Ini Dia Tanda kalau Dia Jodohmu, Simak Yuk Jodoh Menurut Islam

  • Whatsapp

Jodoh merupakan rahasia Allah yang sudah di tulis sejak 50.000 tahun lalu sebelum kita berada di dunia ini. Jodoh menurut islam sendiri adalah seseorang yang mana memiliki sikap dan kesamaan yang sama dengan kita. Maka tak jarang banyak yang mengatakan bahwa  jodoh itu adalah cerminan.

Cerminan yang dimaksud di sini adalah merupakan cerminan diri yang mana seseorang yang baik akan mendapatkan orang yang baik pula. Begitu pula sebaliknya. Allah mengatur hal ini dalam firman-Nya yang berbunyi :

QS. An-Nur Ayat 26

  • اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ

“Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

Maksud dari surah di atas adalah, pada surah an-Nur [24] ayat 26 Allah Swt seakan-akan berfirman: “Wanita-wanita yang keji jiwanya dan buruk akhlaknya adalah untuk laki-laki yang keji seperti wanita itu, dan laki-laki yang keji jiwanya dan buruk perangainya adalah untuk wanita-wanita yang keji seperti lelaki itu pula, dan begitu juga sebaliknya, wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanitawanita yang baik pula.”

Ibnu Abbas mengatakan bahwa perkataan yang keji hanyalah pantas dilemparkan kepada lelaki yang berwatak keji, dan laki-laki yang keji hanyalah pantas menjadi bahan pembicaraan perkataan yang keji. Perkataan yang baik-baik hanyalah pantas ditujukan kepada lelaki yang baik-baik, dan lelaki yang baik-baik hanyalah pantas menjadi bahan pembicaraan perkataan yang baik-baik. Ibnu Abbas mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Siti Aisyah dan para penyebar berita bohong.

Hal yang sama telah diriwayatkan dari Mujahid, Ata, Sa’id ibnu Jubair, Asy-Syabi, Al-Hasan Al-Basri, Habib ibnu Abu Sabit, dan Ad-Dahhak. Ibnu Jarir memilih pendapat ini dan memberikan komentarnya, bahwa perkataan yang keji pantas bila ditujukan kepada orang yang berwatak keji, dan perkataan yang baik pantas bila ditujukan kepada orang yang baik.

Nah itulah dia  jodoh menurut islam. Maka dari itu sebagai  seorang hamba kita wajib sekali rasanya  untuk meningkatkan rasa keimanan kita terhadap Allah SWT. Jika kita meningkatkan keimanan kita maka Allah senantiasa memberikan jodoh yang terbaik kepada kita.

Jodoh menurut islam itu tentang bagaimana kita memperlakukan dan menjadikan diri sendiri seperti apa kemudian Allah yang  berhak  menentukan kita akan mendapatkan jodoh yang seperti apa. Tentu saja sesuai dengan kualitas yang ada di dalam diri kita.

Tanda Jodoh Menurut Islam Simak Yuk!

1. Memiliki kemiripan sifat

Jodoh merupakan cerminan diri, apabila sifat yang dimiliki cenderung mirip mungkin dia jodoh yang tepat. Nah itulah yang sudah di jelaskan di atas, jodoh menurut islam adalah seseorang yang memang memiliki kemiripan sifat dengan kita. Jika ingin mendapatkan jodoh yang baik maka memang seharusnya menjaga sikap dan perilaku kita agar Allah mempertemukan kita dengan jodoh yang baik.

Tercetus dalam surah An-Nur ayat 26 bahwa perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Itulah mengapa kita diminta untuk selalu berusaha berbuat baik dan terus menjalankan perintah Allah dengan benar.

2. Jodoh  Menurut Islam Diterima Keluarga

Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan, sehingga keluarga pun turut merestui. Sebagaimana disebutkan dalam surah As-Syura ayat 11 yang berbunyi apabila keluarga telah merestui pasangan manusia, maka keluarga yang akan dibina tersebut akan bahagia.

QS. Asy-Syura Ayat 11

فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّمِنَ الْاَنْعَامِ اَزْوَاجًاۚ يَذْرَؤُكُمْ فِيْهِۗ لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.

Tanda jodoh menurut islam adalah bagaimana cara keluarga kita menerima dia. Jika keluarga kita menyambut dia dengan  baik maka sungguh bisa jadi itu jodoh kita yang sudah diberikan oleh Allah untuk kita.

Maka dalam hal ini sebenarnya kita juga harus peka mengenai jodoh menurut islam ini, yang mana jika keluarga mampu menerima segala macam hal yang ada di dia maka bisa jadi itu adalah  jodoh kita. Jangan lupa untuk terus berusaha ya.

3. Jodoh Menurut Islam Memberi Ketenangan

Apabila memiliki kesamaan dengan pasangan akan mudah mendapatkan ketentraman sehingga Allah akan memberikan kasih dan sayang dalam Ar-Rum ayat 21

QS. Ar-Rum Ayat 21

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

 

Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram ke padanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang.

Tanda jodoh  menurut islam selanjutnya adalah tentang dia yang memang mampu untuk memberikan kita rasa tenang dan nyaman. Perasaan  ini tentu saja  tidak akan hadir  secara tiba-tiba lho, namun juga ada banyak hal yang memang perlu untuk di usahakan. Sehingga tak ada salahnya jika kita mencari tahu dengan terus berikhtiar dan tawakkal.

Jodoh menurut islam yang baik adalah dia yang memang mampu memberikan rasa tenang pada diri sendiri. Sehingga ketika menghadapi suatu hal nantinya akan bisa saling menenangkan dan dekat dengan Allah SWT. Jadi jangan lelah berusaha terus ya.

4. Mampu Saling Memahami

Pasangan yang baik dapat saling memahami satu dengan yang lain baik, sehingga bisa saling pengertian. Hal ini juga merupakan jodoh menurut islam yang mana ketika seseorang sama-sama saling memahami, saling melengkapi satu sama lain.

Dalam surah Al-Furqon ayat 74 yang berbunyi Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan-paasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.

Dalam Tafsir Quran Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ayat tersebut merupakan doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang saleh di masa terdahulu. Mereka adalah orang-orang yang khsusyuk beribadah kepda Allah. Mereka juga menginginkan agar keluarga mereka, istri-istri mereka, dan anak keturunan mereka juga menjadi orang yang bertakwa kepada Allah.

Nah, sekarang sudah tahu kan tanda-tanda jodoh menurut islam? Apakah dia yang sekarang merupakan jodohmu? Cobalah minta petunjuk langsung oleh Allah, karena Allah maha mengetahui segalanya.

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *