Doa Agar Segera Mendapatkan Pekerjaan yang Baik

  • Whatsapp

Persaingan di dunia kerja memanglanh sangat ketat, termasuk juga letika kita hendak melamar pekerjaan. Kemudian setelah dunia dilanda pandemi berdampak pada pekerja banyak yang dirumahkan dan kehilangan pekerjaannya. Tidak sedikit juga perusahaan yang memilih untuk gulung tikar karena memang tidak punya pilihan lain. Kali ini Naisha akan mengulas tentang doa agar mendapatkan pekerjaan.

Di masa seperti ini kita memerlukan skill yang lebih agar tetap bisa bertahan dan mendapatkan pekerjaan. Karena banyak juga yang kemudian menjadi frustasi dan stress karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri sebaik mengkin. NaishaMate jika ternyata tengah berada dalam situasi ini kita harus sesegera mungkin bangkit dan mencari solusinya.

Allah Maha Pemberi Rezeki

Karena sebagai seorang muslim kita tidak boleh terlalu larut dalam kesedihan dan keterpurukan, dan kita paham betul bahwa Allah adalah zat Yang Maha Pemberi Rizki. Kita harus percaya bahwa apabila kita berusaha dengan tekun maka segalanya akan dimudahkan oleh Allah dalam segala hal, termasuk juga dalam hal pekerjaan.

Untuk itu, segeralah bangkit dan jangan sampai terlalu larut dalam kesedihan. Dalam kondisi seperti ini perlu diingat bahwa kita tidak boleh memilih-milih pekerjaan. Karena pada dasarnya semua pekerjaan itu baik selama pekerjaan tidak melanggar syariat Islam

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda, yang artinya: “Lebih baik seseorang bekerja dengan mengumpulkan seikat kayu bakar di punggungnya dibanding dengan seseorang yang meminta-minta (mengemis) lantas ada yang memberi atau enggan memberi sesuatu padanya.” (HR Bukhari No 2074).

Jadi, tidak ada pekerjaan yang hina selama pekerjaan tersebut halal, baik dan tidak melanggar syariat Islam.

Doa Agar Mendapatkan Pekerjaan

Doa agar mendapatkan pekerjaan dan rezeki yang baik

Pekerjaan adalah salah satu pintu rezeki yang diberikan Allah SWT. Oleh karenanya, kita jangan pernah berhenti untuk meminta rezeki yang baik dan halal.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

Doa memohon ampun kepada Allah, agar dimudahkan dalam mendapat pekerjaan

Salah satu alasan mengapa seseorang mudah diberikan pekerjaan adalah Allah mengampuni dosa hamba-Nya. Selain itu, kita disarankan untuk selalu mengucapkan pujian kepada Allah SWT sebagai bentuk syukur, sehingga kita bisa dimudahkan mendapatkan pekerjaan.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

Doa Agar Mendapatkan Pekerjaan ; Selalu optimis dan berbaik sangka kepada Allah SWT

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

Doa agar dibukakan pintu nikmat oleh Allah SWT

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

Doa hajat dan memohon kepada Allah SWT

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

Doa Mutlak

NaishaMate, misalnya sewaktu berdoa kita tidak hafal doa dalam bahasa arab maka kita diperbolehkan untuk memanjatkan doa dengan Bahasa yang kita mengerti. Inilah yang kemudian disebut dengan doa mutlak. Kita diberikan kemudahan dalam berdoa, namun ini tidak berlaku ketika sholat ya NaishaMate. Ini hanya berlaku saat kita berdoa diluar sholat.

Doa mutlak diperbolehkan untuk kita panjatkan, berdasarkan Hadist Rasulullah, artinya: “Hendaklah seseorang di antara kalian memilih doa yang dia kagumi, lalu dia berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai. Lafadz tersebut adalah milik an-Nasai).

Meminta doa kepada orang tua

Apabila NaishaMate masih memiliki orang tua, maka sebaiknya mintalah doa kepada orang tua kita. Karena doa orang tua juga merupakan salah satu doa yang mustajab. Dan jika ternyata kita masih memiliki dosa atau kesalahan kepada mereka maka sebaiknya kita segera meminta maaf kepada mereka.

Dan perlu kita ingat dan tanamkan dalam diri bahwa ridho Allah tergantung pada Ridho orang tua. Jadi sangat penting untuk kita meminta doa dan restu orang tua kita, meski kita sudah berkeluarga sekalipun.

Doa para malaikat dan mendoakan sesame muslim

Segala amalan yang kita lakukan di dunia ini dicatat oleh malaikat. Apakah Naisha mate tahu bahwa para malaikat juga dapat mengaminkan doa-doa yang kita panjatkan? Berikut ini adalah dalil yang mendasarinya

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: Artinya: “Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim).

Jadi akan lebih baik apabila kita juga saling mendoakan untuk segera mendapatkan pekerjaan. Semoga apa yang kita lakukan tanpa sepengetahuan orang lain memiliki dampak positif  untuk diri kita dan orang lain.

Namun tentunya perlu kita ingat bahwa kita dalam kita erdoa harus sesuai dengan adab-adabnya. Hal ini agar segala doa yang kita panjatkan didengarkan dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *