Apabila Hati Sedang Gundah Bacalah Doa Penentram Jiwa Berikut Ini!

  • Whatsapp

Rasulullah SAW selalu mengajarkan umatnya untuk berdoa kepada Allah, selain untuk memohon perlindungan kita juga dapat berdoa agar hati dan jiwa kita menjadi lebih tenang. Kita dapat membaca doa penentram jiwa ketika kita sedang merasa gundah, galau serta gelisah.

Apa yang terjadi pada jiwa kita tidak dapat dilihat secara kasat mata, namun sejatinya kita dapat merasakannya. Secara psikologis kondisi jiwa seseorang selalu dinamis. Terkadang senang, bahagia, terharu, kadang juga merasa sedih, marah, kecewa atau emosi-emosi lain yang sering muncul.

Read More

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa emosi yang kita rasakan tidak selalu emosi positif seperti bahagia atau lainnya. Sebagai manusia wajar jika terkadang kita juga merasa kecewa, gelisah, marah yang kemudian menjadikan hati tidak tenang.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan agar hati lebih tenang adalah dengan kita berdoa kepada Allah. Kita berdoa, memohon pertolongan dari Allah dan memohon kepada Allah agar diberikan ketentraman jiwa.

Ulasan Naisha kali ini adalah mengenai doa penentram jiwa. Seberat apapun permasalahan yang sedang kita hadapi, kita harus berusaha dan berdoa agar semuanya dapat kita lewati. Karena Allah memberikan ujian kepada setiap hamba-Nya sesuai dengan kemampuan kita.

Doa penentram jiwa

Doa Agar Jiwa Mwnjadi Tentram dan Terhindar dari Gelisah

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

BACA JUGA :   Mari Kita Simak 13 Rukun Sholat Lengkap dengan Dalilnya!

Doa Agar Jiwa Menjadi Tenang

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.

“Dengan membaca kedua doa tersebut diharapkan hati dan jiwa kita menjadi jauh lebih tenang. Dan semoga kita dapat melepaskan segala emosi negatif dari dalam diri kita agar tidak menjadi penyakit hati. Selain membaca doa kita juga dapat mencoba untuk mengalihkan pekiran kita ke hal-hal yang positif. Misalnya dengan membaca buku, menulis, bersepeda atau hal positif lain yang bisa dilakukan. Dan berikut ini Naisha mencoba untuk mengulas tips menangkan hati dan menentramkan jiwa dari sisi psikologis:

Tips-Tips Agar Jiwa Menjadi Tenang

Cara berikut ini adalah upaya untuk menentramkan jiwa dan terhindar dari rasa cemas dan gelisah.

  1. Cobalah untuk melakukan relaksasi pernafasan

Bernapas lah dengan dengan tenang secara perlahan-lahan. Cobalah untuk memfokuskan pikiran terlebih dahulu. Selanjutnya tariklah nafas secara perlahan-lahan, kemudian tahan tiga detik, kemudian hembuskan secara perlahan. Bernafaslah seperti ini sampai merasa lebih tenang.

  1. Mengembalikan kesadaran dan fokus

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan sadari kita sedang berada di mana. Lalu sebutkan 4 benda apa saja yang dapat Anda lihat. Lalu sebutkan 3 benda yang dapat kita pegang. Lalu cobalah untuk merasakan aroma apa saja yang dapat Anda rasakan. Dengan tetap bernafas secara perlahan Anda juga dapat mengembalikan fokus dengan menghitung mundur misalnya mulai dari 100 sampai dengan 1.

  1. Visualisasikan diri kita tenang
BACA JUGA :   Bacalah Doa yang Dapat Menggetarkan Arsy Berikut Ini !

Kita dapat mencoba melakukan relaksasi pernafasan seperti yang sebagaimana yang telah kita lakukan di poin pertama tadi. Sekarang kita coba untuk sejenak memejamkan mata, kemudian tariklah nafas secara perlahan-lahan, kemudian tahan sebentar lalu hembuskan secara perlahan. Berikutnya, silakan Anda membayangkan  sedang berada di tempat yang membuat kita nyaman, tentram. Yang mana tempat tersebut dapat membuan perasaan Anda menjadi lebih tenang, nyaman dan Anda merasa senang berada di tempat tersebut.

  1. Alihkanlah diri Anda pada sesuatu yang positif

Anda bisa memulainya dengan melakukan apa yang menjadi hobi kita. Anda bisa melukis, bernyanyi, menulis berolah raga atau hal lain yang membuat Anda senang dan nyaman. Hal ini dilakukan agar fokus Anda teralihkan sehingga tidak memikirkan kegelisahan yang sebelumnya dirasakan.

  1. Mendengarkan musik

Anda juga dapat memberi waktu sejenak pada diri Anda untuk mendengarkan lagu favorit Anda. Atau Anda juga bisa mencoba untuk mendengarkan musik relaksasi, bahkan Naisha mate juga bisa mencoba untuk mendengarkan muratal Al-Quran.

  1. Relaksasi otot

Pada saat Anda sedang marah,atau cemas tentu otot kita juga akan turut merasa tegang. Maka mari kita berlatih relaksasi otot agar membantu otot kita menjadi lebih rileks. Anda bisa melakukannya dengan berbaring di lantai untuk dengan meletakkan kedua tangan berada di samping badan. Pastikan tangan dan kaki Anda dalam posisi tangan lurus dan tidak mengepal. Mulailah dengan merilekskan jari kaki  dan katakan pada diri kita untuk melepaskan emosi negatif seperti rasa sedih, marah atau emosi negatif lain melalui hembusan nafas. Biarkan diri Anda dalam posisi tetap rileks. Kemudian biarkan rasa rileks tersebut perlahan berjalan naik ke badan hingga sampai pada kepala. Cobalah untuk melakukan secara rutin dan berulang.

  1. Cobalah mengekspresikan diri dengan menulis
BACA JUGA :   Kumpulan Doa Pembuka Kultum Lengakap dengan Artinya

Naisha mate juga dapat merilis emosi melalui tulisan. Baik dalam bentuk diary , puisi atau tulisan-tulisan lainnya

  1. Carilah udara segar

Sebaiknya Anda mencari tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, atau Anda juga bisa menyempatkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan di tempat yang memiliki udara bersih seperti gunung, atau pantai. Sehingga Naisha mate dapat merasa nyaman dan jauh lebih tenang.

  1. Mengobrol dengan orang yang dipercaya

Naisha mate juga bisa mencoba untuk menceritakan permsalahan yang sedang dialami pada orang yang dipercaya. Naisha mate dapat bercerita pada teman, orang tua, ustad atauupun konselor yang dapat Anda percaya.

Itulah doa penentram jiwa dan juga beberapa tips yang dapat Naisha mate lakukan agar hati dan jiwa menjadi tenang. Apapun yang sedang Anda lalui, percayalah bahwa diri Anda adalah orang yang terpilih dan mampu melakukannya. Ingatlah kembali bahwa Allah menguji hambanya sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh hambanya.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *