Yuk Rutinkan Sedekah Subuh untuk Kehidupan yang Jauh Lebih Baik

  • Whatsapp

Sedekah subuh merupakan salah  satu   amalan ringan berpahala besar. Pada dasarnya sedekah subuh akan membantu kita untuk memiliki segala macam kehidupan yang jauh lebih baik. Allah akan senantiasa menolong kita apabila kita rajin melakukan sedekah subuh. Itulah mengapa tidak ada salahnya kita merutinkan untuk mulai melakukan sedekah subuh.

Kita bisa kok mulai dari hal yang terkecil dan dengan nominal yang kecil. Allah akan selalu tergantung kepada niat kita. Itulah mengapa niatkan dalam diri untuk mendapatkan berkah dari Allah. Seperti yang ada di bawah ini yang mana Rasul bersabda  bahwa :

 

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Selain itu, dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas NTB), ulama Syekh Ali Jaber juga pernah mengatakan bahwa resep dari amalannya adalah sedekah subuh.

Beliau menekankan hal yang sama bahwa sedekah subuh memiliki keutamaan yang luar biasa sebab setiap waktu subuh tugas yang diberikan Allah pada malaikat yang turun saat itu hanyalah untuk mendoakan orang yang berinfak di waktu subuh.

Masih mengutip dari sumber buku tulisan Ahmad Mudzakir, perhitungan kasar antara waktu subuh dengan awal matahari terbit sangat dekat, yaitu kurang lebih 1 jam. Hal ini berarti, jika kita bersedekah selepas sholat Subuh, maka dalam hitungan 1 jam kemudian malaikat mendoakan supaya infak sedekah kita digantikan.

Cara Sedekah  Subuh yang Mudah

Cara Allah SWT mengganti rezeki yang diinfakkan dengan menggantinya dalam jumlah berlipat atau melebihi angka yang kita keluarkan. Adapun berikut ini merupakan cara-cara untuk melakukan sedekah subuh.
Cara Melakukan Sedekah Subuh

1. Mengisi kotak amal yang ada di masjid, persis setelah subuh berjamaah. Untuk lelaki bisa langsung memasukkan sendiri ke kotak amal yang ada di masjid, sementara untuk kaum perempuan bisa menitipkan sedekahnya pada suami atau anak lelakinya;

2. Mentransfer uang melalui rekening tepat pada setelah sholat Subuh. Sasaran transfer ini bisa diberikan pada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau apa pun yang dapat bernilai sedekah;

3. Memberikan makanan ke tetangga, pondok pesantren, yatim piatu atau tempat-tempat yang pastu makanan dimakan. Waktunya tepat setelah Subuh sebelum matahari terbit;

4. Mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada yang membutuhkan persis waktunya setelah Subuh.

 

  1. Menabung koin di toples kecil setiaap subuh kemudian jika sudah banyak maka akan kita salurkan saat  subuh pula. Itulah hal kecil yang bisa mulai kita lakukan untuk mendapatkan keberkahan dan kehidupan yang memang sangat mudah untuk dilakukan.

 

Kelima poin itulah tentu saja akan  saangat mudah bukan bagi kita semua untuk melakukannya? Hanya Allah yang maha penyayang yang akan memberikan kita banyak keberkahan subuh yang mana kita bisa memulainya dengan beberapa hal yang sederhana. Maka dari itu tidak ada salahnya kok kita melakukannya  mulai dari yang sedikit-sedikit. Allah akan selalu mengikuti niat kita.

Keutamaan Sedekah Subuh

Apa itu sedekah subuh? Sedekah subuh adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak.

Maka niatkan sedekah subuh setiap hari agar kita mendapatkan keutamaan dari sedekah subuh yang kita tunaikan. Berikut ini adalah 6 keutamaan sedekah subuh:

1. Senantiasa didoakan Malaikat
“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim

Hadits di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia. Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insyaa Allah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, salah satunya sedekah saat subuh.

2. Sedekah Kamu akan Dibalas dengan Kebaikan yang Berlipat

Disebutkan dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 261:
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Inilah janji Allah, bahwa ketika kamu bersedekah mengeluarkan harta di jalan Allah maka sejatinya hartamu tidak akan berkurang, melainkan Allah akan membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Maka, sedekah saat subuh menjadi cara hebat untuk mengawali hari. Insyaa Allah bisa mengundang kebaikan di sepanjang harimu.

3. Sedekah Kamu akan Membuat Doamu Lebih Mudah Dikabulkan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalaam dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya do’a: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Inilah pesan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalaam, salah satu tips agar doamu lebih didengar dan dikabulkan oleh Allah. Maka sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat mengawali hari agar doa-doamu untuk hari itu insyaa Allah lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

4. Sebagai Penghapus Dosa-dosa
Selain dari meminta ampun dan bertaubat, fadilah sedekah subuh dapat menghapuskan dosa-dosa yang kita lakukan dan semoga dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana hadits: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

5. Sedekah Subuh sebagai Pembuka Pintu Rezeki
Sedekah subuh merupakan salah satu pembuka pintu rezeki yang Allah sampaikan dalam Al-quran: “… Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39) Maka mulailah hari dengan niatkan salah satu amalan terbaik ini agar Allah selalu memudahkan segala urusan dan rezeki kita setiap hari.

6. Memberikan Keberkahan pada Harta Kita

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Selain ganjaran sedekah subuh kebaikan-kebaikan tersebut, masih banyak lagi yang belum bisa disampaikan satu per satu.

Seperti dilansir dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas NTB), Alm. Syekh Ali Jaber juga pernah mengungkapkan dalam dakwahnya bahwa resep dari amalannya adalah sedekah subuh.

Itulah keutamaan sedekah subuh yang bisa kita pahami. Yuk mulai besok kita sedekah kan sedikit harta kita di saat subuh.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *