#Day 15 – Followersku kok ga nambah nambah ya?

  • Whatsapp

Di dunia instagram, follower adalah segalanya. Tanpa adanya followers, konten sebagus apapun akan sia sia karena tidak ada yang melihatnya. Followers menjadi orang yang melihat, berinteraksi (like, komen, repost) sekaligus sebagai pembeli produk yang kita jual di instagram. Agar akun lebih dikenal oleh banyak orang, para pemilik online shop berloma lomba menambah followers dengan tujuan untuk menambah like, komen,dan share di setiap postingan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui respon audiens terhadap produk yang kamu jual. Buat yang baru saja punya instagram untuk online shop pasti merasakan kegalauan karena followers yang ga kunjung bertambah. Mungkin ada beberapa penyebab mengapa followers igmu tidak bertambah.

Disiplin dan konsisten posting konten

Memposting konten secara konsisten merupakan cara yang dianjurkan untuk bertemu dengan audiens instagram. Kalau kamu jarang posting, bukannya nambah followers yang ada malah followersmu berkurang karena akunmu dianggap tidak pernah aktif. Ketika melakukan Teknik ini memang harus sabar, telaten, disiplin untuk membuat konten setiap harinya. Catatan lain,  Usahakan selalu update setiap hari baik itu instastory, live ig, atau posting feeds di jam jam orang bermain hp. Waktu terbaik untuk posting seperti jam istirahat, makan siang, dan pulang kerja.

menentukan target audiens

Kalau kamu menggunakan Instagram sebagai media untuk online marketing, kamu butuh menjangkau audiens yang tepat sasaran. Ketahui dulu siapa yang akan kamu jadikan target untuk jadi audiensmu agar jelas strategi marketingnya. Mulai dari umur, gender, profesi, penghasilan dan lain lain.

Punya banyak followers tapi tidak aktif merespon postinganmu merupakan hal yang sia sia.. Contoh kamu sekarang menjual gamis dan khimar naisha, maka  targetnya adalah remaja atau ibu ibu Muslimah yang memakai hijab, suka beli pakaian muslim, mempunyai daya beli.

Jalin interaksi dengan audiens

Selain karena sepi konten, sepi interaksi juga jadi penyebab mengapa tidak ada peningkatan followers instagram. Untuk menambah follower, ketahui dulu cara meingkatkan interaksi instagram. Dengan adanya interaksi yang sering, pihak instagram akan sering memunculkan postinganmu kepada akun yang berpotensi menjadi audiensmu. Berinteraksilah dengan menuliskan caption yang mengundang interaksi followers, sisipkan pertanyaan atau pendapat di caption yang bisa membuatmu mengenal audiens lebih dekat. Sempatkan untuk membalas komen. Karena hal ini jadi salah satu bentuk apresiasi kepada audiens. Jangan lupa untuk selalu ramah agar audiens nyaman berinteraksi dengan kamu.  

Jangan asal tempel hashtag

Menggunakan hashtag menjadi hal yang krusial kalau kamu serius ingin mencari followers. Hashtag fungsinya untuk mengelompokkan foto berdasarkan tagar yang sama sehingga orang lain mudah menemukan fotomu. Gunakan 11-30 hashtag yang sesuai dengan postinganmu untuk menambah follower. Jangan gunakan hashtag yang ga ada hubungannya dengan apa yang kamu jual. Karena hashtag jadi sumber traffic, maka dari itu cermatlah menggunakan hashtag.

Bikin giveaway

Giveaway adalah memberi hadiah secara Cuma cuma pada peserta setelah mereka memenuhi syarat yang sudah ditentukan sebelumnya untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut. Postingan yang mengundang banyak respon adalah postingan give away. mengadakan give away membuat jangkauan targetmu jauh lebih luas dari sebelumnya. Dari give away kamu bisa kebanjiran followers baru, like, komen dan share dari audiens. Missal kamu mengadakan give away dengan rules audiens harus nge follow, like, komen, share dan tag teman mereka untuk ikutan give away. Dengan bantuan peserta give away, kamu akan dengan mudah menjangkau banyak orang yang belum pernah tau took onlinemu sebelumnya.

Pendaftaran Reseller Naisha


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *