Kumpulan Doa untuk Anak Baru Lahir Lengkap dengan Artinya

  • Whatsapp

Anak merupakan suatu titipan yang indah bagi orang tua. Sebagai orang tua, tentunya berharap anaknya agar selalu mendapat kemudahan dan kesuksesan dunia akhirat. Oleh karena itu, pasti setiap orang tua akan mengupayakan agar anaknya mendapatkan yang terbaik. Pada kesempatan kali ini Naisha akan membahas mengenai doa untuk anak baru lahir.

Seperti yang kita ketahui bahwa, doa orang tua adalah salah satu doa yang diijabah oleh Allah, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memilih doa untuk anak yang tepat dan berarti paling baik untuk dipanjatkan dan juga agar Allah mengabulkan doa-doa baik tersebut.

Sebagai orang tua tentunya Naisha mate selain berdoa agar kelak anak cucu kita tumbuh menjadi orang yang saleh. Untuk mencapai itu tentunya kita juga perlu mengetahui dasar-dasar mendidik anak agar pribadi anak dapat terbentuk dengan baik. Usaha dan doa sudah seharusnya berjalan beriringan, untuk agar mendapatkan hal yang setimpal.

Doa untuk Anak Baru Lahir

Rasulullah SAW telah memberikan banyak contoh kepada umatnya untuk mendoakan keluarga, tak terkecuali untuk anak keturunannya. Biasanya doa yang dipanjatkan merupakan doa untuk meminta perlindungan, kemduian doa agar sang anak termasuk dalam golongan orang mukmin yang taat kepada Allah SWT, kemudian doa memohon petunjuk untuk meminta anak yang baik, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa doa untuk anak baru lahir yang dicontohkan oleh para Nabi.

  • Doa Rasulullah SAW upernah berdoa untuk Hasan dan Husein cucunya, agar selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT.

Uiidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithobiw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Artinya: “Aku memohon perlindungan baginya (sebutkan nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud)

  • Doa Nabi Zakaria agar dikaruniai anak yang baik.

Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS.Al Furqon: 38)

  • Doa untuk anak agar memiliki iman dan takwa

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS.Al-Furqon : 74)

  • Doa untuk anak baru lahir agar tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Allahummaj ‘al awladana awladan sholehiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat.”

  • Doa untuk anak agar berbakti pada orangtua dan taat dalam beragama.

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.”

  • Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim untuk anak dan cucunya.

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (QS.Ibrahim: 40)

Berdoa sebenarnya dapat dipanjatkan dengan bahasa apa saja. Namun sebagai umat muslim, ada baiknya jika kita memanjatkan doa untuk anak yang diambil dari kutipan ayat-ayat kitab suci Al-Quran dan doa-doa lain dalam bahasa Arab dengan arti yang baik. Berikut adalah beberapa pilihan doa untuk anak yang bisa Naisha mate lafazkan:

  • Doa untuk anak agar diberikan kesehatan serta kecerdasan

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

  • Doa untuk anak baru lahir agar selalu mendapat keberkahan.

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

Doa yang dapat kita panjatkan untuk Anak Agar Tumbuh menjadi Anak yang Soleh dan Soleha, Pintar, dan Memiliki Pemahaman yang Benar

Selain doa-doa yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga doa untuk lainnya untuk memohon kepada Allah SWT agar anak menjadi pribadi yang soleh dan sholeha:

  • Doa untuk anak agar menjadi pintar dan bermanfaat bagi umat.

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

  • Doa agar anak memiliki pemahaman yang benar.

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat alquran)” (HR.Bukhari).

Itulah beberapa referensi doa untuk anak baru lahir yang dapat kita panjatkan untuk kebaikan anak kita. Dan juga agar mereka tumbuh sehat, cerdas dan bertakwa.

 

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *