutan nyawa, dan selamatkan kami dari api neraka hingga mendapatkan ampunan saat amal diperhitungkan”.

Semoga dengan beberapa ulasan doa di atas, kita semakin semangat menjalani segala cerita kehidpan kita dan dapat menajalankannya sebagai manusia yang kaffah. Aamiin yaa Rabbal Alaamin.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *