Hikmah Puasa Senin Kamis yang Wajib Kita Pahami

  • Whatsapp

Hikmah puasa Senin Kamis tentu saja memiliki beberapa hal yang wajib di ketahui. Puasa Senin Kamis ini adalah merupakan puasa Sunnah yang apabila di kerjakan mendapatkan pahala yang sangat berlipat ganda. Rasulullah meyakini bahwa Puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan kecil yang berpahala besar untuk umat manusia.

Hikmah puasa senin kamis sendiri pada dasarnya memang akan sangatlah beragam. Anda bisa menyimak beberapa di bawah ini. Sebuah amalan sunnah ini jika dikerjakan kita akan mendapatkan beberapa keutamaan yang langsung datang dari Allah. Maka dari itu kita simak yuk hikmah puasa Senin Kamis.

Namun, sebelum kita semua memahami hikmah puasa Senin Kamis yuk kita membahas hukum puasa Senin Kamis dulu. Hal ini  akan membuat kita benar-benar memahami bahwa amalan ini bisa menjadi salah satu hal yang sesuai dengan keinginan kita untuk mendapatkan Surga-Nya Allah.

Simak hukum puasa Senin Kamis sebelum kita memahami mengenai sebuah hikmah Puasa Senin Kamis. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini yuk. Jangan lupa untuk mulai belajar ya.

Hukum Puasa Senin Kamis

Hukum menunaikan ibadah puasa senin kamis ialah sunnah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menjelaskan bahwa puasa senin kamis masuk dalam puasa sunnah yang disepakai para ulama.

Jadi jika di ambil kesimpulan, hukum Puasa Senin  Kamis adalah  sunnah, namun jika rutin dilakukan tentu saja akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Bahkan apabila kita mampu untuk melakukannya secara rutin, Allah sudah pasti akan memberikan kita pertolongan  langsung apabila kita memiliki masalah dalam hidup kita. Semakin dekat dengan Allah maka akan semakin mendapat pertolongan Allah.

Aisyah Radhiyallahu Anhu: “Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

“Puasa yang dianjurkan berjumlah lima belas. Pertama puasa sunah Senin dan Kamis karena Rasulullah SAW memilih untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Rasulullah bersabda, “Berbagai amal manusia ditampakkan di hadapan (Allah) pada hari Senin dan Kamis. Aku senang bila amalku dihadapkan pada saat aku berpuasa.’ HR At-Tirmidzi dan lainnya.” (Abu Zakaria Al-Anshari, Tuhfatut Thullab bi Syarhi Tahrir Tanqihil Lubab, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz I, halaman 410).

Hukum puasa Senin Kamis sendiri sunnah karena seperti yang di jelaskan pada  penjelasan di atas, akan mendapatkan beberapa hikmah puasa Senin Kamis, yang mana mengingat pada hari Senin dan Kamis amalan manusia akan di tampakkan di hadapan Allah. Kondisi terbaik  tersebut akan jauh lebih baik apabila kita sedang menjalankan puasa Senin Kamis.

Hikmah Puasa Senin Kamis

Hikmah puasa Senin Kamis di bawah ini akan di sajikan untuk Anda yang mana Anda pada dasarnya akan meyakini betapa banyaknya hikmah puasa Senin Kamis  yang wajib di ketahui. Selain itu hikmah puasa Senin Kamis ini juga di harapkan akan meningkatkan motivasi diri untuk menjaga puasa Senin Kamis.

Simak beberapa hikmah puasa Senin Kamis di bawah ini yuk sebelum melakukan dan menjadikan Puasa Senin Kamis menjadi salah satu hal yang akan membuat kita memiliki banyak sekali pahala.  Maka dari itu simak di bawah ini dan pahami bersama mengenai hikmah puasa senin kamis ini.

Amalan dari ibadah puasa ini khusus untuk Allah SWT. Dalam suatu riwayat, Allah berfirman yang artinya, “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.

1. Hikmah Puasa Senin Kamis Hari saat pintu-pintu surga dibuka

Senin dan Kamis merupakan hari saat pintu-pintu surga dibuka dan amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah SWT. Sehingga dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim dapat diampuni oleh Allah SWT, kecuali bagi umat yang sedang bermusuhan.

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

2. Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT pada hari Senin.

Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Awal, 571 Masehi. Dalam sebuah hadis dijelaskan  mengapa Rasulullah SAW sangat menyukai puasa pada hari Senin.

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosululullah SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

3. Hikmah Puasa Senin Kamis Meningkatkan amalan untuk bekal di akhirat

Dengan rutin menjalankan puasa Senin-Kamis, maka kita akan terdorong untuk melakukan ibadah-ibadah lainnya. Dengan begitu, ibadah-ibadah yang kita lakukan akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Amalan-amalan baik tersebut akan bertambah dan bisa menjadi bekal untuk di akhirat nanti.

4. Hikmah Puasa Senin Kamis Bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Manfaat lain dari berpuasa, yaitu baik untuk kesehatan tubuh manusia. Para ahli mengatakan bahwa dengan berpuasa, maka tubuh kita akan dibersihkan dan bisa menjadi penyembuhan bagi berbagai penyakit. Organ pencernaan kita bisa beristirahat sementara sehingga tubuh akan terus fit dan sehat.

5. Melatih disiplin diri dan meningkatkan rasa syukur

Dengan berpuasa, seseorang akan dilatih untuk selalu disiplin dalam segala hal. Kita akan menahan diri dari perbuatan dosa yang dapat membatalkan puasa karena merasa Allah SWT mengawasi setiap tindakan yang kita lakukan. Selain itu, puasa juga akan meningkatkan rasa bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Kita akan tahu bahwa masih ada orang lain yang tidak seberuntung kita.

Niat puasa Sunnah Senin-Kamis

Berikut ini adalah niat untuk berpuasa Senin-Kamis:

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

 

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA.”

Artinya:

Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Nah sekarang lengkap sudah pemahaman kita mengenai puasa Senin Kamis. Itulah mengapa pada dasarnya kita semua perlu meyakini bahwa amalan kecil yang kita lakukan secara terus menerus pasti akan mendapatkan pahala yang besar.

Dari hikmah puasa Senin Kamis tampaknya kita perlu memahami bahwa pada dasarnya akan memiliki pahala yang besar dengan berbagai macam hal yang ringan untuk dilakukan. Ibadah puasa sedikit berbeda dibandingkan dengan ibadah lainnya. Jika pada umumnya ibadah yang kita lakukan amalannya hanya untuk diri sendiri, namun tidak begitu dengan ibadah puasa. Jangan lupa mulai dari sekarang Puasa Senin Kamis Yuk!

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *