Kumpulan Kisah Nabi Daud dan Mukjizat yang Beliau Miliki

  • Whatsapp

Kisah Nabi dan Rasul yang akan kita bahas kali ini adalah kisah Nabi Daud AS. Dibawah ini telah Naisha uraikan dengan lengkap kisahnya dan kita dapat mengambil berbagai hikmah di dalamnya.

Kisah Nabi Daud

Tentunya berbagai kisah Nabi dalam agama islam memang menjadi suatu cerita yang menarik untuk disimak bagi kita kaum muslimin. Dkita dapat belajar sejarah dan juga berbagai peristiwa menakjubkanyang dapat kita jadikan suri tauladan tentunya. Bukan hanya itu, dengan membaca dan mempelajari berbagai kisah nabi juga merupakan salah satu upaya bagi umat muslim untuk beriman dan memercayai bahwa nabi dan rasul nyata adanya menjadi utusan Allah di dunia ini.

Read More

Sebagaimana yang telah kita ketahui di dalam sejarah Islam terdapat berbagai kisah nabi dengan pesan-pesan tauladan yang patut dipelajari setiap umat muslim. Dalam kisah 25 nabi dan rasul tentunya banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan. Salah satukisah teladan yang menarik untuk disimak adalah kisah Nabi Daud. Beliau  masuih memiliki garis keturunan dengan Nabi Ibrahim, yaitu tepatnya keturunan ke-12.

Dikisahkan bahwa Nabi Daud adalah seorang bala tentara yang berhasil menag dalam perang Thalut dan Jalut. Setelah kemenangan perang tersebut, Daud diangkat menjadi raja dan Allah pun menganugerahkan kerajaan yang sangat kuat untuk dipimpinnya.

Kisah Nabi Daud ini bisa dikatakan berawal dari peristiwa perang Thalut dan Jalut. Sebagaimana yang telah dilansir dari laman Asy Syariah, Daud saat itu merupakan salah satu prajurit dalam pasukan Thalut yang ditugaskan untuk berperang menghadapi pasukan Jalut. Pasukan Thalut memang dikenal memiliki keberanian dan siasat perang yang bagus dan juga memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Tentunya hal ini juga tercermin dalam diri Nabi Daud As.

BACA JUGA :   Doa Nabi Sulaiman dan Kumpulan Kisahnya dalam Al-Quran

Meski begitu, pasukan Tahlut tetap beruusaha, berdoa dan berserah diri kepada Allah untuk melawan pasukan Jalut. Dalam perang tersebut, dengan segenap keberanian yang dimiliki oelh Nabi Daud, ia maju menghadapi Jalut dan berhasil menghabisinya. Berangsur pasukan Jalutpun berkurang. Kemudian tersisalah pasukan-pasukan Jalut yang lemah dan mudah dikalahkan. Setelah berhasil mengalahkan Jalut, kemudian Nabi Daud diangkat menjadi seorang raja.

Dalam hal ini,Allahpun kemudian mengangkat Daud menjadi seorang nabi dan memberikan hikmah kerajaan yang kuat setelah usaha kerasnya melawan Jalut dan bala tentarannya. Tidak hanya sampai di situ, Allah juga memberikannya berupa anugrah berupa ketaatan beribadah beserta ilmu pengetahuan yang luas. Di sini Allah  sifat awwab yang Allah berikan kepada Nabi Daud, yaitu seseorang yang memiliki kesempurnaan pengetahuan. Sebagaimana yang tercantum dalam QS. Shad ayat 17 :

“Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan. Sesungguhnya dia seorang yang awwab.” (Shad: 17)

Selain diberikan anugerah pengetahuan yang luas dan ketaatan beribadah, Allah juga memberikan anugerah lainnya pada Nabi Daud yaitu suara yang merdu. Kisah Nabi Daud dengan mukjizat suara yang merdu pun membuat mereka yang sakit menjadi sembuh, ketika mendengar lantunan merdu Nabi Daud ketika membacakan kitab Zabur.

Suara yang dilantunkan dalam membaca kitab Zabur yang dinyanyikan merdu oleh Nabi Daud juga membuat air dan angin menjadi lebih tenang dan damai. Bahkan Allah telah menundukkan burung-burung dan gunung-gunung untukikut serta untuk memuji-Nya bersama Nabi Daud. Ini merupakan suatu mukjizat yang sangat menakjubkan.

“Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan, dan ingatlah hamba Kami, Daud, yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan). Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Mereka semua amat taat kepada Allah.” (QS. Shaad : 17-19).

BACA JUGA :   Kisah Nabi Ismail yang Akan Di Sembelih Oleh Ayahnya

Kisah Nabi Daud selanjutnya adalah tentang beliau yang dapat memahami percakapan burung-burung. Pada suatu masa, Nabi Daud sedang berdiam dan mendengarkan suara alam sekitar. Ia kemudian turut mendengarkan burung-burung di sekitarnya yang sedang mengoceh. Allah telah menganugerahi beliau dengan mukjizat  yang dapat memahami percakapan burung-burung tersebut.

Sebagaimana yang telah dilansir dari laman Islampos, sejak saat itu Nabi Daud mampu memahami bahasa berbagai hewan di sekelilingnya. Beliau juga selalu  memperlakukan hewan-hewan dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu hewan-hewanpun juga menyayangi Nabi Daud. Kemampuan Nabi Daud ini, juga Allah berikan kepada Anak Nabi Daud yaitu Nabi Sulaiman.

Dikisahkan bahwa Nabi Daud juga memiliki sebuah kemampuan yang sangat bagus, yaitu beliau piawai membuat baju besi dan peralatan perang yang kuat. Dari laman Asy Syariah disebutkan, bahwa Allah telah melunakkan besi bagi Nabi Daud dan mengajarinya cara membuat baju besi, perisai dan berbagai peralatan perang lainnya. Dengan segala izin dan anugerah dari Allah SWT, Nabi Daud menjadi orang pertama yang mampu membuat baju besi beserta berbagai peralatan perang yang tangguh. Kisah Nabi Daud ini telah diabadikan dalam QS Saba ayat 10 – 11.

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Daud, lalu Kami berfirman: “Hai gunung-gunung bacalah tasbih berulang bersama Daud, begitu pula burung-burung, dan besi itu kami jadikan lunak di hadapannya, Buatlah serta tenunkan baju besi, lalu kerjakan amalan yang shaleh, sesungguhnya Aku melihat apa-apa yang kamu kerjakan” (Q.S. Saba, ayat 10-11).

Itulah beberapa uraian dari kisah Nabi Daud, seorang mantan prajurit yang berhasil diangkat menjadi raja berkat kecerdasan, kepiawaian dan keberaniannya. Serta beliau adalah salah seorang nabi yang dapat kita jadikan suri tauladan karena ketaatannya kepada Allah SWT.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *