Simak Doa Berbicara di Depan Umum dan Pembuka Acara Berikut Ini!

  • Whatsapp

Topik pembahasan kita kali ini adalah doa berbicara di depan umum. Tidak jarang sebagian dari kita pernah merasa demam panggung ketika disaksikan banyak orang sehingga lidah terasa kelu dan sulit untuk berbicara.

Misalnya saja ketika kita sedang bertugas untuk memberi sambutan, memimpin rapat, bahkan seorang entertainment yang notabene sudah terbiasa tampil di depan publik pun, juga pasti pernah merasakan hal yang serupa.

Read More

Hal ini sebenarnya wajar untuk dirasakan setiap manusia. Karena kita seringkali dihinggapi rasa tidak percaya diri, takut salah dan lain sebagainya dan ini sangatlah manusiawi.

Oleh karenanya, dalam agama Islam terdapat sebuah doa yang dapat kita amalkan ketika ingin berbicara di hadapan umum.

Doa Berbicara di depan umum

Berikut ini adalah lafal doanya:

Rabbis rahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa di atas adalah kutipan Surah Taha ayat 25-28.

Ayat tersebut merupakan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Musa as pada saathendak menyampaikan kebenaran lantaran ia memiliki sedikit kekurangan dalam berbicara.

Kekurangan yang dimaksud di sana adalah tidak jelasnya Nabi Musa saat berbicara sehingga sulit untuk dipahami. Atau dalam keseharian kita mengenalnya dengan istilah cadel.

Bahkan saat itu Nabi Musa pernah berkata, “Dan saudaraku Harun, dia lebih fasih lidahnya daripadaku.” (QS. Al-Qashshash: 34)

Doa berbicara di depan umum juga dapat diamalkan dalam berbagai kesempatan misalnya saat hendak akad nikah, menyampaikan pendapat dan berbagai acara. Ada juga doa lain yang bisa kita bacakan untuk membuka acara dan menutup acara.

BACA JUGA :   Agar Segera Diberi Keturunan, Amalkan Doa Meminta Anak Berikut Ini !

Apabila Naisha mate hendak berkultum, maka bisa dilanjutkan dengan membaca doa berbicara di depan umum / pembuka kultum seperti di bawah ini.

Doa Pembuka I

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya : Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Doa Pembuka II

Apabila sedang mengadakan acara yang lebih formal dapat juga membaca doa yang lebih singkat berikut ini

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya:

Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Doa Pembuka III

Kemudian ada juga doa lain yang dapat Naisha mate panjatkan, seperti doa berikut ini.

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya:

Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

Doa Berbicara di Depan Umum

Doa Pembuka IV

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya:

BACA JUGA :   Yuk Simak Doa Rakyat untuk Para Pemimpin Lengkap dengan Artinya !

Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

Doa Pembuka V

Doa berikut ini baiasanya dibacakan untuk membuka majelis biasanya dilakukan dengan membaca khutbatul hajah. Khutbatul hajah adalah doa di mana Rasulullah SAW senantiasa membacanya di banyak kesempatan.

Doa ini biasanya dibaca ketika hendak melakukan kultum,  khutbah, ceramah,di dalam berbagai acara seperti pengajian, syukuran dan lain sebagainya. Sunah ini pun juga dilanjutkan para sahabat Rasulullah.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’inuwanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Man yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.

Artinya:

“Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohonampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah”.

Setelah selesai berkultum atau menyampaikan sesuatu maka kita dapat menutupnya dengan salah satu dari beberapa doa berikut ini.

Doa Penutup Acara I

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu ‘alaynaa mashooibad dunya.

Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj’alhul waaritsa minnaa, waj’al tsa’rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Doa penutup acara II

BACA JUGA :   Kumpulan Dzikir dan Doa Ketika dalam Perjalanan Jauh

Allahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’allahu Sahlan

Artinya: Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami. Karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah.

Doa Penutup Acara III

Subhaabakallahumma wabihamdika ashadu anlaa ilaaha illa anta astagfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya:

Maha suci Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Dengan kita berdoa, artinya kita memperlihatkan keagungan Allah

Sebagaimana firman Allah di dalam Al-Quran, “Siapa yang memperkenankan [doa] orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan [yang lain]?, amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. [QS. An Naml: 62].

Itulah beberapa doa berbicara di depan umum dan juga doa pembuka serta penutup acara yang dapat kita amalkan di berbagai acara.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *