Apa Iya Manusia itu Makhluk-Makhluk Gagal?

  • Whatsapp

Sudah berusaha setiap hari, tapi kok belum ada hasilnya? Apa iya manusia itu makhluk yang memiliki peluang terbesar untuk selalu gagal?

Memang sih menjadi manusia merupakan hal yang tak mudah. Sebenar-benarnya manusia memang sudah semestinya untuk bergerak terus ke depan, apapun yang menghalaunya di depan. Manusia memang sejatinya terus dan harus bergerak ke depan.

Terkadang hal inilah yang membuat manusia merasakan akan adanya upaya yang lebih.Merasa sudah sangat mengeupayakan banyak hal namun kok gagal lagi, gagal lagi. Kenapa ya?

Di masa quarter life crisis seperti sekarang ini, gagal menjadi suatu momok yang menakutkan. Ah, itu perasaan saja. Hidup di masa transisi seperti ini memang semuanya terlihat seperti sedang berkompetisi, tak ada yang mau kalah.

Walaupun hati menolak jika sedang berkompetisi namun pada kenyataannya? Coba lihat,

Pernah merasa keberhasilan orang kenapa begitu mudah?

Pernah merasa pencapaian orang lain kok jalannya mulus-mulus saja ya?

Kemudian merasa hidup yang dijalani saat ini merupakan hidup yang paling menderita, padahal di bawah kaki berdiri masih ada tanah yang dipijak. Bahkan tanah pun merupakan salah satu unsur bumi yang berlapis-lapis.

Merasa diri sendiri kok selalu dalam keadaan sulit, pernah merasa demikian?

Jadi manusia memang harus realistis, ada hasil yang tak akan pernah berada di bawah usaha. Percaya?

Yuk. Coba dulu, daripada pikiran negatifnya di pupuk ada hal lain yang bisa terus dipupuk, tahu apa?

Percaya! Percaya adalah salah satu modal terbesar, percaya pada Allah yang utama.

Setiap jalan yang dilalui, gagal atau berhasil sudah ada yang mengatur.

Allah mengatur bagaimana kehidupan hamba-Nya sesuai dengan kesanggupan umat itu sendiri. Jadi apapun yang di alami saat ini, kamu pasti bisa melewatinya. Apapun itu. Tak ada cobaan yang diturunkan melainkan sesuai dengan kesanggupan umat-Nya.

Allah maha baik.

Setiap kegagalan jadikan kegagalan itu menjadi sebuah ladang belajar.

Gagal itu hanya satu, tapi berhasil itu berlapis-lapis. Jadi kalau ada satu kali kegagalan, lalu memperbaikinya dengan usaha dan doa maka sebuah keberhasilan akan datang menghampiri berkali-kali.

Gagal itu hanya satu…

Berhasil itu berlapis-lapis…

Wajar setiap manusia akan mengalami kegagalan. Pada pasalnya kegagalan adalah salah satu hal yang akan membuat manusia menjadi jauh lebih kuat. Itulah mengapa, berlatih gagal itu penting, karena kegagalan yang akan mengajak kita semua untuk terus berusaha.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *