Jodoh dalam Islam, Sudahkah Kita Menemukannya?

  • Whatsapp
jodoh dalam islam

Jodoh dalam islam pada dasarnya memang akan mirip dengan sifat-sifat yang kita miliki. Pada dasarnya jodoh dalam islam merupakan refleksi diri kita yang mana akan membuat diri ini menjadi berjalan mendekat kepadanya. Bahkan Allah sudah mengatur dalam firmanNya di bawah ini :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)” (QS.An Nur: 26).

Maksud jodoh dalam islam adalah cermin baik sifat maupun sikap kita terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa jodoh dalam islam adalah seseorang yang mirip dengan kita. Mirip yang dimaksud disini adalah bukan sesederhana mirip wajahnya saja namun juga mirip sesuai dengan kepribadian dan sifat maupun keimanannya.

Jodoh dalam islam juga mengajak kita untuk senantiasa dalam memberikan patokan dalam mencari suami maupun istri yang ideal. Tentu saja dalam islam sendiri sangat memahami bagaimana caranya mencari istri maupun suami yang ideal. Sehingga terwujudnya sebuah rumah tangga yang patuh terhadap perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Simak yuk di sini.

Untuk pria Muslim, standar yang harus dicari dalam istri yang ideal ditemukan dalam tradisi kenabian:

“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung.” (Al Bukhari)

Allah telah menulis ketentuan untuk setiap jiwa di bumi ini, termasuk siapa yang kita nikahi.

Allah berfirman, “Tidak ada satu pun makhluk di bumi kecuali bahwa Allah memelihara ketentuannya” [Quran 11: 6].

Jodoh dalam Islam Di atur dengan ayat di bawah ini

Jodoh dalam islam adalah sebuah cerminan diri, jika seseorang itu baik, InsyaAllah akan mendapatkan jodoh yang baik pula, dan sebaliknya. Jika seseorang itu baik tetapi mendapatkan jodoh yang belum sebaik dirinya, hal itu merupakan ujian dari Allah agar menuntunnya ke jalan kebaikan. Hanya Allah yang mengetahui. Wallahualam. Bagaimana jodoh tercipta dan seperti apa Allah memberikan yang terbaik untuk hamba Nya telah Allah jelaskan dalam berbagai firman Nya, berikut 15 ayat Al Qur’an tentang jodoh :

1. Jodoh dalam Islam adalah Cerminan QS An Nur Ayat 26

“Wanita wanita yang keji adalah untuk laki laki yang keji, dan laki laki yang keji adalah untuk wanita wanita yang keji pula. Dan wanita wanita yang baik adalah untuk laki laki yang baik dan laki laki yang baik adalah untuk wanita wanita yang baik pula”. (QS An Nur : 26). Jelas dalam firman tersebut bahwa Allah memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba Nya tersebut, sebab itulah senantiasa ada nasehat bahwa setiap orang hendaknya memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.

2. Jodoh dalam Islam Sesuai dengan Diri Kita  QS An Nur Ayat 3

“Laki laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik, dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki laki yang berzina atau laki laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang orang yang mukmin”. (QS An Nur : 3).

Firman ini juga merupakan cermin dari jodoh yang Allah ciptakan untuk hamba Nya, wanita atau lelaki yang berzina nantinya akan mendapatkan jodoh yang seperti dirinya, setiap dari kita wajib menjaga diri dari segala perbuatan maksiat agar kelak mendapatkan jodoh yang mengajak kepada kebaikan juga.

3. Carilah Jodoh yang Shaleh QS Al Maidah Ayat 5

Allah menghalalkan seorang laki laki dan wanita yang sholeh yaitu yang masing masing menjaga kehormatan dirinya untuk menyatukan hubungan mereka dalam ikatan yang halal. Merupakan sebuah nikmat terindah dari Allah jika dua orang yang saling mencintai bersatu dalam ikatan yang halal dengan niat beribadah kepada Nya.

“Dan dihalalkan mengawini wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita wanita yang beriman dan wanita wanita yang menjaga kehormatan diantara orang orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya tidak dengan maksud berzina”. (QS Al Maidah : 5).

4. Cintailah dengan Jalan yang Di Ridhoi Allah QS Al Baqarah Ayat 221

Jodoh berarti sesuatu yang di rihoi Allah, jika mencintai lawan jenis yang musyrik tandanya bukan mencintai karena Allah sebab mengharap jodoh karena Allah senantiasa mementingkan agamanya terlebih dahulu.

“Dan janganlah kamu menikahi wanita wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita mmusyrik walaupun dia lebih menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan ijin Nya”. (QS Al Baqarah : 221)

5. QS An Nur Ayat 32

“Dan nikahilah orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahaya mu yang laki laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka denga karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”. (QS An Nur : 32).

Tak perlu khawatir jika anda mendapat jodoh yang mungkin masih berjuang untuk mapan, sebab Allah memberikan jodoh disertai dengan jalan mendapat rejeki yang lapang.

Jangan Lupa untuk Terus Berusaha Mendekatkan diri Pada Allah

Ketika kita ingin jodoh mendekat kepada kita maka yang harus kita lakukan pertama adalah mendekatkan   diri kepada Allah.Sikap mendekatkan diri kepada Allah  ini memang akan membuat kita merasa  bahwa Allah yang maha penolong. Bahkan Allah tak segan memilihkan langsung jodoh yang terbaik menurut versinya. Jangan sampai kita lalai dalam mencintai manusia, karena cinta yang paling sempurna hanyalah kepada Allah SWT.

Jangan Gundah, Jodoh Pasti Datang Di Waktu yang Tepat

Jodoh dalam islam tentu saja akan senantiasa Allah persiapkan dalam waktu yang terbaik. Allah akan memberikan waktu yang terbaik untuk mendapatkan jodoh kepada kita. Jodoh itu merupakan cerminan dengan diri kita sehingga kita tentu saja perlu memperbaiki diri sendiri agar kehidupan ini menjadi jauh lebih baik.

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *