Membiasakan Diri untuk Berprasangka Baik

  • Whatsapp

Rasanya sebagai seorang manusia kita semua pasti pernah merasakan pikiran buruk terhadap orang lain ataupun terhadap suatu keadaan. Hidup sebagai manusia di dunia ini yang mana kodrat dari manusia itu sendiri adalah sebagai makhluk sosial yang selalu bersinggungan dengan manusia lain memang akan membuat kita semua ada kalanya memiliki pikiran buruk.

            Lelah ya rasanya….

            Padahal kita sudah berusaha untuk menjadi si positif…

            Tapi kadang pikiran negatif selalu saja datang lebih dulu..

            Paham kok, betapa tidak nyamannya…

            Tarik napas dalam-dalam dulu yuk sebelum lanjut membaca…

            Memang benar adanya, sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran terkadang memang pikiran buruk itu silih berganti hadir tak tahu arah. Sebagai manusia padahal sudah mencoba untuk menepis pikiran buruk itu, namun terkadang konsep pikir manusia yang terlalu kompleks inilah yang membuat kita semua tak jarang memiliki pikiran yang buruk.

            Memang sulit rasanya untuk terus berpikiran positif agar menimbulkan prasangka yang baik, tetapi sulit bukan berarti tidak mungkinkan? Kita semua cuma perlu membiasakan diri untuk terus berpikir positif. Suatu hal menjadi mudah jika kita sudah terbiasa melakukannya, termasuk untuk berpikiran positif. Awalnya memang perlu memaksa diri untuk berpikir positif dalam segala hal, karena pada dasarnya kebiasaan bisa muncul karena adanya sebuah paksaan.

            Sebagai manusia, kita memang perlu untuk membiasakan diri berpikir positif setiap hari. Tenang, semua akan baik-baik saja, itu kuncinya. Jangan pernah bepikiran bahwa hal buruk akan selalu menimpa diri sendiri,  namun pikirkan bahwa semua yang ada di dunia ini, apapun itu pasti hadir dengan kebaikannya masing-masing. Biarkan semua berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing.

            Ya, walaupun terkadang ada yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

            Tidak apa-apa, semuanya pasti baik untuk diri sendiri.

Allah Maha Baik. Segala sesuatu yang ada di dunia ini tampaknya selalu disesuaikan dengan apa yang memang benar-benar kita butuhkan kok. Jadi jangan pernah khawatir akan pikiran buruk itu. Allah SWT langsung yang akan menjamin sebuah jalan hidup Hamba-Nya. Tak akan ada sejarahnya Allah SWT memberikan suatu hal yang tak baik untuk Hamba-Nya.

            Perlu untuk diketahui, bahwa manusia yang hadir di bumi ini memiliki karakteristik masing-masing. Semua kepala, pasti memiliki isi yang berbeda. Satu dengan yang lainnya tidak akan mungkin sama, jadi wajar kok kita semua memiliki sikap, perkataan dan pikiran yang berbeda-beda. Rasanya, tidak perlu terlalu pusing memikirkan  hal yang tak perlu untuk dipikirkan. Memang sih susah, tapi tidak ada salahnya dibiasakan. Semua bisa karena terbiasa.

            Yuk coba untuk lebih percaya, bahwa apa yang ada di dunia ini perlu untuk diupayakan untuk selalu berpikir positif. Bukankah melelahkan sekali jika setiap hari selalu memiliki pikiran yang buruk? Pikiran buruk akan selalu hadir jika dibiasakan untuk hadir, maka dari itu ubahlah membiasakan pikiran positif yang hadir.

            Tenang,  semua hal buruk yang ada di dalam pikiran belum tentu benar kok..

            Tenang, semua hal yang hadir di dunia ini merupakan ketetapan yang wajib untuk disyukuri.

            Semakin berpikir ke arah yang positif, manusia juga akan mudah mencapai kebahagiaan dan ketenangan dalam diri. Bukankan hidup dengan tenang adalah sebuah impian bagi semua orang?  Lalu untuk apa  terus-terusan tak  percaya dengan kerja semesta?

            Pesan kecil untukmu, percayalah bahwa semua yang hadir di dunia ini adalah sesuatu yang sangat baik. Jangan sampai membuang waktu hanya untuk memikirkan hal-hal yang buruk, karena hal buruk yang ada dalam pikiran manusia datangnya dari syaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *