Jangan Pernah Lelah untuk Berbuat Baik

  • Whatsapp
berbuat baik

Sudah kerap mendengar kata, “berbuat baik itu jangan setengah-setengah.” nyatanya terkadang ada saja cobaannya dalam berbuat baik. Ingin berbuat baik kok sulit sekali sih, kadang ada saja perasaan ingin timbal balik dari perbuatan baik kita ke orang lain.

Tenang… Manusiawi kok.

            Ada kalanya ketika kita berbuat baik dengan seseorang pasti ada saja hal-hal yang memang menjadi penghalang untuk melakukannya tanpa syarat. Pernah enggak sih berpikiran bahwa sebuah kebaikan itu layaknya kita sedang menanam bibit tanaman?

            Ya, apa yang kita  tanam adalah apa yang akan kita peroleh. Sesederhana itu.

            Memang sudah semestinya sebagai manusia melakukan kebaikan tanpa syarat. Percaya deh, Allah sudah catat semua kebaikan kita di dalam catatannya yang tak akan pernah salah tulis. Ada Allah yang maha mengetahui, ada Allah yang maha benar. Mudah sekali bagi Allah untuk mencatat kebaikan kita, lalu menggantinya dengan 1000 kebaikan dilain waktu.

            Percayakan?

            Tak ada satupun kebaikan di dunia ini yang tak ada balasannya, sama dengan sebuah kejahatan. Kejahatan yang dilakukan di dunia, juga pasti ada balasannya. Hanya dengan satu kebaikan saja, Allah akan memberikan 1000 kebaikan yang tak ternilai harganya, karena Allah percaya bahwa setiap manusia yang tulus untuk berbuat baik adalah manusia yang akan mendapatkan kebaikan yang jauh lebih membahagiakan lagi di kemudian hari.

            Kalau belum sekarang, tenang…

            Kuncinya percaya sama Allah, bahwa Allah yang akan menggantikan semuanya dengan kebahagiaan yang terkadang justru tidak kita sadari. Allah punya catatan  kebaikan setiap hamba-Nya.

            Jika muncul pertanyaan “aku sudah selalu berbuat baik, tapi kenapa semua orang rasanya enggak ada yang membalas kebaikanku.”

            Tidak semua dibalas saat  ini  juga, ada waktunya. Sebaik-baiknya pengatur waktu itu hanya Allah SWT. Sebagai manusia hanya bisa terus berbuat baik dengan semua makhluk Allah, karena kita semua sama-sama hidup di bumi, berdampingan, dan saling berinteraksi, jadi tidak ada alasan untuk selalu berbuat baik kepada semua orang.

            Layaknya sebuah tanaman, yang mana semakin dipupuk juga akan semakin menghasilkan bunga ataupun buah yang banyak. Tak akan pernah ada yang sia-sia dari berbuat baik. Siapapun yang berbuat baik pasti akan mendapatkan kebaikan  yang jauh di luar dugaan. Siapa yang menjamin? Allah SWT yang akan  langsung menjamin.

            Jangan pernah ragu berbuat baik, walaupun terkadang ada saja rintangannya. Jangan pernah lelah berbuat baik walaupun hanya setitik biji sawi. Tak akan ada keraguan dalam kebaikan, maka tak akan ada juga keraguan dalam balasan untuk segala kebaikan yang sudah dilakukan.

            Lalu sampai kapan kita harus berbuat baik di dunia ini?

            Jawabannya, sampai napas sudah habis.

            Jika ada beberapa hal yang menghalangi untuk berbuat baik, maka jangan pernah berhenti. Tugas utama manusia di dunia ini adalah saling berbuat baik. Jadi sekecil apapun kebaikan yang diberikan, nanti akan ada balasan pastinya. Tapi nanti, tidak semua harus sekarang.

            Tenang… Allah tidak pernah ingkar janji pada Hamba-Nya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *