Ingin Lulus Tes CPNS? Lakukan Tips Lulus Ujian dalam Islam Berikut Ini

  • Whatsapp

Tes CPNS tahun 2021 adalah momen yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Untuk bisa lulus, para peserta harus belajar. Nah, untuk itu Naisha akan menyajikan beberapa tips lulus ujian dan tentunya juga doanya.

Peminat lowongan kerja PNS pun banyak diminatti dikalangan masyarakat, sehingga setiap peserta harus menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Oleh karena itu mari kita simak beberapa tips di bawah ini.

Read More

Ujian SKD adalah kependekan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas beberapa materi ujian tes yang meliputi wawancara kebangsaaan (TWK) tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik Pribadi (TKP). Agar Naisha mate bisa lulus tes SKD, berikut tips lulus SKD CPNS 2021.

Tips Lulus Ujian

  1. Meminta doa kepada orang tua

Apabila orang tua ita masih hidup, mak mintalah doa restukepada mereka. Karena doa orang tua adalah salah satu doa yang akan didengar oleh Allah SWT. Dan tentunya ingatlah bahwa ridho Allah terletak pada ridho orang tua kita.

Dan apabila kita masih memiliki dosa atau kesalahan kepada orang tua kita maka  hendaklah kita segera meminta maaf kepada mereka.

Dengan ini tentunya kita berharap mereka meridhoi setiap langkah kita dan agar doanya selalu mengiringi. Dan semoga Allah akan segera membukakan pintu rezekinya, termasuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Sering-seringlah berlatih soal

Tips lulus tes SKD yang pertama adalah kita harus sering-sering mengerjakan latihan soal-soal tes SKD. Naisha mate dapat memulainya dengan mengerjakan soal CPNS dari sekitar 3-5 tahun sebelumnya.

Hal ini karena biasanya pola soal tidak jauh dari soal-soal ujian di tahun-tahun sebelumnya. Dengan kita rajin berlatih maka kemampuan analisis kita juga akan terlatih dan terbiasa mengerjakan soal yang serupa.

  1. Jangan lupa untuk memaca soal secara teliti
BACA JUGA :   Simak dan Bacalah Doa Pengantar Mayat Berikut Ini untuk Sesama!

Tips lulus SKD CPNS 2021  sejatinya sangat persis dengan tips lulus ujian SD, SMP, sampai SMA. Hal yang harus kita lakukan adalah memperhatikan pola soal dan membacanya dengan teliti.

Apabila kita terburu-buru, kita bisa melewatkan hal penting dari soal dan berakibat melakukan kesalahan dalam mebacca soal. Fokus pada soal dan jangan berambisi untuk selesai dengan cepat, namun manfaatkanlah waktu sebaik mungkin agar bisa tepat menbjawabnya.

  1. Kelola waktu dengan baik

Nah, poin ke empat ini memiliki hubungan erat dengan tips lulus SKD CPNS 2021 poin sebelumnya. Janganlah terlalu terburu-buru dalam mengerjakan soal. Hal utama yang harus kita lakukan adalah memanajemen waktu dengan baik agar bisa menjawab semua soal dengan tepat.

Apabila kita tidak bisa mengelola waktu dengan baik, ini bisa berpengaruh pada skor total SKD, yang nantinya akan berdampak pada kelulusan passing grade. Cobalah berlatih mengelola waktu dari sejak latihan soal. Buatlah timer untuk setiap pengerjaan soal dan kemudian evaluasilah. Dengan begitu Naisha mate dapat mengetahui berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal ujian.

  1. Jawab soal dari yang paling mudah dulu

Seperti biasa, ini adalah tips lulus SKD CPNS 2021 yang sudah sangat sering dibahas namun seringkali dilipakan. Mengerjakan soal yang mudah lebih dulu adalah cara agar kita dapat mengelola waktu dengan baik saat mengerjkakan soal.

Jangan dulu berkutat dengan soal-soal CPNS yang sulit bagi kita saat itu atau membingungkan karena ini npasti akan membutuhkan waktu yang lama. Pindah saja dulu ke soal yang yang lebih mudah untuk dikerjakan, kemudian nanti kita kembali ke soal yang memiliki kesulitan tinggi.

  1. Maksimalkan waktu sebaik mungin

Tips terakhir untuk lulus SKD CPNS 2021 kali ini berkaitan dengan cara kita mengerjakan soal. Kalau kita memilih mengerjakan soal yang mudah dulu meskipun tidak berurutan, diharapkan pengerjaan akan menjadi lebih cepat. Waktu ujian kita terbatas, jadi lebih baik apabila kita mngerjakan soal yang bisa kita kerjakan untuk memaksimalkan waktu. Baru nanti ketika ada kesempatan untuk mengoreksi jawaban soalsebelumnya atau soal yang dirasa sulit.

BACA JUGA :   Doa Nabi Sulaiman dan Kumpulan Kisahnya dalam Al-Quran

Agar bisa melakukannya, kita harus sering-seringmelakukan latihan. Agar kita terbiasa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

Doa Agar Lulus Ujian CPNS

Agar lulus tes CPNS ada baiknya kita memohon ampun kepada Allah, agar dimudahkan dalam mendapat pekerjaan

Salah satu yang menjadi alasan kenapa seseorang mudah diberikan pekerjaan adalah karena masih ada dosa yang belum diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu kita disarankan untuk selalu memohon ampun kepad Allah SWT agar kita senantiasa dimudahkan dalam melakukan berbnagai hal, termasuk dalam menjalani ujian.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

Doa agar lulus tes CPNS selanjutnya adalah:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

Memanjatkan doa mutlak

Ketika kita sedang berdoa dan tidak hafal doa dalam bahasa arab maka kita diperbolehkan untuk berdoa dengan bahasa yang kita mengerti. Doa seperti inilah yang disebut dengan doa mutlak. Dalam berdoa kita diperbolehkan untuk memohon apapun yang menjadi keinginan atau hajat kita, termasuk berdoa agar lulus ujian CPNS.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam Hadist Rasulullah, artinya: “Hendaklah seseorang di antara kalian memilih doa yang dia kagumi, lalu dia berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai. Lafadz tersebut adalah milik an-Nasai).

BACA JUGA :   Bacalah Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Seperti Berikut Ini !

Doa agar kita memperoleh rezeki yang baik

Mendapatkan pekerjaaan adalah salah satu bentuk rizki yang diberikan oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

Doa agar dibukakan pintu nikmat oleh Allah SWT

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *