Yuk Kita Simak Kisah Nabi Luth AS dan Kaum Sodom Berikut Ini !

  • Whatsapp

Jika dirunut secara silsilah keturunan Nabi Luth adalah salah satu anak keponakan dari Nabi Ibrahim. Ayahnya bernama Haran bin Thareh merupakan saudara kandung dari Nabi Ibrahim. Ayah Nabi Luth kembar, kembarannya bernama Nahor. Naisha pada kesempatan ini akan mengulas kisah Nabi Luth.

Dikisahkan bahwa Nabi Luth diperintahkan oleh Allah untuk menetah di salah satu daerah di Yordania daerah tersebut bernama Sodum (Sodom). Nabi Luth kemudian menikah dengan seorang wanita bernama Wali’ah dan mereka dianugerahi dua putri yang bernama Raitsa dan Zaghrata.

Read More

Perlu kita ketahui bahwa Kaum Sodom adalah sekelompok masyarakat yang indentik dengan kerusakan moral yang sangat parah. Bahkan juka kita lihat lebih dekat, akhlaknyapun sulit untuk diluruskan kembali. Mereka dikisahkan tidak menganut agama apapun, kemudain tidak memiliki nilai kemanusiaan yang beradab, dan belas kasihan.

Kasus pencurian dan perampasan harta merupakan kejadian yang sangat biasa disaksikan sehari-hari. Di sana yang kuat akan menjadi penguasa sedangkan yang lemah menjadi korban penindasan dan diperlakukan dengan buruk. Kemudian hal yang lebih parah lagi adalah mereka senantiasa melakukan maksiat, yakni berhubungan seks dengan lawan jenis bahkan sesama jenis kelamin. laki-laki dengan laki-laki alias homoseksual, begitu pun juga dengan perempuan yang melakukan hubungan seksual dengan perempuan.

Kisah Nabi Luth AS

Kisah Nabi Luth Mengenalkan jalan kebenaran pada Kaum Sodom

Nabi Luth berdakwah dan menyerukan kepada kaum Sodom agar beriman dan beribadah kepada Allah. Nabi Luth juga mengajak mereka untuk meninggalkan berbagai kebiasaan mungkar, kemudian menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan kejahatan, serta menghindari segala bentuk bujuk rayu dari iblis dan setan.

BACA JUGA :   Doa Nabi Sulaiman dan Kumpulan Kisahnya dalam Al-Quran

Nabi Luth juga telah memberi peringatan kepada mereka bahwa Allah-lah yang telah menciptakan mereka dan alam sekitar mereka. Allah tidak akan meridhoi amal perbuatan mereka yang mendekati sifat dan tabiat yang tidak sesuai dengan ajaran Allah SWT.

Nabi Luth senantiasa berseru dan mengingatkan kepada mereka agar meninggalkan adat kebiasaan keji mereka. Perbuatan yang dimaksud adalah melakukan perbuatan homoseksual dan lesbian. Nabi Luth menegaskan bahwa perbuatan itu bertentangan dengan fitrah dan hati nurani manusia serta menyalahi hikmah yang terkandung di dalam penciptaan manusia yang diciptakan berpasangan dengan dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan.

Nabi Luth juga menasehati mereka agar menghormati setiap hak milik masing-masing dengan meninggalkan perbuatan perampasan, perampokan serta pencurian yang selalu mereka lakukan di antara sesama mereka dan terutama kepada musafir yang datang ke daerah mereka.

Telah dijelaskan juga bahwa perbuatan-perbuatan itu akan merugikan diri sendiri. Hal ini dikeranakan perbuatan itu akan menimbulkan kekacauan dan ketidakamanan di dalam negeri sehingga mereka selalu dihantui rasa tidak aman. Namun mereka tidak mendengarkan sehingga Nabi Luth berdoa agar mereka diberi azab yang setimpal.

Doa Nabi Luth akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT.

Suatu ketika, dikisahkan datanglah beberapa pemuda tampan mengetuk pintu rumah Nabi Luth. Ketika beliau membukakan pintu, Nabi Luth nyaris terperanjat dan heran melihat bagaimana ketampanan pemuda-pemuda yang datang ke rumahnya. Nabi Luth kemudian mempersilakan para tamu itu masuk untuk menjaganya dari masyarakat kaum Sodom yang tidak akan tahan melihat ketampanan dua pemuda itu.

Nabi Luth kemudian berpesan kepada istrinya dan putrinya untuk tetap merahasiakan kedatangan tamu-tamu itu agar jangan sampai terdengar dan diketahui oleh kaumnya. Sedang kalau hal  tersebut terjadi ia sadar bahwa tidak sanggup melawan kebengisan kaumnya yang haus akan kemaksiatan.

BACA JUGA :   Simak Kisah Nabi Yakub yang Kehilangan Nabi Yusuf Berikut Ini!

Istri yang durhaka

Akan tetapi, [pada akhirnya kaum sodom mengetahui bahwa di rumah Nabi Luth ada pria tampan. Dan ternyata istri Nabi Luth lah yang telah menyebarkan berita tersebut.
Ya, istri nabi Luth ternyata sepaham dengan kebanyakan kaum sodom. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu sebab mengapa dakwah Nabi Luth selalu gagal, karena istrinya kerap membocorkan informasi sebelumbeliau berdakwah.

Dan sebagai imbalan atas informasi yang diberikan istri Nabi Luth diberi harta oleh beberapa Kaum Sodom. Ia diberikan berbagai perhiasan misalnya emas dan perak.

Azab Allah akhirnya datang

Pada suatunketika apa yang selama dikhawatirkan oleh Nabi Luth datang juga. Dengan begitu nafsunya kaum sodom mendatangi rumah Nabi Luth untuk melihat ketampanan tamunya.Namun Nabi Luth tidak membuka pintu bagi mereka dan berseru agar para kaumnya segera kembali pulang.

Di dalam kondisi terkepung, Nabi Luth saat itu masih sempat memperingatkan mereka agar meninggalkan kebiasaan maksiat yang dilarang Allah SWT. Karena Allah telah menciptakan manuisa berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan.

Nabi Luth juga berusaha berkata kepada mereka agar mereka kembali kepada istri-istri mereka dan meninggalkan perbuatan maksiat dan mungkar yang tidak senonoh, sebelum mereka mendapatkan azab dan siksaan dari Allah. Namun semua itu percuma karena tidak ada yang mau mendengarkan perkataaan Nabi Luth.

Saat itu kemudian beliau berkata kepada para tamunya yang sebenarnya adalah malaikat Allah SWT.

“Sesungguhnya aku tidak berdaya lagi menahan orang-orang itu menyerbu ke dalam .Aku tidak memiliki senjata dan kekuatan fisik yang dapat menolak kekerasan mereka, tidak pula mempunyai keluarga atau sanak saudara yang disegani mereka yang dapat aku mintai pertolongannya, maka aku merasa sangat kecewa, bahwa sebagai tuan rumah aku tidak dapat menghalau gangguan terhadap tamu-tamuku di rumahku sendiri.”

BACA JUGA :   Kisah Nabi Ismail yang Akan Di Sembelih Oleh Ayahnya

Kemudian melihat ketakutan Nabi Luth, kedua pemuda tampan itu mengatakan padanya bahwa sebenarnya mereka adlah malaikat yang diutus oleh Allah untuk memberikan azab kepada kaum Sodom. Nabi Luth pun tak menyangka bahwa doanya akan dikabulkan secepat itu.

Kemudian para malaikat tersebut menyarankan agar pintu rumahnya dibuka lebar-lebar untuk memberi kesempatan bagi orang-orang yang haus homoseks itu masuk. Namun malangnya ketika pintu dibuka dan para penyerbu berusaha untuk menerobos masuk, tiba-tiba saja mereka merasakan semuanya pandangan mereka gelap dan tidak dapat melihat sesuatu. Mereka berusaha mengusap matanya, namun ternyata mereka telah buta.

Sementara mereka semua berteriak-teriak seraya bertanya-tanya mengapa mereka mendadak menjadi buta. Kedua malaikat itupun berseru padanya agar meninggalkan segera perkampungan itu bersama keluarganya, karena telah tiba waktu kaum Sodom menerima azabnya.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *