Begitu Istimewanya Hari Jumat, Simak Keutamaan Sedekah Jumat

  • Whatsapp
sedekah jumat

Apa itu sedekah Jumat? sedekah jumat adalah sedekah yang dilakukan di hari yang penuh keberkahan dan keistimewaan serta dilipatgandakannya pahala orang yang melakukan sedekah Jumat. Jangan lewatkan hari terbaik untuk mendulang pahala berlipat ganda di hari Jumat yang sangat istimewa. Mari buka hari ini dengan Sedekah Jumat terbaik mu. Bismillah!

Hari Jumat tak hanya menjadi hari yang istimewa dari hari-hari lainnya, tapi juga membawa keistimewaan bagi siapapun yang bersedekah di hari ini. Karena Allah menjanjikan pahala berlipat ganda kepada siapapun hamba istimewa yang bersedekah di hari Jumat yang istimewa ini.

Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan dan keistimewaan. Diantaranya adalah diciptakannya nabi Adam Alaihissalam. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Disamping itu, hari Jumat merupakan hari suci bagi umat Muslim. “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS Al Jumu’ah [62]:9).

Keistimewaan hari Jumat selanjutnya adalah dilipatgandakannya pahala. “Amal-amal kebaikan itu akan berlipat ganda (pahalanga) pada hari Jumat,” (HR. At Thabrani)

Ketika kita rajin melakukan sedekah Jumat maka sudah pasti kita akan merasakan kehidupan yang jauh lebih baik. Bahkan Allah sangatlah memahami ketika hamba-Nya walaupun sedang dalam kesulitan namun ia tetap melakukan sedekah di hari Jumat maka Allah akan mengangkatnya dari kesusahan itu.

Sedekah Jumat Membuka Pintu Rezeki

Orang yang asalnya tidak punya apa-apa, tapi dia dengan ikhlas bersedekah, maka akan Allah cukupkan segala kebutuhannya. Bahkan mendatangkan rezeki dari pintu mana saja yang tidak pernah diduga olehnya saat sebelum-sebelumnya.

Seperti kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.” (HR. At Tirmidzi)

Sedekah Jumat Jumat Termasuk Amalan Sholeh

Dalam salah satu riwayat hadits disebutkan, bahwasannya Rosulullah pernah bersabda “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1/170)

Jika melihat kepada hadits tersebut, maka Rosulullah menganjurkan untuk perbanyak sholawat di hari Jum’at karena termasuk pada hari yang paling afdhal. Meskipun begitu, sedekah pun termasuk pada amalan sholeh yang seharusnya pun diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jum’at.

Memiliki Pahala yang sama seperti Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Banyak umat Islam yang berlomba-lomba melakukan amalah sholeh dan juga melakukan ibadah pada bulan ini. Termasuk ketika melakukan shadaqah di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat-lipat.

Pasalnya dengan melakukan sedekah pada hari Jum’at pun, kita sudah bisa mendapatkan ganjaran yang sama seperti bersedakah di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan salah satu hadits.

Di mana Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Banyak umat Islam yang berlomba-lomba melakukan amalah sholeh dan juga melakukan ibadah pada bulan ini. Termasuk ketika melakukan shadaqah di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat-lipat.

 

Membawa Syafaat Akhir Hayat

Meskipun kita tidak tahu kapan datangnya hari kiamat ini, sebaiknya kita harus senantiasa mempersiapkan segala amal kebaikan dan amal shaleh agar terbebas dari siksaan yang pedih. Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan agar kita bisa tertolong ketika hari kiamat tiba. Salah satunya adalah dengan sering melakukan sedekah. Khususnya bersedekah pada hari Jum’at.

Ibnu Khuzaimah pernah menyebutkan: “Naungan orang mukmin pada hari Kiamat kelak adalah shadaqahnya” Hasan: Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, dinilai shahih oleh al-Albani yang terdapat dalam kitab Shahiih at-Targhiib (no. 872).

Sedekah Jumat Dilimpahkan Karunia Allah

Seperti yang diketahui, karunia dari Allah SWT sangatlah banyak. Allah senantiasa memberikan karunia-Nya pada setiap hamba yang ditentukannya. Salah satu keutamaan bersedakah di hari Jum’at pun rupanya bisa menambah segala karunia yang diberikan oleh Allah. Bahkan, tidak tanggung-tanggung bahwa karunia yang diberikan akan melimpah dan dilipatgandakan.

Hal ini sesuai dengan penggalan Alquran, tepatnya di surah Al Baqarah Ayat 261 di mana artinya

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah tersebut, menjelaskan bahwasannya Allah akan melipatgandakan balasan atau ganjaran kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Terlebih bagi orang-orang yang mau menafkahkan atau mengeluarkan hartanya untuk kebaikan.

Salah satunya dengan mengeluarkan hartanya untuk bersedekah. Tak tanggung-tanggung, jika dihitung secara keseluruhan, maka ganjaran kebaikannya bisa mencapai 700 kali lipat.

Sedekah Jumat Membawa Berkah

Perlu kita pahami, bahwa kita tidak akan pernah sedikitpun  merugi dari sedekah yang sudah kita lakukan. Walaupun di mulai dari hal yang paling ringan jika dilakukan di hari Jumat maka Allah senantiasa akan memberikan kemudahan dalam kehidupan kita.

Pahala akan  senantias mengalir kepada mereka semua yang menjadikan sedekah sebagai  sebuah kegemaran. Maka dari itu tidak ada salahnya lho kita melakukan sedekah karena kita pasti akan mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa sekali.

 

 

 

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *