Doa untuk Anak yang Sakit dan Pertolongan Pertama untuk Demam Anak

  • Whatsapp

Mendapatkan tubuh yang sehat adalah salah satu nikmat sehat yang diberikan Allah SWT.  Sehingga sudah selayaknya, setiap dari kita bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Tentunya, sebagai orang tua kita pasti sedih saat melihat anak kita sakit. Kali ini naisha akan membahas doa untuk anak yang sakit.

Selain itu, apabila kita diberikan nikmat sehat kita mendoakan orang-orang yang sedang sakit agar segera diberikan kesembuhan. Terlebih lagi apabila orang sakit adalah buah hati kita, tentu sebagai orang tua kita. Dan tentunya kita juga akan mendoakan sepenuh hati.

Read More

Dalam hal ini, juga terdapat kumpulan doa yang dapat kita panjatkan untuk mendoakan kesembuhan orang yang sedang sakit. Dengan kita melakukan segenap usaha pengobatan sebaik mungkin dan disertai dengan doa. dan perlu kita ingat bahwa Allah akan memberikan rahmat dan hikmah kebaikan bagi siapapun yang mengalaminya.

Berikut ini adalah beberapa contoh doa menjenguk orang sakit yang diajarkan Rasulullah SAW:

Doa untuk Anak yang Sakit

  1. Rasulullah SAW dulu sering memberikan teladan kepada umatnya dengan menjenguk sahabat atau kerbatnya yangtengah sakit dan mendoakan untuk kesembuhannya, dengan melafalkan doa sebagai berikut.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

  1. Suatu ketika Aisyah sedang sakit, kemudian Rasulullah juga mendoakannya dengan doa sebagai berikut:
BACA JUGA :   Yuk Simak Doa Rakyat untuk Para Pemimpin Lengkap dengan Artinya !

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

Artinya: “Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (HR. Buhari Muslim).

Doa ini juga dapat kita panjatkan agar anak kita dapat segera diberikan kesembuhan karena Allah lah yang memberikan segala kesembuhan bagi hambanya.

  1. Ketika kita menjenguk orang sakit Rasullullah SAW jugamenganjurkan kita untuk membaca doa berikut sebanyak 7 kali:

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka 

Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.”

Dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut” (HR. Abu Daud)

  1. Rasulullah juga pernah mendoakan dan menghibur salah seorang sahabatdengan menyebut amal saleh yang pernah dilakukan sahabatnya;

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا وَيَمْشِي لَكَ إِلَى الصَّلَاةِ

Allaahummasyfi ‘abdaka yanka`u laka ‘aduwwan au yamsyii laka ilas shalati

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu yang telah banyak melukai musuh-musuh-Mu dan berjalan untuk melaksanakan shalat untuk-Mu.” (HR. Ahmad).

  1. Suatu ketika saat Rasulullah SAW menjenguk orang sakit,beliau menghiburnya dengan mengatakan bahwa sakit adalah salah satu cara Allah untuk menggugurkan dosa kita

Berikut ini merupakan Doa yang Rasulullah panjatkan saat menjenguk seorang badui yang tengah sakit:

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

BACA JUGA :   Amalkan Doa Sepertiga Malam Tentang Jodoh Berikut Ini!

Laa ba’sa thahur insyaa Allah

Artinya : “Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Allah menghendakinya” (HR. Bukhari).

  1. Rasulullah pernahjuga  mendoakan seorang sahabatnya, Salman dengan lafaz:

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu”.

  1. Ketika anak kita sedang sakit kita juga bisa membaca doa berikut ini;

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburuka yang engkau temui.”

Demikianlah ke tujuh doa tersebutlah yang pernah Rasulullah ucapkan saat menjenguk sahabatnya yang tengah sakit. Dan juga doa-doa tersebut dapat kita panjatkan saat anak atau kerabat kita sedang sakit.

Tips Pertolongan Pertama Ketika Anak Demam

Berikut ini adalah beberapa langkah pertolongan pertama pada anak demam, yang dilansir dari laman bidanku.com :

  1. Salah satu gejala yang tampak

Jika anak mengalami demam, hal ini dapat disebabkan karena infeksi virus, salah satu yang tampak lesu dan tidak mempunyai gairah untuk bermain.

  1. Kompres dengan air hangat

Apabila penyebab demam tersebut adalah infeksi virus, maka bunda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat berfungsi secara langsung pada pusat tubuh sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis.

  1. Selalu Periksa suhu tubuh
BACA JUGA :   Ingin Rumah Terhindar dari Sihir? Baca Doa Ruqyah Rumah Berikut Ini!

Bunda jangan sampai lupa untuk selalu mengontrol suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer, suhu normal pada anak berkisar antara 36-37 derajat celcius. Sehingga jika anak kita memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi 37 derajat maka dapat diberikan terapi ringan terlebih dahulu, misalnya dengan memperbanyak minum air putih, agar anak tidak kekurangan cairan.

  1. Berikan obat penurun demam

Untuk pertolongan pertama bunda juga dapat menggunakan obat penurun panas pada anak. Berikanlah paracetamol sebagai pertolongan pertama, sembari dipantau suhu tubuhnya. Apabila belum juga reda sebaiknya pergi ke dokter.

  1. Penanganan dokter

Apabila sudah 2 atau tiga hari demam pada anak belum juga reda, maka segeralah membawanya kedokter. Agar anak bisa mendapatkan pertolongan yang tepat.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *