Ayat Tentang Pernikahan yang Wajib Diketahui Sebelum Menikah

  • Whatsapp
ayat tentang pernikahan

Ayat tentang pernikahan di bawah ini tentu saja akan membuat kita merasakan akan adanya hal yang memberikan kita sebuah pemahaman. Terang saja sebuah ayat tentang pernikahan harus dan wajib kita pahami dan amalkan sebelum menikah.

Menikah tentu saja bukan hanya sebatas perihal saling mencintai saat itu, bukan cuma saling mengasihi saat itu namun juga berbicara bagaimana mengenai sebuah pertanggung jawaban terbesar untuk saling melengkapi, karena menikah adalah ibadah terpanjang manusia.

Maka dari itu menikahlah bukan hanya sudah siap dan  sudah usianya,  namun  menikahlah karena sudah mampu untuk bertanggung jawab menjalankan ibadah yang panjang. Jadi jangan sampai menikah hanya karena  ikut-ikutan yaa.

Tenang dulu, jangan buru-buru mending simak ayat tentang pernikahan di bawah ini yuk sebelum memutuskan untuk segera menikah. :

Ayat Tentang Pernikahan

Di dalam Ayat Pernikahan Dalam Islam lainnya juga dijelaskan bahwa dijelaskan bahwa pasangan-pasangan ini adalah laki – laki dan perempuan. Di tengah maraknya kisah cinta sesama jenis yang muncul dan terlihat jelas di masyarakat, maka patut diketahui bahwa pasangan yang diridhoi oleh Allah adalah pasangan yang terdiri dari laki – laki dan perempuan, bukan pasangan sesama jenis seperti yang tercantum dalam ayat berikut.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً  وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا  ﴿النساء:١﴾

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1)

Ayat Tentang Pernikahan Mengenai  Kewajiban Berkeluarga

Kewajiban menikah yang sudah ada di dalam Al-Qur’an juga sangat jelas dan bisa dijadikan dasar dan pedoman untuk memulai sebuah ikatan pernikahan. Untuk bisa mendapatkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah ini memang membutuhkan kontribusi dari kedua belah pihak yakni suami dan istri untuk bisa membagi perannya dalam menjalankan bahtera rumah tangga. berikut Ayat Pernikahan Dalam Islam terkait yaitu:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.”(QS. an-Nur: 32).

Karena, dalam setiap pernikahan ini bisa menghadapi persoalan yang berbeda – beda, maka penyelesaiannya harus dikembalikan lagi pada Al-Qur’an dan Hadits.

Nah sekarang sudah tahu kan ayat tentang pernikahan yang bisa saja membuat kita menjadi jauh lebih merasa tenang dan pasrah akan semua hal  yang ada bahwa berkeluarga itu tentu saja memiliki sebuah tujuan yang mana takkan pernah bisa di selesaikan tujuannya jika dalam diri belum terkumpul sebuah niat yang banyak. Maka dari itu pastikan kesiapan lahir dan batin dalam diri.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:

“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku berarti bukan dari golonganku. Hendaklah kalian menikah, sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakkan umat. Siapa memiliki kemampuan harta hendaklah menikah, dan siapa yang tidak hendaknya berpuasa, karena puasa itu merupakan tameng.”

Tujuan Pernikahan dalam Islam dalam Ayat Tentang Pernikahan

Memperluas Hubungan

Dalam sebuah prakteknya menikah adalah sebuah hak bagi  semua manusia yang hidup di bumi. Pada dasarnya harus memperluas hubungan. Menikah bukan hanya tentang dua orang melainkan mengenai dua keluarga yang memang harus bersatu. Nah sudahkah kita memiliki ini?

Tentu saja ini menjadi hal yang sangatlah penting dilakukan karena memang pada dasarnya sebagai pasangan suami istri harus memperluas hubungan keluarga dan tetap saling menyanyangi sebagai orang yang saling mengenal.

Sesuai seperti firman Allah terkait Ayat Pernikahan Dalam Islam Surat Al- Hujurat Ayat 13 berikut :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Mendapat Keturunan

Nah hal ini adalah keinginan bagi banyak orang yaitu memiliki keturunan. Tentu saja menikah pasti memiliki keinginan  untuk memiliki keturunan yang mana pada dasarnya kita perlu memahami bahwa sebuah kehidupan akan menjadi jauh lebih berwarna jika ada kehadiran seorang anak.

Surat Al-Furqon ayat 74

“Ya Tuhan kami, anugerakanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa. (QS. Ali Imran: 38)

Memperoleh Rasa Tentram

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala pada surat Ar-Rum Ayat 21 juga menunjukkan bahwa kehadiran seorang istri bisa membawa ketentraman pada suami.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

 

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *