Yuk Intip Beberapa Hikmah Berpakaian Syari Bagi Seorang Muslimah!

  • Whatsapp

Sebagai seorang muslim, pakaian yang kita kenakan adalah sebagai bentuk dari balasan ketaatan dan ketundukan kepada Allah SWT. Terdapat beberapa cara untuk kita berpakaian sesuai syariat islam yang mungkin belum banyak umat muslim ketahui. Berikut ini akan Naisha paparkan beberapa hikmah berpakaian syari.

Manusia memang memiliki segala peradabannya, ,manusia juga memiliki naluri untuk selalu mengembangkan apa yang ada, termasuk dalam pengembangan model pakaian mereka. Harus kita akaui bahwa model pakaian yang ada di era globalisasi ini lebihberkiblat dari dunia barat. Namun yang perlu kita sadari adalah sebagai seorang muslim haruslah bercermin terhadap syariat islam yang Rasulullah SAW lah yang menjadi suri tauladannya.

Hikmah Berpakaian Syari

Berikut ini merupakan  beberapa hikmah dari berpakaian yang sesuai dengan syariat islam :

  1. Terjaga kehormatannya

Mengutip dari laman Umroh.com, deijalaskan bahwa seseorang yang memakai pakaian yang sesuai dengan syariat islam berarti menjaga kehormatannya, Bagi kaum wanita yang menjaga dirinya dengan menggunakan pakaian sebagaimana yang telah disyariatkan, maka akan terhindari dari para laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Allah SWT telah berfirman :

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri – isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri – isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59).

  1. Terjaga dari perilaku menyimpang

Hikmah berpakaian syari yang berikutnya adalah ketika kita menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam, maka diharapkan juga kita akan dijauhi oleh perilaku menyimpang, sebagai contoh adalah tidak dipandang rendah oleh orang lain, dan malu apabila kita ingin melakukan hal yang tidak sesuai dengan ajaran islam. Allah SWT berfirman :

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Artinya: “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci dari mereka, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur : 30)

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya:” Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung” QS. An-Nur : 31).

  1. Terhindar dari penyakit tertentu

Apabila seseorang muslim telah berusaha untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam, maka pakaian yang menutupi tubuhnya tersebut juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pelindung dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

  1. Terhindar dari azab Allah

Seuatu ketika dikisahkan ada seseorang wanita yang sedang hamil muda pergi ke suatu tempat untuk melaksanakan tugas dari perusahaan tempat ia bekerja. Jarak yang ia tempuh cukup jauh dari tempat tinggalnya. Kemudian tiba-tiba saat dalam perjalanan, mobilnya bertabrakan dengan mobil yang lain. Namun kodarullah, tidak ada satu korbanpun yang selamat dari kecelakaan itu.

Dan setelah diselidiki lebih jauh,identitas korban juga tidak ditemukan dalam tragedy tersebut. Lalu mayat para korban dimakamkan oleh penduduk setempat termasuk wanita yang hamil muda itu. Setelah beberapa hari sang suami dan keluarga korban mendapatkan kabar tersebut dan langsung menuju ke pemakaman sang istri.

Setelah itu keluarga memutuskan untuk memindahkan mayatnya ke dekat tempat tinggalnya. Tapi sewaktu makamnya digali, mereka melihat maya wanita itu dan malah langsung pingsan karena tidak kuat melihat mayatnya. Ketika dimakamkan, mayat tersebut diletakkan dalam kondisi membujur sebagaimana seharusnya, namun setelah makam tersebut digali kembali posisi mayat sudah berubah menjadi jongkok.

Kedua tangan diletakkan diatas kepala seperti menahan siksaan kemudian kepalanya ditumbuhi paku-paku besi yang sangat banyak yang hampir memenuhi semua bagian kepalanya. Setelah kisah ditarik mundur ke belakang, ternyata wanita tersebut belum berhijab semasa hidupnya. Itulah siksaan salah satu contoh siksaan dalam kubur yang diberikan oleh Allah SWT.

Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam

  1. Agar Pasangan Kita Tidak Mudah Cemburu

Manfaat berpakaian kali ini adalah khusus bagi NaishaMate yang telah berumah tangga. Dalam berumah tangga, yang berhak untuk melihat aurat istri adalah suami dan yang menjadi mahrahmnya, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu dengan menutup aurat juga akan menghindarkan diri dari rasa cemburu yang disebabkan karena mengumbar aurat.

  1. Menunjukkan diri sebagai seorang muslim

Menutup aurat adalah salah satu identitas bagi seorang muslim. Karena menutup Aurat adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim.

  1. Mencegah timbulnya hawa nafsu lawan jenis

Laki-laki yang normal pada umumnya akan tergoda apabila ada perempuan yang mengenakan pakaian seksi. Banyak laki-laki yang ingin berinteraksi dengan wanita tersebut dan berujung menggodanya. Maka dengan berpakaian syari, diharapkan dapat melindungi diri kita dari hawa nafsu mereka.

  1. Menutupi aib

Jika ada cacat pada tubuh kita maupun kulit, maka kita juga menutupi hal tersebut dengan pakaian kita. Diharapkan juga dengan kita berpakaian syari kita akan berpikir ketika akan melakukan tindak tanduk yang menyebabkan aib.

  1. Memberikan sesuatu yang spesial bagi pasangan

Dengan kita menjaga aurat maka, tidak sembarang otrang dapat melihatnya. Salah satu yang dapat melihatnya adalah suami kita dan pahala baginya ketika melihat aurat kita.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *